MENGKUDU, SI AROMA TAK SEDAP YANG KAYA MANFAAT

0
102
photo by : freepik.com/khumtong
- Advertisement -

Mengkudu merupakan salah satu buah yang mempunya bau yang sangat tidak enak bahkan seperti bau busuk dan rasa yang pahit. Namun, dibalik rasa dan bau yang tidak enak itu mengkudu sudah menjadi salah satu obat tradisional karena terbukti mempunyai berbagai macam khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Banyak khasiat dari buah mengkudu ini, mulai dari menurunkan demam, menurunkan kolesterol, mengobati kanker hingga menyembuhkan pasien covid-19 baru-baru ini. Beberapa pasien covid-19 didaerah Makassar diberi minum2 botol jus mengkudu secara rutin hasil nya ada 33 orang pasien sembuh. Dilansir dari laman suara.com.

Buah mengkudu mengandung alkaloid yang dinamakan xeronin. Alkaloid ini berguna untuk mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur pembentukan protein serta bekerja untuk melawan peradangan yang terjadi di dalam tubuh (Wijayakusuma, 2008).  Tidak hanya itu beragam khasiat dan manfaat buah mengkudu yang telah team cintajamu.id rangkum. Simak penjelasannya

1.       Anti bakteri

Buah mengkudu mengandung zat aktif antibakteria yang mampu menghambat bakteri patogen. Oleh karena itu, khasiat buah yang dikenal juga dengan nama buah pace ini adalah mampu mematikan bakteri penyebab infeksi.

2.      Mengontrol kolesterol jahat (LDL)

Kandungan zat hipokelemestik yang berperan aktif dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi mengkudu secara rutin mampu membantu menurunkan kolesterol total dalam jumlah yang cukup besar. Kamu cukup memilih buah mengkudu yang telah matang, blender buahnya kemudian saring. Jus mengkudu siap dikonsumsi.

artikel terkait : Konsumsi Kunyit Dapat Menurunkan Kolesterol

3.       Meningkatkan daya tahan tubuh

Ekstrak mengkudu mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas sehingga dengan rutin mengkonsumsi jus mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4.       Anti Inflamasi

Tidak hanya buahnya, daunnya pun berkhasiat untuk meredakan peradangan atau yang disebut juga dengan anti inflamasi.

5.       Memelihara kesehatan kulit

Manfaat lain dari megkudu yaitu untuk memelihara kesehatan kulit. Karena mengkudu memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan juga analgesik. Selain itu, mengkudu memiliki asam lemak esensial yang berfungsi meningkatkan fungsi membran sel sehingga membantu memelihara kesehatan kulit, dikutip dari laman merdeka.com.

artikel terkait : Hal Penting Yang Mempengaruhi Kesehatan Kulit

6.       Meredakan demam

Buah mengkudu ternyata dapat meredakan demam karena sifat antivirus yang dimilikinya. Mengkudu pun dapat menghilangkan rasa nyeri hingga batuk. Oleh karena khasiat inilah jus buah mengkudu diberikan kepada pasien covid-19, sehingga beberapa pasien dapat sembuh dari penyakit tersebut.

7.       Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat mengkudu dapat menangkal radikal bebas sehingga mencegah penyakit degeneratif termasuk resiko penyakit kanker. Sifat mengkudu yang dapat melawan tumor dan meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Meredakan nyeri pada persendian (arthritis)

Sifat anti inflamasi dan analgesik dalam kandungan mengkudu yang membuat sari buah ini mampu meredakan rasa nyeri karena radang sendi atau osteoarthritis  bahkan dalam tingkat kondisi yang parah. 

 

9. Memelihara kesehatan jantung

Khasiat terakhir dari jus buah mengkudu adalah untuk memelihara kesehatan jantung, karena dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah membuat peredaran darah ke jantung menjadi lancar. 

Itulah tadi beberapa manfaat dan khasiat mengkudu yang telah kami rangkum. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu tentang manfaat dari buah mengkudu dan semoga bisa menjadi bermanfaat. Selain itu kamu juga harus menjalani pola hidup sehat untuk kesehatan di masa mendatang.  

Sumber :

  1. Jurnal Penelitian Sains, Pengaruh Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Vibrio harveyi Secara In vitro, Munti Sarida, Tarsim, dan Iwan Faizal Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, Lampung, Indonesia
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here