Terapkan Langkah Ini Untuk Cegah Penyakit Kanker

0
32
Credit photo by : Piaxabay.com
Credit photo by : Piaxabay.com
- Advertisement -

Cintajamu.id – Penyakit kanker merupakan penyakit pembunuh nomor 3 (tiga) di Indonesia.  Penyakit ini sering disebut Neo plasma ganas atau tumor ganas, yaitu kondisi di mana ketika sel-sel abnormal yang ada di dalam tubuh tumbuh tidak terkendali dan mulai mengganggu dan menghancurkan jaringan tubuh yang normal . Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO) mencatat, total kasus kanker di Indonesia pada 2020 mencapai 396.914 kasus dan total kematian sebesar 234.511 kasus.

Secara umum penyebab penyakit kanker adalah terdapat adanya kelainan genetik hingga sel tersebut bermutasi secara tak terkendali. Namun, penyakit ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Penyakit ini tidak hanya orang dewasa bahkan anak-anak sekali pun dapat terserang penyakit kanker.

Gejala berbeda dapat dirasakan pada setiap pasien pengidap penyakit kanker, bahkan ada yang tidak terasa sama sekali untuk kanker stadium awal. Alhasil, banyak penderita yang mengabaikan gejala awal penyakit kanker. Pada stadium awal umumnya terdapat benjolan di area tertentu, demam , rasa sakit , luka yang tidak sembuh hingga pendarahan bahkan anemia.

Kabar baiknya adalah penyakit kanker masih bisa dicegah dengan cara mengubah pola hidup untuk memastikan agar sel-sel di dalam tubuh selalu terjaga kesehatannya. Berikut beberapa cara pencegahan penyakit kanker yang sudah tim cintajamu.id rangkum.

Cara Mencegah Kanker

Beberapa Cara Mencegah Kanker

1) Konsumsi Makanan Sehat

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang segar. Kurangi makanan kemasan karena mengandung bahan kimia seperti pengawet dan pemanis buatan. Hindari makanan junk food atau makanan cepat saji. Selain itu, makanan yang dibakar dan di asap juga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, sebaiknya hindari makanan yang dibakar maupun di asap contohnya sate ayam atau sate kambing, ikan asap dan ikan bakar.

2) Berhenti  Merokok

Seorang perokok memiliki risiko tinggi terkena penyakit kanker. Salah satu nya yaitu kanker paru-paru, kanker nasofaring hingga kanker payudara bagi perokok wanita.

Pengaruh Asap rokok juga memicu perkembangan sel kanker bagi perokok pasif. Oleh karena itu, sebaiknya hindari asap rokok bahkan berhenti merokok.

3) Menjaga Berat Badan Ideal

Kalori yang menumpuk di dalam tubuh yang tidak dibakar melalui olahraga dapat menyebabkan berat badan seseorang tidak ideal. Kondisi seperti ini membuat risiko tinggi terhadap berbagai macam jenis penyakit salah satunya kanker.

Dengan menjaga berat badan ideal dengan makanan sehat dan juga olahraga rutin minimal 15 menit dalam sehari membantu mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit termasuk kanker.

4) Olahraga Teratur

Berdasarkan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization) bahwa sebaiknya masyarakat melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin minimal 30 menit dalam sehari.

Olahraga teratur dilakukan agar tubuh lebih bugar dan sehat. Upaya ini dilakukan untuk pencegahan penyakit kanker. Selain itu aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dan optimal dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga mampu melawan infeksi.

5) Hindari Kulit Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Tubuh membutuhkan sinar UV yang berasal dari Matahari dengan kadar yang tepat.  Agar dapat merasakan manfaat sinar UV dengan risiko yang minim disarankan berjemur antara pukul 07.00-10.00 pagi, dengan rentan waktu 5-15 menit, lakukan 2-3 kali dalam 1 pekan, agar terhindar dari bahaya paparan sinar ultraviolet. Karena paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker kulit. Ketika ingin berjemur tetap gunakanlah tabir surya/sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Baca juga: Membunuh Sel Kanker 

6) Deteksi Dini dan Lakukan Skrining

Pada kasus kanker stadium awal seringkali tidak terdapat gejala yang signifikan. Biasanya gejala muncul ketika kanker tersebut sudah masuk stadium lanjut. Untuk itu, pentingnya melakukan deteksi dini dan skrining berkala untuk mencegah penyakit ini. Salah satu penyebab penyakit ini merupakan penyakit turunan atau dipengaruhi dari gen pembawa. Melihat riwayat kesehatan keluarga merupakan salah satu tahap skrining,.

Oleh, karena itu apabila salah satu keluarg terutama orang tua sudah terkena penyakit kanker, maka perlu meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan langkah-langkah di atas untuk mencegah penyakit kanker.

Pemeriksaan sejak dini bertujuan agar dapat dilakukan pengobatan secara tepat, peluang untuk sembuh pun menjad semakin tinggi. Skrining penyakit kanker sedari awal dilakukan agar dapat mengetahui dan mendeteksi letak penyakit tersebut.

Lindungi diri Anda dan keluarga dengan cara menerapkan pola hidup sehat,selalu berfikir positif dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa diberikan perlindungan dan kesehatan untuk Anda dan keluarga.


Artikel Terkait

1. Bisa Menangkal Virus, Intip Manfaat Jeruk Yang Lain

2. Seberapa Penting Tubuh Butuh Vitamin C

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here