Rahasia Stroberi Yang Jarang Diketahui

0
213
Photo by Pexels/JennaHamra
- Advertisement -

Cintajamu.id – Kecil-kecil nyegerin… Stroberi atau strawberry adalah tanaman buah yang populer di seluruh dunia. Stroberi juga terkenal dengan rasanya yang asam. Walaupun memiliki rasa yang asam, tapi buah stroberi tetap banyak disukai oleh semua kalangan. Selain cocok sebagai teman cemilan dan dijadikan jus, buah stroberi juga biasa digunakan sebagai hiasan dalam membuat kue agar penampilannya menjadi lebih menarik.

Kandungan & Manfaat Stroberi

Buah berwarna merah dengan bintik-bintik kecil ini mengandung vitamin C lebih banyak dari satu buah jeruk orange, vitamin A, vitamin K, kalsium, magnesium, asam folat, asam salisilat, kalori, dan antioksidan.  Karena stroberi termasuk kedalam jenis buah yang kaya akan antioksidan, tidak heran jika stroberi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. tapi tidak semua orang mengetahui manfaat dari buah ini. Lalu apa saja manfaat buah stroberi?

    • Memutihkan gigi

Jarang diketahui, buah stroberi ternyata bisa memutihkan gigi. Kandungan asam yang terdapat pada stroberi mampu mengangkat kotoran yang menempel pada gigi yang menyebabkan gigi menguning.

    • Menjaga kesehatan mata & kulit

Vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam stroberi bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan penurunan fungsi pada mata. Jadi mengonsumsi buah stroberi mampu membantu menyehatkan mata, sehingga mengurangi risiko degenerasi katarak dan makula. Ditambah kandungan potassium yang dipercaya mampu mengatasi masalah tekanan okular (nyeri kepala/migrain) pada bola mata.

Baca Juga:

Kandungan vitamin C pada stroberi tidak hanya bagus untuk kesehatan mata, tetapi vitamin C dan asam elagik pada stroberi ini juga baik untuk kesehatan kulit terutama untuk mencegah penuaan dini. Ditambah kandungan asam salisilat yang bisa mencegah timbulnya bintik hitam pada kulit, mengencangkan pori-pori kulit, mengangkat lapisan kulit mati, dan mencegah timbulnya jerawat.

    • Mencegah kanker

Kandungan vitamin C, asam elagik, dan antioksidan pada buah stroberi membantu mencegah perkembangan tumor penyebab kanker. Konsumsi 2-3 buah stroberi sehari dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko penyakit kronis.

Baca Juga:

Buah stroberi diperkaya akan vitamin C, yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh sehari-hari. Vitamin C adalah vitamin yang bagus, yang diperlukan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta melawan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Antioksidan dalam buah stroberi juga efektif membangun sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini secara alami mendorong produktivitas sistem imun dan akan bertindak sebagai pelindung dari efek buruk radikal bebas.

    • Meningkatkan fungsi otak

      Brain (image by pexels)

Radikal bebas yang diterima oleh tubuh bisa menyebabkan jaringan otak mengalami penurunan fungsi dan saraf otak. Oleh karena itu, konsumsi buah stroberi dapat membantu mencegah terjadinya kondisi tersebut. Flavonoid yang terdapat pada stroberi dapat membantu memelihara kesehatan otak dan saraf, juga meningkatkan ketajaman memori.

    • Menjaga kesehatan jantung

Kaya akan vitamin C dan serat, nutrisi pada buah stroberi cocok untuk mengurangi stres dan bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, stroberi juga mengandung potasium dan kalium yang mampu melindungi tubuh dari masalah kardiovaskular.

    • Menurunkan berat badan
      Strawberry (image by pexels/lisa)

      Memiliki kandungan rendah kalori, buah stroberi cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, stroberi juga tidak mengandung sodium, gula ataupun lemak sehingga buah ini bisa dijadikan sebagai menu ketika diet.

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here