Penyebab Cegukan Dan Cara Menghentikannya

0
73
credit photo : unsplash/@andrediesphoto
- Advertisement -

Siapa pun pasti pernah mengalami yang namanya cegukan dari bayi yang baru lahir, anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Tentu saja hal ini membuat keadaan tidak nyaman dan sangat menjengkelkan. 

Pada dasarnya memang cegukan tidak berbahaya dan akan hilang beberapa saat dengan sendirinya. Akan tetapi jika cegukan datang disaat yang tidak tepat seperti sedang berbicara di rapat penting, sedang berpuasa, olahraga dan ketika makan tentu saja sangat mengganggu aktivitas.  

Akan tetapi, ada beberapa penyakit serius memiliki gejala awal yang ditandai dengan cegukan.

Apakah yang menjadi penyebab cegukan dan bagaimana cara menghentikannya? Silahkan disimak artikel dibawah ini. 

Penyebab Cegukan

Cegukan atau singultus merupakan keadaan refleks yang memicu kontraksi seperti kejang, mengalami peregangan otot diafragma.  Diafragma merupakan otot utama yang berperan sangat penting dalam proses pernapasan. Berbentuk seperti kubah dan berada didalam rongga dada.

Dilansir dari beberapa media. Ketika cegukan otot diafragma akan mengalami kontraksi, hal itu yang membuat udara masuk ke dalam tenggorokan. Udara yang memaksa masuk mengenai pita suara dan pita suara menutup secara tiba-tiba. Pita suara yang menutup tiba-tiba itulah yang  menimbulkan suara khas ‘hik’ cegukan yang pada umumnya sering di dengar. 

Meskipun kelihatannya sepele dan mudah hilang dengan sendirinya, namun cegukan bisa jadi merupakan satu tanda penyakit serius.

Cegukan dapat terjadi karena  beberapa faktor. Salah satunya karena gaya hidup seperti banyak makan dan makan terlalu cepat, minum minuman bersoda atau karbonasi, Stress atau merasa sangat bersemangat, kelelahan, menghisap rokok sehingga ada udara yang masuk kedalam rongga dada. Untuk hal seperti diatas cegukan dapat hilang dengan sendirinya atau dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana yang banyak dilakukan oleh masyarakat kebanyakan.

Namun, cegukan yang berlangsung dalam waktu yang lama secara terus menerus bisa jadi merupakan tanda awal salah satu gejala penyakit. Perlu dilakukan tindak lanjut meliputi pemeriksaan kesehatan ke dokter maupun rumah sakit. Memang tidak diketahui secara pasti penyebab cegukan yang tidak berhenti. Beberapa penyakit yang memiliki gejala awal seperti ini antara lain tukak lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD),  radang tenggorokan, kehamilan serta adanya tumor pada tenggorokan.

Pada beberapa kasus penyakit kronis seperti kanker, gagal ginjal, dan diabetes juga bisa menjadi faktor pemicu cegukan yang tak henti-henti.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan cegukan  

credit photo by : unsplash – @enginakyurt

Ada banyak cara menghentikan cegukan yang tidak kunjung berhenti. Dilansir dari beberapa laman situs kesehatan hanya dengan beberapa cara sederhana seperti dibawah ini :

  • Bernapas secara perlahan dan menahanya selama 5 detik kemudian keluarkan secara perlahan selama 5 detik.
  • Bernapas dengan menggunakan kantong kertas. Anda dapat menempatkan kantong kertas yang telah mengembang pada mulut dan hidung. Bernapas secara perlahan hingga kantung kertasnya kembang kempis. Dan harus diperhatikan, jangan menggunakan kantong plastik.
  • Minum air hangat dengan tambahan madu
  • Menghisap lemon yang sudah dipotong
  • Bernapas dengan posisi menekuk lutut hingga sedikit menekan dada
  • Mengulum atau menghisap gula batu ataupun gula pasir

Jika cara diatas sudah dilakukan namun cegukan tidak juga berhenti. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit dan dokter kepercayaan anda.

Sumber:

  1. Diagnosis dan Tatalaksana Singultus, Ina Karina Putri G Sugihen, Mukhlis Imanto, Rizqa Atina 1 Mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung  2 Bagian Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung 2 Bagian Ilmu Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medula/article/download/2096/pdf
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here