SEHAT SETELAH LEBARAN, PILIH 5 JENIS MAKANAN PENETRAL KOLESTEROL

0
80
Credit by : tempo.com
- Advertisement -

Tak terasa bulan suci Ramadhan telah pergi hari Raya Idul Fitri pun tiba. Hari lebaran memang tidak bisa dipisahkan dengan beraneka ragam makanan dan kue kering. Makanan lezat namun mengandung kolesterol tinggi pun mulai tersaji di depan mata dari opor ayam, semur daging, sayur ketupat hingga rendang. Tak ketinggalan juga dengan kue lebaran yang khas seperti nastar, putri salju, dan kastengel. Hal ini membuat anda mungkin tidak mampu menahan godaan untuk tidak mencicipinya. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa momen lebaran menjadi hari bebas makan setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Namun, anda harus berhati-hati jangan sampai di momen lebaran justru malah kolesterol and naik karena makan secara berlebihan dan tidak terkontrol. Tapi, jangan khawatir cintajamu.id telah merangkum beberapa daftar makanan yang dapat menetralkan kolesterol.

1.Okra

photo by : Unsplash.com/@nehadeshmukh

Salah satu jenis  sayuran yang lebih populer dengan sebutan ‘Lady finger’ ini mempunyai segudang manfaat salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena okra memiliki kandungan serat yang tinggi, belum banyak yang tahu jika okra memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap seperti magnesium, fosfor, kalium hingga vitamin A,B dan C. Kandungan polisakarida dalam lendir okra yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan. Alpukat terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung. DIlansir dari Dailymail, penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari Hass Avocado Board, California menjelaskan bahwa Alpukat “Faktor risiko utama penyakit jantung dikarenakan kolesterol yang tinggi, dan konsumsi alpukat secara turun bisa menurunkan resiko penyakit jantung, dengan turunnya kolesterol maka berat badan pun bisa turun.” Tutur Direktur Eksekutif Hass Avocado Board, Emiliano Escobedo seperti dikutip dari Dailymail.

3. Oatmeal

Bahan yang terbuat dari gandum ini mempunya banyak manfaat selain rasanya yang enak. Beta glucan yang terkandung dalam oat mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, beta glucan bekerja dengan menahan penyerapan kolesterol jahat atau LDL. Konsumsi secangkir oat setiap hari untuk kesehatan jantung kamu.

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang juga terbukti mampu menghambat penyerapan kadar kolesterol dalam darah, karena adanya kandungan fitosterol. Beberapa jenis kacang seperti kacang almond, pistachio, dan kacang hijau.

5. Buah-buahan

 

Credit by : unsplash/@tombrunberg
Credit by : unsplash/@tombrunberg

Dengan mengkonsumsi rutin buah-buahan seperti apel, pepaya, jambu biji, pir, dan anggur tentunya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu buah-buahan juga dapat melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki metabolisme tubuh. Selalu sediakan beberapa jenis buah-buahan di meja makan kamu untuk keseimbangan nutrisi yang tubuh kamu butuhkan.

Selain dari makanan yang kita makan untuk mengontrol kolesterol dalam darah, tentunya kita juga harus merubah gaya hidup demi kesehatan. 

Kurangi Makanan Yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

Makanan khas lebaran seperti opor ayam dan rendang tentunya memiliki rasa yang sangat enak, namun ada bahaya kolesterol apabila kita terlalu banyak makan dalam porsi berlebih. Untuk menekan peningkatan kolesterol dalam darah kurangi makan makanan berlemak dan tidak sehat. Makanlah dalam porsi yang wajar.

Tidur Yang Cukup

Usahakan kamu tidur sebelum jam 11 malam, hal ini dikarenakan waktu tidur sangat berpengaruh pada sistem imun. Tidur yang cukup membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik karena itu berarti kita membiarkan organ-organ tubuh bekerja secara maksimal. 

Berhenti Merokok

Seperti yang kita ketahui rokok sangat tidak bagus untuk kesehatan, kandungan nikotin didalam rokok yang membuat kerusakan pada paru-paru jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Ternyata juga merokok mempengaruhi penurunan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Kurangi rokok untuk kesehatan tubuh kamu.

Olahraga Secara Rutin
credit by : unsplash/@chuttersnap
credit by : unsplash/@chuttersnap

Lakukan olahraga secara rutin untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh guna mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam darah. Dengan olahraga rutin membuat sistem peredaran darah lancar selain itu juga dapat menurunkan berat badan sehingga mengurangi resiko penyakit jantung karena disebabkan berat badan yang berlebih.

_________________________________________________________________

Baca juga :

Biar Tetap Sehat, Lakukan ini Saat lebaran

10 Gaya Hidup Yang Gak Bikin Sakit

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here