Seberapa Penting Tubuh Butuh Vitamin C

0
1420
- Advertisement -

Cintajamu.id – Tubuh memerlukan nutrisi agar tidak mudah terserang sakit.  Nutrisi dapat diperoleh dari makanan yang kita makan setiap hari. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu vitamin C atau yang dikenal dengan nama asam askorbat.

Vitamin C adalah jenis vitamin yang mudah larut dalam air yang diperoleh dari makanan atau suplemen, dan diketahui memiliki peranan penting bagi kesehatan. Vitamin C memiliki peranan sebagai antioksidan yaitu membantu memperbaiki jaringan dan mengurangi kerusakan akibat peradangan.

Berapa kadar kebutuhan vitamin C per hari?

Di tengah kasus pandemi Covid-19, menjaga kekebalan tubuh merupakan hal penting yang wajib dilakukan.  Untuk memperkuat sistem imun, tubuh membutuhkan vitamin C agar kekebalan tubuh lebih terjaga.

Berdasarkan Angka Kecukupan Vitamin yang dianjurkan untuk orang Indonesia, yaitu sebagai berikut:

Kelompok Umur
Kebutuhan Vitamin C
Bayi/Anak:
0 – 6 bulan
7 – 11 bulan
1 – 3 tahun
4 – 9 tahun
40mg
50mg
40mg
45mg
Laki-laki:
10 – 12 tahun
13 – 15 tahun
16 – 80+ tahun
50mg
75mg
90mg
Perempuan:
10 – 12 tahun
13 – 15 tahun
16 – 80+ tahun
50mg
65mg
75mg
Hamil (+an):
Trimester 1, 2, 3
+10mg
Menyusui (+an):
6 bln pertama & kedua
+25mg
Tabel. Angka Kecukupan Vitamin per hari

Sumber vitamin C

Tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C. Ada banyak sumber vitamin C yang didapat dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, hingga suplemen. Pilihlah sumber vitamin C terbaik agar tubuh selalu sehat.

Untuk mendapatkan sumber vitamin C terbaik ada pada buah dan sayuran segar. Buah Stroberi, mangga, kiwi, pepaya, brokoli, dan paprika memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk.

Baca Juga:
Daftar Nutrisi Penting Yang Harus Selalu Tersedia Selama Pandemi COVID-19
Manfaat Lemon
Pepaya, Si Orange Yang Banyak Manfaat
Wortel.. Sayuran kaya manfaat

Pentingnya vitamin C dalam tubuh

Selain memiliki peranan penting sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu pembentukan pembuluh darah, pertumbuhan otot dan tulang, memperkuat sistem imun serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Jika tubuh kekurangan vitamin, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan dan kerusakan pada gusi.

Vitamin C dipercaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Vitamin C juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pernafasan akut, terutama pada orang yang kekurangan gizi dan mereka yang stres secara fisik.

Bila dibandingkan, seseorang dengan kadar vitamin C yang tercukupi dianggap lebih mampu melawan infeksi bila daripada seseorang yang kekurangan vitamin C dalam tubuhnya.


Sumber:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here