Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

0
224
kacang hiaju (credit : pixabay/PDPics)
- Advertisement -

Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau, isian onde-onde, atau dijadikan cemilan lainnya. Meski dianggap sebagai camilan, ternyata kacang hijau memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kacang hijau termasuk kedalam kacang-kacangan yang memiliki manfaat bagi kesehatan sehari-hari sebagai sumber pangan yang memiliki protein nabati yang tinggi. Kacang hijau juga mengandung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K serta Folat, Zinc, Fosfor, Kalium, dan Zat Besi. Nutrisi lain yang ada pada kacang hijau adalah karbohidrat, mangan, magnesium dan selenium yang semuanya bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Kacang Hijau

  1. Sebagai sumber energi yang lengkap

Sebagaimana kita ketahui bahwa kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Seperti protein yang lengkap, serat, lemak sehat, vitamin dan mineral serta zat fitokimia bermanfaat lain. Hal ini lah yang membuat kacang hijau menjadi salah satu alternatif sumber nutrisi.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang hijau mengandung flavonoid yang berperan penting sebagai anti-inflamasi dan anti-mikroba yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh.

  1. Mengatasi anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang ringan namun akan sangat berbahaya jika tidak segera diobati. Seseorang yang terkena anemia disebabkan karena berkurangnya sel darah merah pada tubuh, padahal sel darah merah berperan penting untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
Zat besi yang terkandung dalam kacang hijau sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Kacang hijau sangat dianjurkan bagi mereka yang mengidap anemia.

  1. Menjaga berat badan tetap stabil

Kacang hijau sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet, karena kacang hijau mampu mengontrol nafsu makan dan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kandungan zat zinc pada kacang hijau mampu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Selain itu juga kandungan phytoestrogen membantu memproduksi kolagen pada tubuh dan menjaga keelastisitasan kulit dan menjaga penuaan dini.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu juga kandungan serat pada kacang hijau bermanfaat dalam menjaga fungsi usus sehingga mampu melancarkan pencernaan dan menurunkan tekanan darah.
Di dalam 100 gram kacang hijau setidaknya mengandung 347 kalori dan 1,15 gram lemak. Dengan mengkonsumsi kacang hijau secara teratur membantu penderita kolesterol dalam menurunkan kadar kolesterol pada tubuh karena kandungan lemak yang rendah.

  1. Mengurangi efek PMS

Kandungan vitamin B, B6 dan Folat pada kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS .
Mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu wanita dari resiko anemia. Keluhan anemia memang lazim diderita oleh wanita terutama bagi mereka yang mengeluhkan haid berkepanjangan dan dalam jumlah yang banyak.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Bubur kacang hijau baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan magnesiumnya dan kacang hijau juga memiliki kadar indeks glikemik yang rendah dan mampu menurunkan kadar gula darah.

  1. Melindungi liver

Liver merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh yang memiliki fungsi mengendalikan kadar gula darah, kolesterol, lemak, energi, protein dan residu, serta toksin dalam tubuh. kacang hijau memiliki  manfaat untuk kesehatan hati.
Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ada pada kacang hijau, diantaranya flavonoid, polifenol, asam fenolik, tanin dan beberapa zat fitokimia lainnya yang terbukti efektif dalam memperbaiki fungsi hati.

  1. Menguatkan tulang

Kacang hijau mengandung kalsium, magnesium, tembaga dan selenium yang bisa menguatkan tulang. Kacang hijau memiliki kemampuan menjaga kepadatan tulang dengan mencegah larutnya kalsium dalam darah. Larutnya kalsium ini akan menurunkan kepadatan tulang, sehingga mengakibatkan kenaikan tekanan darah.

  1. Sangat baik untuk janin dan anak-anak

Kacang hijau mengandung beberapa nutrisi yang berperan aktif dalam proses pertumbuhan, baik pertubuhan pada janin atau pun pada anak-anak. Kandungan isoflavon dalam kacang hijau juga baik untuk keseimbangan hormonal.
Kacang hijau berperan dalam pertumbuhan tulang, menstimulasi fungsi otak dan membantu meningkatkan massa otot membuat tubuh jadi sehat.

Itulah 11 manfaat kacang hijau yang bisa anda dapat dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Jadikanlah kacang hijau sebagai salah satu makanan favorit seluruh keluarga Anda. Semoga bermanfaat

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here