Mencegah Demam Berdarah (DBD)

0
84
Photo by Pxhere.com
- Advertisement -

Cintajamu.id – Demam berdarah dengue atau disingkat DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Demam berdarah terjadi ketika virus masuk kedalam tubuh yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Dalam beberapa kasus, demam berdarah bisa menjadi bahaya dan berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam nyawa bila tidak segera ditangani. Penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk ini paling seringkali terjadi di area tropis dan subtropis, selama musim hujan dan setelah musim hujan.

Indonesia sendiri menjadi Negara beriklim tropis yang rawan terkena penyakit demam berdarah. Selain rendahnya daya tahan tubuh masyarakat Indonesia, kebiasaan buruk lain penduduk Indonesia bisa menjadi faktor penyebab virus dengue menyebar dengan cepat.

Baca Juga:
Waspada Demam Berdarah (DBD) Mengintai di Musim Hujan
Waspadai Penyakit Yang Muncul Ketika Banjir

Gejala demam berdarah tidak langsung muncul setelah adanya gigitan nyamuk pembawa virus dengue. Biasanya gejala akan muncul sekitar 3 sampai 14 hari. Yuk… segera lakukan pencegahan berikut agar terhindar dari demam berdarah bersama cintajamu:

1. Menjalankan pola hidup bersih dan sehat

Nyamuk tidak hanya menyukai tempat yang kotor dan lembab, namun nyamuk jenis Aedes aegypti juga menyukai tempat air bersih yang tergenang. Jagalah kebersihan diri dan di sekitar lingkungan tempat kamu tinggal, seperti membersihkan rumah, menguras bak mandi atau penampungan air lainnya, hindari menyimpan pakaian kotor dalam jangka waktu yang lama di suatu tempat.

Jika tidak menjalankan pola hidup sehat, nyamuk bisa saja bersarang di tempat-tempat tersebut dan berkembang biak.

2. Menggunakan obat anti nyamuk

Menggunakan obat anti nyamuk baik yang bakar, elektrik atau semprot setiap pagi dan sore hari agar terhindar dari gigitan nyamuk. Kamu juga bisa gunakan body lotion anti nyamuk jika sedang berpergian ke suatu tempat, tidak lupa juga selalu membawa body lotion nya, karena sangat praktis untuk dibawa dan digunakan. Pastinya kamu akan terhindar dari gigitan nyamuk.

3. Memasang kelambu atau kasa

Tidak lupa untuk memasang kelambu atau kasa anti nyamuk di setiap ventilasi udara bahkan jendela rumah untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan. 

4. Menggunakan pakaian panjang

Selain menggunakan body lotion anti nyamuk saat berpergian, kamu juga perlu menggunakan baju dan celana panjang, tambahkan kaos kaki serta sepatu agar terhindar dari gigitan nyamuk saat beraktivitas di luar rumah.

5. Memberantas sarang nyamuk

Memberantas sarang nyamuk atau melakukan fogging pada lingkungan tempat tinggal merupakan langkah utama yang dilakukan untuk melindungi diri dari demam berdarah. 

Baca juga:
Demam Berbahaya Atau Tidak?
Atasi Demam Dengan 6 Bahan Herbal Ini…

Dengan melakukan pencegahan dan juga menjaga kebersihan diri serta lingkungan, maka risiko terkena demam berdarah atau DBD dapat diminimalkan.

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here