5 Rekomendasi Vitamin Peningkat Daya Tahan Tubuh

0
1166
Image: freepik
- Advertisement -

Cintajamu.id – Kesehatan tubuh adalah nomor satu yang harus dijaga. Agar tubuh tetap fit dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, tubuh membutuhkan vitamin. Mengonsumsi vitamin secara rutin membuat daya tahan atau imunitas tubuh meningkat, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Tubuh yang kekurangan mineral maupun vitamin, sistem imunnya akan melemah dan menjadi lebih mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan lainnya. Jaga tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur, buah, karbohidrat, dan protein. Dengan menjalankan pola makan yang seimbang tubuh dapat menyediakan nutrisi mineral dan vitamin sebagai daya tahan terhadap serangan virus.

Berikut ini adalah beberapa vitamin yang bisa kamu konsumsi secara rutin agar tubuh tetap sehat:

1. Habbatussauda

habat

Jintan hitam atau nama lain dari habbatussauda ini memiliki kelebihan sebagai penstabil hormon-hormon yang ada di dalam tubuh, atau yang disebut sebagai pregnenolon. Tumbuhan yang bijinya sering dikonsumsi ini dipercaya bermanfaat untuk tubuh lho. Manfaat utama habbatussauda yaitu mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus, bakteri dan kuman. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin, asam amino, asam linoleat, protein, minyak atsiri, natrium, kalsium, kalium dan masih banyak zat lainnya.

Artikel terkait: Dahsyatnya Habbatussauda Untuk Daya Tahan Tubuh

2. Bawang Bombay

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Tak disangka, kalau salah satu manfaat bawang Bombay ialah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena kandungan polifenol pada bawang Bombay yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan pada bawang Bombay berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan berkurangnya tumpukan radikal bebas dalam tubuh bisa membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Artikel terkait: 6 Manfaat dari Bawang Bombay untuk Tubuh

3. Strawberry

Photo by Pexels/JennaHamra

Stroberi atau strawberry diperkaya akan vitamin C yang dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada stroberi efektif membangun sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini secara alami mendorong produktivitas sistem imun dan akan bertindak sebagai pelindung dari efek buruk radikal bebas.

Artikel terkait: Rahasia Stroberi Yang Jarang Diketahui

4. Yogurt

Yoghurt, Image from Freepik

Yogurt merupakan sumber vitamin, kalsium dan kalium. Yogurt alami bisa menjadi makanan rendah kalori dan bergizi tinggi yang dikemas dengan protein. Faktanya yogurt baik bagi kesehatan, khususnya dalam meningkatkan kesehatan tulang dan membantu pencernaan. Beberapa yogurt mengandung bakteri hidup yang dikenal sebagai probiotik, yang dapat membantu menjaga kesehatan usus. Karena mampu meningkatkan kesehatan tulang, yogurt disarankan untuk orang tua guna mencegah osteoporosis.

5. Empon-empon

Image: Pixabay

Empon-empon atau herbal tradisional merupakan ramuan turun-temurun yang sejak dulu dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Empon-empon terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, kayu manis, dan sereh. Semuanya dapat digabungkan menjadi satu bahan minuman yang dikenal dengan nama jamu. Ramuan jamu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dan sudah menjadi tradisi bagi beberapa orang untuk minum jamu setiap hari.

Artikel terkait:

Itulah beberapa vitamin yang bisa kamu konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi kamu dari serangan virus atau bakteri di kondisi new normal saat ini. Tetap jaga kesehatanmu selalu ya…


Sumber:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here