Wajib Tahu ! Inilah 7 Tanda Diabetes yang Sering Diabaikan

0
426
Image by analogicus from Pixabay
- Advertisement -

Banyak orang yang telat mengetahui kalau dirinya terkena diabetes. Hal ini karena banyak yang tidak tahu atau bahkan mengabaikan tanda-tanda penyakit diabetes yang muncul. Sebenarnya, kalau sejak awal diabetes sudah terdeteksi, maka peluang terhindar dari komplikasi diabetes semakin besar. 

Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis. Yang dimana, kalau telat untuk ditangani akan menimbulkan penyakit komplikasi serius. Diabetes ditandai dengan kadar gula dalam darah meningkat, karena adanya gangguan produksi hormon insulin dalam tubuh. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang menderita diabetes. Mulai dari faktor keturunan, usia, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Untuk penderita diabetes tahap awal, akan menunjukkan beberapa tanda pada tubuhnya. Namun sangat disayangkan, tanda-tanda yang muncul kerap kali diabaikan oleh sebagian orang. Dan pada akhirnya penyakit ini tidak terobati dengan baik, sehingga memunculkan penyakit komplikasi diabetes. 

Lantas apa saja tanda-tanda diabetes yang sering diabaikan ? 

  1. Seringnya Buang Air Kecil

Umumnya orang normal atau sehat, akan buang air kecil sebanyak empat sampai tujuh kali dalam sehari. Namun, untuk penderita diabetes bisa lebih dari itu dan akan berlanjut hingga malam hari. Yang dimana penderita diabetes akan terbangun beberapa kali hanya untuk buang air kecil. mengapa ? karena kadar gula dalam darah sudah terlampau sangat tinggi,sehingga ginjal tidak mampu menyerap semuanya. Alhasil kadar gula yang berlebih itu dikeluarkan melalui urine. 

2. Sering Haus 

Karena terlalu seringnya buang air kecil, membuat tubuh kehilangan cairannya terus menerus. Yang akibatnya kamu akan sering haus. Rasa hausnya berbeda dengan haus biasa, bagi penderita diabetes akan terus merasa haus meski sudah banyak minum. 

3. Mudah Lapar 

Gejala diabetes lain yang sering kali diabaikan yaitu mudah lapar. Pada penderita diabetes tahap awal akan merasa lapar terus padahal baru saja makan beberapa menit yang lalu. Hal ini  terjadi karena tidak optimalnya produksi hormon insulin dalam tubuh. Yang umumnya, makanan yang masuk akan diolah menjadi glukosa sebagai sumber energi. 

Namun pada penderita diabetes, hormon insulin tidak bekerja dengan optimal. Yang pada akhirnya, kebutuhan energi tubuh tidak tercukupi. Pada akhirnya, kamu akan merasa lapar lagi, karena tidak adanya energi yang bisa dipakai dalam tubuh. 

4. Merasa Mudah Lelah 

Penderita diabetes akan merasa sering kali lelah. Hal ini karena tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang dimakan. Sebab, makanan yang masuk akan sulit diolah menjadi energi, karena produksi hormon insulin yang tidak optimal. 

5. Penurunan Berat Badan yang Drastis

Selain mudah lelah, penderita diabetes juga akan mengalami penurunan berat badan yang drastis tanpa sebab. Hal ini masih ada kaitannya dengan tubuh yang kekurangan energinya. Karena produksi insulin yang tidak optimal membuat tubuh mengambil sumber energi lain, seperti otot, lemak dan protein. 

6. Gangguan Penglihatan

Fungsi penglihatan memang umumnya akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Namun, jika kamu sering mengeluh karena pandangan yang kabur, keruh dan buram padahal usia kamu masih muda, kamu perlu waspada akan gejala ini. 

Hal ini terjadi karena tingginya kadar gula darah yang menyebabkan rusaknya saraf dan pecahnya pembuluh darah pada mata. Pada kasus diabetes yang sudah parah bisa menyebabkan katarak, glukoma hingga kebutaan. 

7. Luka yang Sulit Disembuhkan

Luka akibat gigitan serangga, memar atau luka pada kulit yang lama untuk sembuhnya, bisa saja itu salah satu tanda diabetes. Hal ini terjadi karena tingginya kadar gula darah yang menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras. Menyebabkan, aliran darah yang mengandung oksigen dari jantung keseluruh tubuh menjadi  terhambat. 

Padahal, bagian tubuh yang luka memerlukan nutrisi dan oksigen yang ada dalam darah untuk proses penyembuhan. Karena hal ini lah yang membuat sel-sel tubuh mengalami kesulitan untuk memperbaiki jaringan dan saraf yang rusak. 

Itulah beberapa tanda diabetes yang sering kali diabaikan. Mulai saat ini, waspada lah dengan tanda-tanda tersebut, jika terjadi pada kamu, orang tua, pasangan atau keluarga dekat lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca Juga : 

Sumber : 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here