Wajib Tahu 9 Manfaat Minum Jamu Setiap Hari

1
2008
- Advertisement -

Jamu merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang telah digunakan sejak dahulu. Jamu terbuat dari bahan alami berupa bagian dari tumbuhan yang kemudian diolah untuk siap diminum. Ramuan jamu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Sudah menjadi tradisi bagi beberapa orang untuk minum jamu setiap hari. Nah, berikut adalah manfaat yang di dapat jika minum jamu setiap hari :

1. Mengatasi Pegal-pegal
Cara mengatasi pegal-pegal, tidak hanya dengan menggunakan obat kimia. Tapi juga bisa menggunakan jamu seperti temulawak, beras kencur, jahe, daun sirih, kayu manis dan kunyit asam. Bahan-bahan tersebut dapat diolah menjadi minuman. Dan jika rutin minum jamu ini, maka pegal-pegal di seluruh tubuh akan mereda.

2. Melancarkan Haid
Selain istirahat yang cukup, olahraga teratur, dan makan makanan pelancar haid, minum ramuan tradisional merupakan cara alami lainnya memperlancar haid. Manfaat pertama minum jamu setiap hari adalah untuk memperlancar haid. Salah satu nya dengan kunyit yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Kunyit sendiri sudah dipercaya sejak lama mampu melancarkan siklus haid wanita.

3. Mencegah Sakit Kepala
Sakit kepala dapat terjadi kapan saja, biasanya jenis sakit kepala yang banyak dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah atau migrain. Untuk mencegah sakit kepala dapat dilakukan dengan minum jamu setiap hari. Jamu memiliki beragam manfaat salah satunya sebagai pencegah. Tidak ada salahnya untuk rutin minum jamu sebagai pencegah timbulnya sakit kepala.

Baca Juga:

Jenis Sakit Kepala Yang Sering Di Alami

4. Mengobati Asam Lambung
Manfaat minum jamu setiap hari selain mencegah sakit kepala yaitu mengobati asam lambung atau lebih dikenal dengan maag. Maag terjadi akibat luka pada dinding lambung. Maag termasuk masalah kesehatan umum yang sering terjadi pada seseorang. Ini disebabkan karena sering telat makan dan waktu makan tidak teratur.

5. Menghilangkan Bau Badan
Keringat berlebih biasanya menimbulkan bau badan yang menyengat dan mengganggu aktivitas juga membuat kepercayaan diri seseorang berkurang. Bau badan yang menyengat ini berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar ini terletak jauh di dalam kulit. Umumnya kelenjar ini ada pada bagian lipatan tubuh yaitu ketiak. Ada banyak cara menghilangkan bau tidak sedap. Selain manfaat daun beluntas, manfaat minum jamu setiap hari adalah salah satu cara menghilangkan bau badan.

6. Mengatasi Kulit Yang Gatal
Kulit gatal bisa disebabkan karena alergi terhadap benda atau sesuatu yang membuat kulit gatal. Gatal dapat terjadi singkat, namun ada pula yang berlangsung lama. Ada berbagai cara dan obat untuk mengatasi kulit yang gatal.  Cobalah untuk minum jamu secara rutin agar dapat membantu mengatasi kulit yang gatal.

7. Baik Untuk Penderita Diabetes
Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Penderita diabetes umumnya mengatur pola makan dan  minum agar kadar gula dalam darah tetap normal. Jamu merupakan salah satu minuman yang dianjurkan bagi orang penderita diabetes. Konsumsi jamu setiap hari membantu menstabilkan kadar gula darah.

Baca Juga:

Mencegah Diabetes Di Usia Muda

8. Membersihkan Tubuh Dari Racun
Jamu memiliki khasiat mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Menjadi hal yang penting membersihkan racun dalam tubuh, terutama paru-paru. Karena paru-paru membantu semua organ berfungsi dengan baik. Minum jamu sekali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

9. Melancarkan Peredaran Darah
Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi mengangkut oksigen, nutrisi, dan zat lain pada tubuh. Peredaran darah yang kacau dapat menyebabkan rasa sakit yang berat pada sendi, varises, kerusakan kuku, kerusakan rambut, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut disarankan agar mengonsumsi obat tradisional atau jamu yang terbuat dari ramuan tumbuh-tumbuhan.

Konsumsi jamu tidak akan menimbulkan efek samping. Sehingga aman dikonsumsi setiap hari demi melancarkan peredaran darah. Positifnya tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Sudah tahukan apa saja manfaat minum jamu setiap hari. Minum jamu memang dipercaya menyehatkan tubuh. Perlu diingat, penderita gangguan fungsi hati dan ginjal disarankan konsultasi ke dokter sebelum minum jamu. Begitu juga bagi wanita hamil dan menyusui.

“Lestarikan budaya minum jamu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran keluarga”, Cinta Jamu

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here