Manfaat Yang Tersembunyi Dari Ikan Gabus

0
163
photo by : unsplash-brianpatricktagalog
- Advertisement -

Memiliki nama latin Channa striata. Ikan gabus hidup di perairan yang belum tercemar oleh limbah atau bahan kimia. Ikan kecil, serangga, keong, berudu atau anak katak adalah makanan dari ikan gabus karena ikan ini termasuk ikan predator. Ikan yang hidup di wilayah Asia Selatan, Tiongkok bagian selatan hingga wilayah Asia Tenggara termasuk juga hidup di sebelah barat Indonesia. Ternyata memiliki sumber protein  yang lebih tinggi dari ikan lain sebesar 25,5%, bahkan lebih tinggi dari ikan sarden dan ikan bandeng sebesar 21,0% dan 20,0%.

Keistimewaan dari ikan gabus ini ternyata memiliki kandungan albumin yang tinggi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Albumin adalah protein yang larut dan berperan untuk mengikat obat-obatan yang tidak mudah larut, mempercepat proses penyembuhan luka dan luka pasca operasi. 

Ada banyak manfaat tersembunyi dari ikan gabus, berikut beberapa manfaatnya :

Memperbaiki gizi buruk

Manfaat ikan gabus yang pertama adalah untuk membantu memperbaiki gizi buruk. Penderita gizi buruk paling banyak dialami oleh anak-anak balita,  bayi bahkan ibu hamil. Nutrisi dalam ikan gabus cukup memenuhi kebutuhan gizi karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
photo by : unsplash – olga guryanova

Manfaat ikan gabus yang kedua  yaitu untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak, bahwa kandungan albumin yang tinggi didalam ikan gabus berfungsi dalam proses pembentukan jaringan baru, serta kandungan asam amino dan asam lemak yang memiliki efektifitas tinggi terhadap proses penyembuhan luka. 

Kedua senyawa berperan penting dalam membantu proses pembentukan kembali jaringan epitel dan kolagen pada kulit terutama yang terluka. Baik luka bakar ataupun luka pasca operasi.

Sehat untuk pencernaan

Struktur daging ikan gabus sangat empuk dan lembut, oleh karena itu dapat menghindarkan resiko iritasi pada pencernaan. Selain itu, ikan yang masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan ikan lele ini mudah dicerna karena memiliki kandungan kolagen yang lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi.

Bermanfaat untuk ibu hamil 
photo by : unsplash-aliciapetresc

Ibu hamil sangat membutuhkan nutrisi yang bergizi tinggi untuk perkembangan janin yang ada di dalam rahimnya. Contohnya seperti protein, sebesar 100 gram daging ikan gabus cukup untuk memenuhi asupan protein untuk ibu hamil. 

Jenis ikan air tawar ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan nilai gizinya pun cukup beragam seperti lemak, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin A dan air.  Oleh karena itu, perbanyak konsumsi ikan terutama ikan gabus sangat dianjurkan untuk kesehatan dan kebutuhan gizi ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. 

Membantu proses penyembuhan beberapa penyakit

Kandungan albumin dalam ikan gabus bermanfaat mengikat obat-obatan yang masuk kedalam darah, sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit. 

Selain manfaat diatas masih banyak lagi manfaat albumin dalam ikan gabus yang sangat baik untuk kesehatan. Konsumsi ikan gabus secara rutin juga mencegah masuknya kuman usus kedalam pembuluh darah, mengikat protein dalam darah, membantu mengobati infeksi paru-paru, dan anti inflamasi. 

_____________________________________________________________________

Sumber :

  • Mongbay – manfaat ikan gabus https://www.mongabay.co.id/2015/03/18/manfaat-ikan-gabus-sumber-protein-tinggi-penyembuh-penyakit/
  • UJI EFEK EKSTRAK IKAN GABUS (Channa striata) PADA LUKA SAYAT DENGAN TIKUS PUTIH JANTAN GALUR WISTAR YANG DIBERIKAN SECARA ORAL Oleh: ARIQ ALAUDDIN NIM :I 22111021 PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK 2016 
  • ORIGINAL ARTICLE KARAKTERISTIK KANDUNGAN ALBUMIN PADA JENIS IKAN DI PASAR TRADISIONAL KOTA MAKASSAR Characteristic Of Albumin Content of Fish Type at Traditional Market in Makkassar Saskiyanto Manggabarani1*, Nurhafsah2 , Asriani I. Laboko3 , Masriani4 
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here