Pepaya, Si Orange Yang Banyak Manfaat

2
186
Photo by Pxhere.com
- Advertisement -

Cintajamu.id – Carica pepaya atau biasa dikenal dengan nama Pepaya merupakan tumbuhan serbaguna, dimana buahnya mengandung zat antioksidan yang tinggi. Tumbuhan ini berasal dari bagian utara Amerika Selatan dan bagian selatan Meksiko, dan telah menyebar luas serta semakin banyak ditanam di seluruh daerah tropis.

Pada umumnya buah pepaya diketahui memiliki manfaat yang dapat membantu melancarkan buang air besar dan memperbaiki masalah pada saluran pencernaan. Ternyata buah pepaya memiliki manfaat lain bagi tubuh.

Kandungan & Manfaat

Pepaya merupakan salah satu buah yang hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan, mulai dari akar, daun, biji, dan buah. Di dalam buah pepaya terdapat vitamin C, folat, flavonoid, asam pantotenat/vitamin B5, vitamin A, magnesium, kalium, vitamin E, serat, dan mineral. Kandungan enzim buah pepaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Selain itu, daun dan akarnya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, seperti: 

1) Menjaga kesehatan jantung

Vitamin C dan likopen (Lycopene) dalam pepaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Buah pepaya juga dapat meningkatkan kemampuan kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL).

Baca Juga: Berjuta Manfaat Bawang Putih Hingga Mampu Memelihara Kesehatan Jantung

2) Menghancurkan gumpalan darah

Pembekuan darah yang ada di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Hal ini akan menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. Getah buah pepaya dapat merangsang pembentukan kapiler-kapiler baru (angiogenesis), fibroblast di dalam gumpalan fibrin yang bisa meningkatkan aliran darah dan meningkatkan protein pada daerah luka.

3) Mempercepat penyembuhan luka

Selain dapat menghancurkan gumpalan darah, getah buah kelapa juga bisa mempercepat penyembuhan luka. Berdasarkan hasil penelitian dari Jurnal Medika Veterinaria, penyembuhan luka dengan pemberian getah buah pepaya 5 sampai 6 hari lebih cepat bila dibandingkan dengan pemberian povidone iodine (obat luar yang berfungsi sebagai antiseptic) sebanyak 6 sampai 7 hari waktu penyembuhan. Getah buah pepaya ini bisa dijadikan alternatif pada pengobatan tradisional dalam penyembuhan luka, terutama luka insisi atau luka sayat.

4) Membantu mengurangi peradangan

Kandungan buah pepaya yaitu enzim papain dan chymopapain yang memiliki efek antiinflamasi dan bisa mengurangi risiko penyakit kronis. Selain itu, enzim ini juga dapat mengobati peradangan seperti edema.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pemberian ekstrak etanol buah Carica papaya L dapat menurunkan peradangan.

5) Menyehatkan tulang dan membantu proses pembentukan tulang

Dengan mengonsumsi buah pepaya akan mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Vitamin yang ada di dalam buah pepaya merupakan senyawa organik yang diperlukan bagi tubuh dalam proses pertumbuhan dan memelihara kesehatan.

Vitamin akan mengatur metabolisme, mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi dan akan membantu pembentukan tulang dan jaringan. Oleh karena itu, buah pepaya bagus dikonsumsi oleh balita.

6) Menjaga kesehatan mata

Pada pengobatan herbal, getah buah pepaya dapat menjaga kesehatan mata khususnya bagian retina mata. Seperti yang diketahui, buah pepaya memiliki banyak sekali vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Jadi rajinlah mengonsumsi buah pepaya  agar terhindar dari risiko mata kering.

7) Sebagai cadangan energi

Pepaya termasuk kedalam buah tropis yang dapat memberikan cadangan energi pada tubuh sehingga kamu tidak akan merasa lelah. Buah pepaya sangat pas dikonsumsi ketika bulan puasa, karena akan membuat tubuh tidak mudah lelah. Tidak hanya itu lho, buah pepaya juga membantu tidur kamu menjadi nyenyak setiap malamnya dan tidak lagi mengalami insomnia.

8) Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C 33 persen lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Pepaya juga dipercaya dalam membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

9) Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Antioksidan seperti vitamin, dan mineral dalam buah pepaya sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Vitamin dan mineral bekerja untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengonsumsi pepaya secara rutin, akan menciptakan lapisan pelindung dalam tubuh terhadap serangan virus dan bakteri yang menyebabkan flu, pilek dan batuk.

Baca juga:
Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan
Manfaat Lemon
10 Macam Buah Untuk Menurunkan Berat Badan
Carica papaya L

Konsumsi buah pepaya, banyak nutrisi, banyak juga manfaatnya yang didapat. Seperti itulah keunggulan buah pepaya.


Sumber:

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

2 COMMENTS

  1. This article is one of the best articles I have ever read.
    Congratulations to the author, I distributed the article to my friends.
    I want to be helpful and share how I got rid of sleep problems, maybe
    help someone: https://bit.ly/2JYrQKw
    Good Luck!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here