Tak Disangka, Selain Sehat Konsumsi Kurma Juga Bisa Langsing

0
202
credit photo by : unsplash - Mona-mok
- Advertisement -

Siapa yang tidak kenal dengan buah kurma. Buah yang identik dengan menu buka puasa ketika bulan Ramadhan ini nyatanya memiliki banyak sekali khasiat bila dikonsumsi. Bagi seorang muslim,  sesuai dengan sunnah dan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang menyebutkan dalam hadits “Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir”.  Bahwa mengkonsumsi buah kurma secara rutin membuat tubuh sehat karena kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam buah tersebut.

Selain sehat ternyata konsumsi buah kurma secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari lama parenting.orami, bahwa buah kurma dapat mengontrol jumlah kolesterol serta jumlah kandungan lemak di dalamnya yang rendah.

Nutrition Journal menyebutkan, kurma memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah kemampuan suatu jenis makanan (biasanya karbohidrat) dalam meningkatkan kadar glukosa setelah dikonsumsi. Penderita diabetes mellitus dapat menikmati kurma tanpa rasa khawatir, karena indeks glikemik rendah tidak akan meningkatkan kadar glukosa dan insulin secara cepat (Kelly, 2003).

Karena itulah buah kurma dapat membantu menurunkan berat badan bagi yang sedang dalam program diet. Beberapa penelitian juga menyebutkan khasiat kurma , diantaranya adalah :

Sebagai Antioksidan 

Kurma terbukti memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan flavonoid, fenolik, vitamin dan beta karoten yang menghambat reaksi oksidatif penyebab radikal bebas. hal ini lah yang membuat kurma menjadi salah satu kudapan yang kaya akan antioksidan.

Menghindari Tubuh dari Obesitas

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi dan gizi, termasuk juga lemak. Lemak merupakan nutrisi yang berperan penting dalam proses penyerapan vitamin, merupakan sumber energi dan untuk memelihara kesehatan kulit. Ada dua jenis asam lemak, asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Kelebihan berat badan terjadi karena penumpukan lemak dalam tubuh. Asam lemak tak jenuh merupakan lemak yang baik untuk tubuh yang mempunyai manfaat mengurangi inflamasi.

Artikel terkait :

5 Alasan Kenapa Harus Diet 

Manfaat Kurma, Salah Satunya Mencegah Diabetes

Banyak sebab terjadinya inflamasi seperti adanya penyakit di dalam tubuh, makanan yang tidak sehat, tidak menerapkan pola hidup sehat, termasuk juga yang sangat berhubungan erat dengan obesitas, diabetes, dan beberapa penyakit hati lainnya.

Kurma memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi, selain itu kadar glikemik yang rendah berpotensi menurunkan berat badan dan dapat mencegah obesitas.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Berbagai macam manfaat kurma yang kita ketahui salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurma dapat meningkatkan kadar paraoxonase, yaitu enzim yang berasosiasi dengan lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau asam lemak tak jenuh. HDL memiliki fungsi untuk mentransfer kolesterol dari jaringan kembali ke hati agar kolesterol tidak bertumpuk di dinding pembuluh darah.

Pemanis Alami dan Rasa Yang Enak

Kurma merupakan pemanis alami. Seperti yang kita ketahui bahwa kurma memiliki rasa yang manis dan tentunya sangat enak. Untuk orang yang sedang diet kurma sangat cocok dijadikan menu untuk mengganti gula tambahan.

Baca Juga :

Waspada DBD Ditengah Pandemi Covid-19

_________________________________________________________

Sumber :

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here