Ragam Fakta dan Manfaat dari Buah Kelapa

0
492
- Advertisement -

Buah kelapa ialah bagian yang sangat bernilai ekonomi. Sabut, unsur mesokarp yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam untuk anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya ialah bagian endokarp, digunakan sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku sekian banyak kerajinan tangan.

Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok (“daging buah kelapa”) ialah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan empuk serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini berisi berbagai enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar / penenang. Beberapa kelapa bermutasi sampai-sampai endapannya tidak melekat pada dinding batok tetapi tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini dinamakan (kelapa) kopyor.

Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya disebut santan. Daging buah tua ini pun dapat dipungut dan dikeringkan serta menjadi komoditi perniagaan bernilai ekonomis, yang dinamakan kopra. Kopra ialah bahan baku penciptaan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua seringkali tidak menjadi bahan minuman penyegar dan adalah limbah industri kopra. Namun, cairan ini bisa dimanfaatkan lagi untuk diciptakan menjadi bahan semacam jelly yang dinamakan nata de coco dan adalah bahan gabungan minuman penyegar. Daging buah kelapa pun dapat dimanfaatkan sebagai penambah wewangian pada masakan daging serta bisa dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan gampang patah.

Sebagian besar kelapa Indonesia diproduksi di provinsi Sulawesi Utara. Tidak selalu menyegarkan, air kelapa pun berisi tidak sedikit nutrisi guna kesehatan tubuh manusia. Ragam guna dihadirkan air kelapa, Para peneliti sepakat, air kelapa mempunyai kandungan natrium yang baik guna tubuh. Air kelapa pun disebut mempunyai kalori yang lebih rendah dan kalium lebih tinggi dikomparasikan dengan minuman-minuman penambah energi lainnya. Anda pun tak perlu fobia pada diabetes, lantaran kandungan gula dalam air ingin lebih tidak banyak daripada yang ditemukan pada minuman bersoda.

Kelapa banyak tumbuh dan berkembang di negara Asia dan Pasifik yang menghasilkan 5,3 juta ton (82%) yang meliputi 12 negara, sementara sisanya oleh negara di Afrika dan Amerika Selatan.

Indonesia adalah negara perkelapaan terluas yang tersebar di Riau, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi, Aceh, Sumatra Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku. Indonesia menduduki posisi produsen kelapa terbesar di dunia dengan jumlah buatan 183 juta ton masing-masing tahun pada tahun 2018.

Berikut sejumlah manfaat meminum air kelapa :

  1. Sumber nutrisi tubuh. Air kelapa yang langsung dipungut dari dalam buah berisi 94 persen air dan melulu sedikit lemak. Berbeda dengan susu kelapa yang berisi melulu 50 persen air dan lemak yang banyak. Bagi menghasilkan kelapa yang matang, dibutuhkan waktu 10-12 bulan. Sementara air kepala yangdidapatkan dari kelapa muda lazimnya baru berumur 6-7 bulan. Kelapa hijau rata-rata menghasilkan 0,5-1 cup air kelapa. Pada 1 cup lazimnya sama dengan 240 ml dan berisi 46 kalori.
  2. Kaya antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mengawal tubuh dari penyampaian radikal bebas yang mengakibatkan stres oksidatif yang memengaruhi pencemaran sel. Kandungan antioksidan dalam air kelapa terbukti dapat mencegah radikal bebas.
  3. Mencegah batu ginjal. Batu ginjal terjadi saat kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bersatu menyusun kristal di dalam urine. Hal tersebut menciptakan kristal perlahan menjadi batu. Penelitian mengindikasikan bahwa air kelapa dapat mengurangi buatan radikal bebas yang dominan terhadap tingginya kadar oksalat dalam urine. Kadar oksalat adalah salah satu penyebab batu ginjal.
  4. Meningkatkan kesehatan jantung. Meminum air kelapa dapat meminimalisir risiko penyakit jantung. Air kelapa diandalkan dapat meminimalisir kolesterol dan tingkat trigliserida sebagai sejumlah faktor risiko gangguan jantung.
  5. Manfaat sesudah olahraga. Elektrolit dalam tubuh bakal berkurang ketika seseorang berolahraga. Begitu pula dengan rasa haus yang lantas muncul. Air kelapa menjadi minuman yang sesuai untuk menanggulangi hal tersebut. Elektrolit memiliki peran urgen dalam tubuh, tergolong menjaga ekuilibrium cairan yang tepat. Dua studi mengejar bahwa air kelapa dapat mengembalikan hidrasi lebih baik dibanding air biasa. Air kelapa dinamakan berisi elektrolit tinggi selayaknya minuman isotonik lainnya.

Fakta nutrisi dengan berat  (80 gram) daging kelapa segar dan kelapa parut :

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60 persen dari Nilai Harian (DV)
  • Selenium: 15 persen dari DV
  • Tembaga: 44 persen dari DV
  • Fosfor: 13 persen dari DV
  • Kalium: 6 persen dari DV
  • Besi: 11 persen dari DV
  • Seng: 10 persen dari DV

Daging kelapa kaya akan sejumlah mineral penting, khususnya mangan dan tembaga. Mangan bermanfaat mendukung faedah enzim dan metabolisme lemak. Sedangkan tembaga menolong pembentukan tulang dan kesehatan jantung.

Lemak kelapa ialah buah yang unik sebab kandungan lemaknya yang tinggi. Sekitar 89 persen lemak dalam daging kelapa. Sebagian besar lemak ini ialah trigliserida rantai-menengah (MCT), yang diserap utuh di usus kecil Anda. Daging kelapa dipakai oleh tubuh Anda guna menghasilkan energi.

Serat, hanya 1 cawan (80 gram) kelapa parut meluangkan 7 gram serat, yang adalah lebih dari 20 persen keperluan harian. Sebagian besar serat ini tidak larut, dengan kata lain serat tidak bisa dicerna. Sebagai gantinya, serat bekerja untuk mengalihkan makanan melewati sistem pencernaan kita dan menolong kesehatan usus.

Manfaat kesehatan dari daging kelapa :

Daging kelapa bisa bermanfaat untuk kesehatan kita dalam sejumlah cara. Banyak riset tentang guna buah tropis ini difokuskan pada kandungan lemaknya diantaranya :

Meningkatkan kesehatan jantung.

Daging kelapa berisi minyak kelapa, yang dapat menambah kolesterol HDL (baik) dan meminimalisir kolesterol LDL (buruk). Oleh sebab itu, daging kelapa dapat meminimalisir risiko penyakit jantung. Satu studi mengerjakan penelitian sekitar 4 minggu terhadap 91 orang. Mereka diberi 1,6 ons (50 ml) minyak kelapa extra virgin, minyak zaitun extra virgin, atau mentega tawar masing-masing hari. Mereka yang berada dalam kumpulan minyak kelapa mengindikasikan peningkatan kolesterol HDL (baik) signifikan. Hal itu dikomparasikan terhadap mereka yang diberi mentega atau minyak zaitun.

Sedangkan riset yang dilaksanakan selama 8 minggu pada 35 orang dewasa sehat mengindikasikan hasil sama. Penelitian mengindikasikan bahwa 1 sendok santap (15 ml) minyak kelapa diminum dua kali sehari mengakibatkan peningkatan kolesterol HDL. Penelitian lainnya, narasumber mengonsumsi 7 ons (200 gram) bubur yang diciptakan dengan santan. Mereka merasakan penurunan kolesterol LDL (buruk) yang signifikan dan penambahan kolesterol HDL (baik). Penelitian itu dikomparasikan dengan mereka yang santap bubur dari susu kedelai.

Penurunan berat badan.

Daging kelapa dapat menolong menurunkan berat badan. Studi mengindikasikan bahwa MCT dalam buah kelapa dapat memunculkan rasa kenyang, pembakaran kalori, dan pembakaran lemak. Di samping itu, kandungan serat yang tinggi dari daging kelapa dapat menambah rasa kenyang sehingga menolong mencegah santap berlebih. Penelitian sekitar 90 hari terhadap a 8 orang dewasa menyerahkan 1,3 cawan (100 gram) kelapa segar masing-masing hari. Dampaknya, semua responden merasakan penurunan berat badan dikomparasikan menggunakan kacang tanah atau minyak kacang pada yang sama.

Penelitian tersebut menggunakan minyak kelapa dan MCT dalam jumlah besar. Tidak jelas apakah santap daging kelapa dalam jumlah lebih kecil bakal mempunyai efek yang sama.

Kesehatan pencernaan

Kelapa kaya serat, yang menolong mengusung kotoran dan menyokong kerja usus, mengawal sistem pencernaan kita tetap sehat. Daging kelapa pun tinggi lemak yang dapat menolong tubuh kita menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, tergolong vitamin A, D, E, dan K. Di samping itu, MCT dalam daging kelapa sudah terbukti memperkuat bakteri usus Anda, mengayomi terhadap peradangan dan situasi sindrom metabolik. Terlebih lagi, minyak kelapa dapat meminimalisir pertumbuhan ragi berbahaya, laksana Candida albicans, yang dapat mengakibatkan infeksi serius

Makan daging kelapa pun memiliki manfaat lain yakni:

Menstabilkan gula darah.

Buah ini bisa menurunkan gula darah puasa dan mengolah bakteri usus kita untuk menolong kontrol gula darah,

Meningkatkan imunitas.

Mangan dan antioksidan dalam kelapa dapat menolong meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meminimalisir peradangan. MCT buah ini pun mempunyai sifat antivirus, antijamur, penekan tumor, dan bermanfaat untuk  otak. MCT dalam minyak kelapa meluangkan sumber bahan bakar pilihan untuk glukosa. MCT dapat menolong orang dengan gangguan kenangan atau faedah otak, laksana mereka yang menderita penyakit Alzheimer.

 Beberapa ilmuwan berasumsi bahwa meskipun kelapa tampaknya tidak merusak kesehatan jantung, banyak sekali orang yang mengkonsumsinya. Buah ini pun mempunyai efek positif pada jantung Anda. Meski begitu, dibutuhkan penelitian mengenai daging kelapa dan kesehatan jantung jangka panjang. Daging kelapa pun padat kalori.

Air kelapa memiliki manfaat  untuk kesehatan. Air kelapa dapat diminum kapan pun. Termasuk ketika olahraga dan setelahnya. Namun, kira-kira adakah guna minum air kelapa selamar dan sesudah olahraga?

Jika diminum selama dan sesudah berolahraga, air kelapa memiliki banyak manfaat seperti:

  1. Mengembalikan cairan tubuh yang hilang

Minum air kelapa sesudah olahraga menolong mengisi pulang cairan tubuh yang hilang. Dengan begitu, Anda bakal terhindar dari dehidrasi yang dapat membahayakan tubuh. Namun, air kelapa tidak mempunyai kandungan natrium dan elektrolit sejumlah minuman olahraga buatan. Oleh sebab itu, Anda dapat menambahkan minuman olahraga lain andai melakukan olahraga berat.

  1. Menjaga tubuh tetap berenergi

Air kelapa berisi karbohidrat yang mudah dipahami dalam format gula alami. Oleh karenanya, minuman yang satu ini dapat menjaga energi dalam tubuh dan daya tahan otot ketika berolahraga. Akan namun kandungan karbohidrat di dalamnya lebih sedikit dikomparasikan dengan minuman olahraga yang dapat memberi energi lebih. Jika kita olahraga dalam masa-masa lama selama lebih dari 90 menit, tubuh tidak memiliki lumayan energi bila melulu minum air kelapa. Bagi memberi energi tambahan, Anda dapat mengonsumsi camilan kaya protein tergolong salah satunya yang berbahan dasar kedelai.

  1. Mengandung kalium dan magnesium

Air kelapa berisi zat gizi mikro, kalium dan magnesium, yang seringkali hilang dari tubuh ketika berolahraga. Kalium menolong menjaga kontraksi otot, hubungan sistem saraf, dan faedah jantung supaya tetap normal. Dalam secangkir air kelapa, terdapat sekitar 600 mg kalium yang diperlukan tubuh. Sementara magnesium adalah zat gizi mikro yang bermanfaat untuk mengatur faedah otot dan saraf. Dalam secangkir air kelapa, terdapat sekitar 60 mg magnesium di dalamnya. Dengan minum air kelapa sekitar dan sesudah* olahraga, kedua zat gizi ini dapat terisi kembali sampai-sampai tubuh tetap dapat bermanfaat dengan baik.

Tak butuh menambahkan gula lho pada air kelapa, untuk memaksimalkan hidrasi tubuh ketika dan sesudah olahraga, tak butuh menambahkan gula ketika minum air kelapa. Menambahkan gula pada air kelapa sama saja dengan meningkatkan kalori ekstra yang sebetulnya tidak dibutuhkan tubuh. Padahal ketika berolahraga kalori berlebih di dalam tubuh telah dibakar. Bagi itu, minumlah air kelapa murni tanpa ekstra apa pun supaya manfaatnya dapat didapat secara maksimal.

Salam sehat,

Admin

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here