Hepatitis Akut Pada Anak, Lakukan Tips Ini Untuk Pencegahan

0
33
Photo by Gustavo Fring/Pexels
- Advertisement -

Cintajamu.id – Berita hepatitis akut pada anak saat ini menjadi satu masalah kesehatan yang harus diwaspadai oleh semua orang tua. Hepatitis adalah peradangan pada hati (liver). Biasanya kondisi ini disebabkan karena adanya infeksi virus, infeksi cacing hati, penggunaan obat-obatan tertentu, seringnya mengonsumsi alkohol, dan penyakit autoimun. Perlu diketahui, hepatitis akibat infeksi virus dapat menular ke orang lain.

Cara Mencegah Hepatitis

Lalu bagaimana cara agar tidak terkena penyakit Hepatitis?, Simak tips berikut:

1) Mencuci Tangan

Sebagai salah satu pencegahan penularan kuman dan virus penyebab hepatitis yaitu mencuci tangan dengan air mengalir serta memakai sabun secara rutin. Hal ini dikarenakan kuman dapat berpindah dengan mudah pada mata, hidung, dan mulut melalui tangan.

2) Konsumsi Air Layak Minum

Pastikan untuk tidak mengonsumsi air minum yang tidak terjamin kebersihannya. Menurut World Health Organization (WHO), pada umumnya virus penyebab penyakit hepatitis E ditemukan dalam air yang terkontaminasi. 

3) Konsumsi Makanan Yang Bersih dan Sehat      

Tak hanya air layak minum, tentu makanan pun harus dijaga. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau sudah terkontaminasi feses dari orang yang terinfeksi maka akan mudah tertular hepatitis.  

4) Menggunakan Alat Makan Sendiri

Pastikan anak menggunakan alat makannya sendiri dan tidak tercampur dengan orang dewasa. Sebab, orang yang terinfeksi bisa saja lupa mencuci tangan setelah dari toilet kemudian makan menggunakan alat makan orang lain. Hal ini menjadi salah satu cara virus hepatitis dapat menular melalui mulut.

5) Rutin Berolahraga

Mengajak anak rutin berolahraga membantu menjaga kekebalan tubuh si kecil. Selain baik untuk kesehatan, olahraga juga menjadi salah satu cara agar anak lebih aktif bergerak.

6) Memakai Masker & Menjaga Jarak

Selain untuk menghindari penularan covid-19, penggunaan masker dan menjaga jarak juga membantu anak agar terhindar dari virus hepatitis. Terapkan selalu protokol kesehatan pada anak.

7) Istirahat Yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting bagi anak dalam masa pertumbuhannya, kenapa? Karena tidur yang cukup bermanfaat bagi pertumbuhan fisik, emosi dan juga kecerdasan anak. Tidur yang cukup juga membantu pertumbuhan otot, tulang, kulit serta membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh si kecil. Hal ini begitu penting untuk melawan penyakit.

Baca Juga:
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here