Tetap Bugar Dikala Puasa

0
136
credit by : unsplash - @huckster
- Advertisement -

Puasa merupakan salah satu ibadah yang rutin dilakukan oleh umat muslim, terutama berpuasa dibulan ramadhan yang dijalani selama sebulan penuh. Puasa berarti tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh selama kurang lebih 13-15 jam dari mulai matahari terbit hingga waktunya berbuka puasa ketika matahari terbenam. Selama berpuasa tubuh akan terasa lemas hal ini dikarenakan  dehidrasi ringan dan menurunnya kadar gula dalam darah, oleh karena itu asupan pada saat berbuka perlu ditinjau kembali nilai gizi dan cairan yang masuk kedalam tubuh, tukas dr Vivien Maryam , SpPD, dokter spesialis penyakit dalam, dikutip dalam laman ayobandung.com.

Ada beberapa tips agar tetap bugar dan tidak lemas ketika berpuasa. simak yuk.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Tubuh membutuhkan cairan kurang lebih 2 Liter per hari atau setara 8 gelas. Sama seperti hari-hari biasanya pada saat puasa pun asupan cairan tidak boleh berkurang agar organ tubuh tetap dapat berfungsi dengan baik, dan terhindar dari dehidrasi ringan. Kamu bisa minum 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas sepanjang malam hingga sebelum tidur , 2 gelas saat berbuka agar kebutuhan cairan selama berpuasa tetap terpenuhi.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ketika Sahur


credit by : unsplash-@shootdelicious

Ketika berpuasa tubuh harus mendapat asupan nutrisi agar tetap sehat dan tidak mudah lemas.Penuhi nutrisi dengan makanan yang bergizi seimbang agar tubuh tetap bugar. Perhatikan menu makan ketika santap sahur, salah satunya makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang, oatmeal, gandum. Kemudian lengkap karbohidrat dengan protein hewani dan nabati seperti daging, ikan, ayam, telur, tempe dan tahu. Tambahkan juga buah-buahan yang dapat membuat tubuh kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar seperti pisang, apel dan pir. Kamu juga bisa menambahkan dengan buah yang mengandung vitamin c tinggi seperti jeruk, kiwi, jambu biji dan pepaya.

Tidur Yang Cukup

Pola tidur selama ramadhan tentunya tidak seperti pada hari biasanya, banyak yang mengeluhkan jika selama berpuasa menjadi lebih mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan berkurangnya waktu tidur. Untuk mengantisipasi agar tidak mudah mengantuk ada baiknya tidur lebih awal, setelah makan usahakan jangan langsung tidur karena justru akan mengganggu tidur kamu bahkan beresiko meningkatkan penyakit jantung dan stroke.

baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Puasa

Olahraga Ringan

Jangan hentikan aktivitas olahraga kamu ketika berpuasa  agar tubuh tetap bugar. Selain itu olahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh kamu dan melancarkan sirkulasi oksigen kedalam otak. Lakukan olahraga ringan setiap harinya minimal 15-30 menit, jika kamu takut lemas dan haus lakukan olahraga 1 jam sebelum berbuka puasa. Simak yuk daftar olahraga yang mudah dilakukan ketika berpuasa.

  • Jogging

Olahraga ringan yang dapat dilakukan ketika berpuasa yaitu jogging. Jogging merupakan olahraga kardiovaskular yang dapat menyehatkan jantung. Lakukan 10-20 menit 3x dalam seminggu. Kamu dapat melakukannya pada pagi hari atau beberapa saat sebelum berbuka agar tubuh kamu tetap sehat dan bugar.

  • Jalan Cepat

Jalan cepat dapat kamu lakukan kapanpun dan dimanapun, cukup 30 menit saja kamu sudah melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa. Jalan cepat membantu melatih keseimbangan tubuh anda.

  • Bersepeda
credit by : unsplash – @pgreen1983

Olahraga ringan lainnya yang dapat dilakukan yaitu bersepeda, kamu dapat melakukanya di pagi hari ketika udara masih segar ataupun sore hari menunggu waktu berbuka puasa. Kamu dapat melakukannya selama kurang lebih 30 menit setiap harinya. 

Selain menyehatkan jantung bersepeda juga dapat mengencangkan otot,melancarkan sirkulasi oksigen ke otak  bersepeda juga sangat menyenangkan untuk dilakukan.

  • Yoga
credit by : unsplash – @kateelue

Yoga bisa menjadi pilihan olahraga ketika berpuasa. Selain membuat pikiran rileks yoga merupakan olahraga yang tenang dan santai tanpa perlu mengeluarkan banyak energi. Benefit lain dari yoga ini yaitu  kamu dapat melatih kesabaran, menjaga berat badan selama puasa,  dan juga membantu meningkatkan kualitas tidur. Lakukan yoga beberapa saat sebelum berbuka atau beberapa saat setelah sahur. Cukup lakukan sekitar 15-30 menit untuk mendapatkan manfaat yoga.

  • Renang

Renang menjadi salah satu alternatif olahraga yang bisa kamu lakukan ketika berpuasa. Renang mampu membakar kalori 360-420 kalori jika kamu berenang sekitar 30 menit. Namun pastikan jangan sampai ada air yang masuk kedalam mulut jika tidak mau sampai puasa kamu batal karena air nya tertelan.

Baca juga :

5 Tips Berpuasa Ditengah COVID-19

5 Manfaat dari Rutin Minum Madu Saat Sahur

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here