Ringankan Gejala Asma dengan Herbal

0
144
Image by zuzana gazdikova from Pixabay
- Advertisement -

Sesak nafas merupakan salah satu gejala seseorang menderita asma.  Asma adalah penyakit paru-paru kronis (penyakit jangka panjang), yang dimana saluran udara atau bronkial paru-paru meradang dan menyempit. Otot-otot disekitarnya pun menjadi  kencang dan lendir yang diproduksi pun banyak dan semakin mempersempit saluran udara.  

Meskipun penyebabnya belum pasti, namun ada beberapa hal yang menjadi pemicu asma, seperti debu, asap rokok, alergi bulu binatang, infeksi virus, aktivitas fisik, udara dingin dan faktor keturunan pun menjadi salah satu penyebabnya.

Seseorang yang menderita asma mungkin mengalami gejala yang berkisar dari ringan hingga parah dan yang mungkin jarang terjadi atau setiap hari. Asma terjadi pada segala usia dan sering mulai terjadi pada usia kanak-kanak.

Tanda dan Gejala  

Seberapa sering tanda dan gejala asma terjadi tergantung seberapa parah, atau seberapa intensitasnya asma terjadi. Beberapa orang yang memiliki asma mengalami gejalanya setiap hari, sebagian ada yang mengalami gejalanya hanya beberapa hari dalam satu tahun. 

Bagi sebagian orang yang menderita asma ringan memang tidak nyaman, namun tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Lain halnya bagi mereka yang menderita asma akut, harus membatasi kegiatan sehari-hari. 

    • Nyeri pada dada 
    • Batuk, terutama pada malam hari 
    • Sesak nafas
    • Mengi, suara siulan ketika menghembuskan nafas 

Seperti halnya penyakit lain, asma memerlukan perawatan untuk mengatasi tanda dan gejalanya. Biasanya penderita asma memeriksakannya pada dokter, dan dokter akan memberikan beberapa obat untuk mengatasi asma. Namun ada cara lain untuk mengatasi gejala asma, yaitu dengan metode uap, selain dengan metode itu, gejala asma bisa diatasi dengan pengobatan herbal menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti jahe. 

Bawang Putih 

Bawang putih telah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai  penyakit. Asma merupakan penyakit radang yang menyerang sistem pernafasan, maka tidak heran kalau bawang putih mampu meringankan gejala asma, karena kandungan anti-inflamasinya mengatasi peradangan. Kandungan minyak atsiri pada bawang putih membantu mengeluarkan lendir pada saluran pernafasan dan meningkatkan kinerja paru-paru. 

Selain itu juga bawang putih mengandung dekongestan ringan yang bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat. 

Jahe  

Jahe merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, dari zaman dahulu hingga sekarang. Salah satu manfaat dari jahe yaitu meringankan asma kronis , karena anti-inflamasi yang ada pada jahe. 

Banyak cara mengolah jahe menjadi ramuan tradisional untuk meringankan asma salah satunya mencampurkan jahe pada teh hangat. 

Baca juga :

Kunyit 

Sama halnya dengan jahe, kunyit telah digunakan berabad-abad untuk meringankan keluhan kesehatan umum. Selama itu pula kunyit membantu mengatasi radang sendi, melancarkan pencernaan hingga meringankan asma. Kandungan curcumin membantu penderita asma bernapas lebih baik. 

Madu 

Selain bisa untuk melegakan tenggorokan, madu pun bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk asma. Madu mengandung antioksidan yang berlimpah yang mampu melawan peradangan dan meningkatkan imun tubuh pada penderita asma.

Baca juga :

Peppermint 

Menthol, merupakan bahan aktif yang ada pada peppermint yang mampu membersihkan saluran pernafasan, menenangkan peradangan, menetralkan radikal bebas, dan mencegah alergi. Cara kerjanya dengan memperlambat virus yang menginfeksi saluran pernafasan, membuat peppermint menjadi salah satu herbal yang sangat populer untuk mengatasi gejala asma. 

Kopi 

Tidak banyak yang tahu kalau kopi memiliki manfaat untuk meringankan asma. Efek bronkodilator (pelega pernafasan) pada kaffein ternyata sama dengan obat asma lainnya. Kafein memberikan efek relaksasi dan melegakan pada saluran pernafasan. Selain pada kopi, kafein juga ada pada teh dan coklat. 

Namun yang perlu digaris bawahi, meskipun kopi memiliki manfaat sebagai obat tradisional untuk asma, jangan gunakan kopi sebagai perawatan rutin, cukup dengan 3 cangkir perharinya. 


Sumber : 

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here