Banyak Manfaatnya, Bersepeda Jadi Hobi Baru Millennial

0
446
Photo by pexels/roman
- Advertisement -

Cintajamu.id – Agar tetap bugar dan sehat, tentu tubuh harus aktif secara fisik. Melakukan aktivitas fisik yang teratur dapat membantu melindungi diri dari penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.

Mengendarai sepeda merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan terkait gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Bersepeda bisa dikatakan sebagai olahraga ringan yang dapat dilakukan ketika pagi hari ataupun sore hari. Kegiatan ini bisa diaplikasikan terhadap aktivitas keseharian, seperti pergi ke minimarket, sekolah, tempat kerja atau ke taman.

Dengan bersepeda, kesehatan mental akan meningkat dan dapat mengurangi kemungkinan banyak masalah kesehatan lainnya. Alat transportasi bebas polusi yang kini semakin digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena mengendarai sepeda merupakan olahraga yang sehat, menyenangkan, dan berdampak rendah untuk semua umur.

Apa saja manfaat dari bersepeda?

1) Obesitas dan mengontrol gula darah

Kurangnya aktivitas fisik dianggap menjadi alasan utama masalah kesehatan yang serius. Penelitian yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa orang yang bersepeda 30 menit per hari memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena diabetes.

Oleh karena itu, cara terbaik mengurangi atau mengontrol berat badan adalah dengan bersepeda, karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membangun otot dan membakar lemak tubuh. Jika ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda, jangan lupa untuk kombinasikan dengan makanan yang sehat.

2) Mengurangi risiko kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Bersepeda dengan teratur akan merangsang dan meningkatkan jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah, hal ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3) Mengurangi rasa cemas/stres
Photo by pexels/andrea

Efek latihan dan kenyamanan ketika bersepeda akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental. Sehingga hal ini akan mengurasi rasa seperti depresi, stres dan gangguan kecemasan pada seseorang.

Baca Juga:
Jaga Kesehatan Tubuh Di Era New Normal
5 Cara Mengatasi Rasa Malas dengan Gaya Hidup Sehat
Olahraga Dan New Normal, Amankah Pakai Masker?
4) Baik untuk jantung, tulang dan otot

Mengendarai sepeda baik untuk jantung dan juga otot, dan itu dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat membantu mencegah jatuh dan patah tulang.

Mengendarai sepeda adalah bentuk olahraga yang ideal bagi penderita osteoarthritis, karena olahraga ini berdampak rendah yang tidak memberi tekanan pada persendian.

6) Mencegah kanker

Seperti yang dilansir oleh Better Health Channel, banyak peneliti telah mempelajari hubungan antara olahraga dan kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar. Penelitian menunjukkan bahwa dengan bersepeda, kemungkinan kanker usus akan berkurang. Beberapa bukti lain menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur mengurangi risiko kanker payudara.

7) Menjaga kualitas tidur yang baik

Aktivitas kardiovaskular yang sedang hingga berat seperti bersepeda terbukti mampu meningkatkan kebugaran, sehingga membuat kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik. 

Dengan bersepeda tubuh akan tetap ramping, bugar dan pastinya mendapatkan manfaat yang baik jika dilakukan secara teratur. Karena ketika bersepeda semua organ di dalam tubuh bekerja, mulai dari jantung, pembuluh darah, hingga paru-paru. Kemudian akan bernapas lebih dalam, berkeringat dan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang akan meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan.


Sumber:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here