Pentingnya Kunyit Untuk Ibu Menyusui

0
721
- Advertisement -

Sahabat Cinta Jamu, sekarang kita akan bahas tanaman jamu yang sering kita jumpai, yaitu Kunyit.

Kunyit, siapa yang tak kenal dengan-nya. Sudah sejak zaman dahulu kala, tanaman herbal yang mempunyai ciri-ciri warna kuning di dalam-nya, ini hampir selalu digunakan sebagai obat alami yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk Ibu yang sedang menyusui, mengkonsumsi kunyit cukup aman, bila dikonsumsi dalam jumlah yang sedang.

Selain itu, banyak manfaat lain yang didapatkan, bila kita mengkonsumsi kunyit, khusus-nya untuk Ibu hamil dan menyusui.

Beberapa kegunaan dari kunyit yang berkaitan dengan Ibu menyusui, antara lain sebagai berikut:

  1. Memperbanyak produksi ASI

Salah satu herbal yang sering dipakai di negara India untuk meningkatkan ASI, adalah kunyit, meskipun agak sedikit riset ilmiah secara kedokteran yang membuktikannya.

Herbal ini hampir selalu dicampur pada makanan dan minuman, biasa-nya minuman susu untuk diminum oleh Ibu yang sedang mengandung. Biasa-nya, setelah Ibu hamil tersebut melahirkan, maka produksi ASI-nya akan bertambah banyak, dan ASI-nya bisa diperah untuk disimpan.

  1. Melancarkan sistem aliran darah

Hal yang sering terjadi pada Ibu menyusui, adalah biasanya sering terganggu peredaran darah-nya. Hal ini terjadi, karena kondisi Ibu menyusui memang berbeda pada saat normal.

Fungsi kunyit salah satu-nya adalah melancarkan sistem sirkulasi atau aliran darah, sehingga kondisi tubuh Ibu menyusui tetap sehat, dan terlindungi dari masalah penyakit yang timbul disebabkan gangguan sistem aliran darah.

  1. Menambah daya tahan tubuh

Kegunaan kunyit yang lain untuk Ibu menyusui adalah meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Ibu menyusui, biasa-nya cepat lelah karena selalu siaga dalam keseharian nya.

Untuk itu, kunyit yang mempunyai senyawa lip polisakarida, dapat melindungi sistem daya tahan tubuh. Hal ini, sangat berguna karena bisa menjaga Ibu menyusui terhindar dari serangan virus, bakteri dan jamur.

Batuk, pilek dan flu, penyakit yang sering terjadi pada Ibu menyusui, dan ini sangat berbahaya bila menular pada bayi Anda.

  1. Melindungi sistem pencernaan

Kegunaan dari kunyit untuk Ibu menyusui bisa melindungi sistem pencernaan, terhindar dari rasa mual dan perut kembung. Kegunaan kunyit memang terkenal untuk mengatasi maag kronis. Selain itu, kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat diare.

Manfaat  lain dari kunyit adalah anti inflamasi, ketika saluran pencernaan Ibu menyusui terjadi peradangan, maka kunyit dapat mengendalikan infeksi saluran pencernaan, contohnya pada usus kita.

  1. Mengontrol berat tubuh

Pengaruh yang sering terjadi dari masa kehamilan sampai dengan masa kelahiran atau persalinan, untuk Ibu biasa-nya akan menghadapi peningkatan berat tubuh.

Meskipun, sesudah menjalani tahap persalinan, umumnya atau lazimnya selalu berat tubuh Ibu masih kelebihan berat badan atau di atas sewajarnya.

Peran kunyit menjadi sangat penting karena dapat mengontrol agar berat badan tidak semakin meningkat, dan mengembalikan kondisi berat badan menjadi normal.

Tetapi, Ibu menyusui harus memperhatikan pola makan yang sehat dan tidak dianjurkan untuk melakukan program diet yang bertujuan mengurangi berat tubuh secara drastis. Akibat diet berlebihan akan berpengaruh pada hasil produksi ASI yang kurang baik.

  1. Menghindari tekanan pikiran

Lazimnya Ibu hamil dan Ibu menyusui akan menghadapi penambahan tekanan pikiran atau stress.Tahapan dari mulai hamil, berlanjut ke tahap proses melahirkan dan tahap persalinan sudah menguras energi fisik dan mental seorang Ibu. Apalagi, memasuki tahap selanjutnya yaitu tahap menyusui, makin menambah tekanan pikiran seorang Ibu.

Banyak faktor yang mempengaruhi tekanan pikiran pada saat Ibu menyusui. Seperti, perubahan pola waktu istirahat, waktu tidur yang berubah, karena harus terjaga di waktu malam hari, dan kegiatan lainnya yang berganti secara mencolok dalam menjaga bayi setiap saat.

Apalagi kesibukan Ibu menyusui, karena umumnya sekarang Ibu menyusui juga harus bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, sehingga tidak sedikit Ibu menyusui yang pada akhirnya tidak dapat merawat bayinya sendiri sepanjang waktu.

Oleh sebab itu, manfaatnya Ibu menyusui dengan meminum kunyit  bisa memelihara peranan atau fungsi otak, menambah kekuatan memori, memperbaiki kualitas hormon dopamine ( yaitu senyawa kimia di otak yang berfungsi untuk menyalurkan impetus atau rangsangan ke seluruh tubuh ), sehingga bisa memelihara peningkatan sel-sel otak dan menghindari tekanan pikiran atau stress, serta melindungi diri dari bermacam masalah penyakit degeneratif.

Nah, Sahabat Cinta Jamu, bilamana Anda atau anggota keluarga Anda, ada yang menjadi seorang Ibu menyusui, maka jangan ragu untuk mengkonsumsi kunyit, karena banyak sekali manfaat dan khasiatnya, antara lain memperbanyak produksi ASI, melancarkan sistem aliran darah, menambah daya tahan tubuh, melindungi sistem pencernaan, mengontrol berat badan, dan menghindari stress.

Usahakan yang terbaik untuk Anda, Ibu menyusui dan juga bayi yang Anda.

 

 

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here