Tips Menjaga Tulang Tetap Sehat

0
21
Photo by New Africa Studio
- Advertisement -

Cintajamu.id – Dalam menjalankan rutinitas keseharian kita membutuhkan tulang yang sehat, jika tidak tentunya kegiatan akan terganggu. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan tulang? Sebenarnya ada beberapa cara untuk menjaga tulang tetap sehat dengan menerapkan pola gaya hidup sehat dalam keseharian.

Seberapa Penting Peran Tulang?

Perlu dan wajib kamu ketahui bahwa tulang memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh kita. Tidak hanya untuk bergerak, tapi tulang juga berperan dalam membentuk struktur tubuh, menyimpan kalsium dan melindungi organ dalam tubuh.

Jika kesehatan tulang tidak dijaga, maka tulang akan mudah keropos yang akan menyebabkan tulang tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi tulang yang tidak sehat atau keropos dan juga lemah akan mudah retak, bahkan patah jika terjadi cedera.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tulang tetap sehat:

    • Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Mengapa harus berjemur di bawah sinar matahari pagi?, hal ini dikarenakan sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami yang dibutuhkan tubuh dalam membantu penyerapan kalsium. Tubuh yang kekurangan vitamin D akan lebih rentan mengalami kekurangan kalsium yang akan menyebabkan tulang lebih mudah keropos.

Untuk itu cobalah rutin berjemur setidaknya 2-3 kali seminggu, kamu bisa lakukan sebelum pukul 9 pagi selama 5-15 menit.

    • Olahraga secara rutin

Salah satu cara memperkuat tulang dan otot yaitu dengan berolahraga secara rutin. Seseorang yang jarang atau malas berolahraga dapat membuat otot dan tulang menjadi lemah. Olahraga teratur dapat membuat penyerapan asam amino di dalam tubuh yang membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Lakukan beberapa jenis olahraga seperti latihan angkat beban, jogging, senam ritmik, jalan santai atau yoga yang baik untuk kepadatan tulang.

    • Pilih menu sarapan kaya akan kalsium & vitamin D

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D tentu sangat baik bagi kesehatan tulang kita. Sumber kalsium terbaik bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi susu, yogurt, keju, kacang kedelai, dan sereal. Sedangkan vitamin D bisa didapatkan dari minyak ikan dan juga telur.

Tidak lupa juga untuk melengkapi menu makan kamu dengan menerapkan pola makan sehat dan bergizi, tentunya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur demi menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

    • Batasi konsumsi minuman beralkohol & tidak merokok

Kamu pasti sudah tahu tentang kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti sering mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok terbukti bisa menyebabkan hilangnya kepadatan tulang. Kebiasaan tersebut juga dapat membuat tubuh menjadi rentan dan mengalami kekurangan kalsium dan vitamin D, sehingga tulang menjadi rapuh.

    • Mengonsumsi suplemen

Tubuh tidak hanya membutuhkan makanan yang bergizi, untuk memenuhi asupan kalsium dan vitamin D, mengonsumsi suplemen juga membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. 

    • Menjaga berat badan

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjaga berat badan tetap ideal. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa berat badan berlebih atau kurang dapat meningkatkan kerusakan pada tulang.

Seseorang yang memiliki berat badan kurang atau terlalu kurus berisiko mengalami osteoporosis. Sedangkan berat badan berlebih akan meningkatkan risiko masalah kesehatan kronis, salah satunya obesitas. Oleh karena itu, tetaplah menjaga berat badan ideal demi melindungi kesehatan tulang.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta menerapkan pola hidup sehat merupakan cara yang paling baik dalam menjaga kekuatan dan kepadatan tulang hingga usia lanjut.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan tulang secara rutin agar mengetahui kondisi tulang. Apabila terdapat masalah pada tulang, maka segera dapat ditangani dengan cepat.

Baca Juga:

Sumber:
  • Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Berolahraga Secara teratur https://rsudkajen.id/yang-terjadi-pada-tubuh-jika-berolahraga-secara-teratur/#:~:text=Memperkuat%20tulang%20dan%20otot%20Berolahraga,membantu%20pertumbuhan%20dan%20perkembangan%20tubuh.
  • Tips menjaga kesehatan tulang https://www.alodokter.com/tips-menjaga-kesehatan-tulang
  • Cara Menjaga Kesehatan Tulang dengan Mudah dan Sehat https://aido.id/health-articles/cara-menjaga-kesehatan-tulang-dengan-mudah-dan-sehat/detail
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here