Makanan Untuk Penderita Asam Urat

0
209
- Advertisement -

 

Hola sob, mungkin sering diantara kita mendengar kata asam urat, tapi sobat tau gak sih penyakit asam urat itu apa? Nah kali ini team CJ mencoba untuk memberi tahu sobat setia CJ semua makanan penyebab asam urat selain keripik enak yang mempunyai nama emping.

Penyakit asam urat adalah kondisi kelebihan purin dalam darah karena tidak sempurnanya metobolisme tubuh sob, purin pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk dirubah menjadi asam urat, karena jumlah purin berlebih dalam darah yang berakibat juga berlebihnya kadar asam urat pada darah, karena kadar asam urat yang tinggi mengakibatkan penumpukan kristal didalam jaringan sendi dan menyebabkan kondisi nyeri pada sendi sob, makanya sering banget dihubungkan nyeri pada sendi adalah asam urat sob, padahal menurut Health line, banyak kasus hiperurisemia atau asam urat tidak di ketahui sob, pada beberapa kasus, kondisi medis atau terapi obat, juga dapat menyebabkan gejala gout.

Selain itu ada beberapa hal yang yang menjadi factor resiko penyakit asam urat, berikut adalah factor-faktornya :

 

  1. Anemia hemolitik
  2. Diabetes
  3. Hipertioidtisme
  4. Kegemukan atau obesitas
  5. Kolesterol yang tinggi
  6. Mengkonsumsi alkohol
  7. Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  8. Memiliki penyakit pada ginjal
  9. Mempunyai Riwayat asam urat
  10. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, contohnya imunosuoresan, diuretic tiazid, levodopa, niasin atau aspirin dosis rendah

Makanan pemicu asam urat

 

Nah setelah dijelaskan di atas tentang apa itu asam urat dan beberapa faktor-faktornya ternyata ada juga sob daftar makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi, untuk orang-orang dengan faktor resiko asam urat yang tinggi disarankan untuk menghindari makanan dengan kadar purin tinggi, nah berikut adalah daftar makanan dengan kadar purin 100mg – 1000mg purin per 100gr, dan mungkin patut sobat waspadai :

  1. Semua makanan dan minuman yang mengandung alcohol termasuk tape ketan dan makanan ber-ragi lainnya.
  2. Angsa
  3. Bebek
  4. Ikan sarden
  5. Herring atau ikan-ikan kecil
  6. Makarel
  7. Kerang
  8. Remis
  9. Lobster

Foto oleh form PxHere

  1. Kepiting
  2. Telur ikan
  3. Makanan kalengan yang diawetkan contohnya seperti kornet dan sarden
  4. Buah-buahan yang dapat berubah menjadi alcohol di dalam perut, contohnya durian, kelapa, kopyor, alpukat dan air kelapa. Walau kadar purinnya kecil tapi dalam jumlah besar dapat menjadi alkohol, jadi buah-buahan diatas harus dibatasi konsumsinya ya sob.

Nah jadi itu sob makanan di atas yang mengandung kadar purin kategori sedang sampai sob, untuk sobat atau kerabat sobat yang mempunyai resiko asam urat lebih baik di batasi ya konsumsi bahan-bahan di atas, lalu di bawah ini juga kami akan sampaikan makanan-makanan dengan kadar purin sedang sampai rendah sob dengan kadar 9mg – 100mg purin per 100gr, apa aja bahannya sob? Yuk kita lihat dibawah ini :

Ikan laut atau ikan air tawar, kecuali yang Namanya di sebut dalam daftar di atas ya sob.

  1. Daging ayam
  2. Daging sapi
  3. Kacang kering dan hasil dari olahannya seperti tempe, tahu dan oncom.

Foto oleh form PxHere

  1. Sayuran sepeti kembang kol, asparagus, kangkung, bayam, singkong, buncis dan kacang polong.

Pasti ada yang bingung kenapa emping gak boleh? Sebenarnya biji melinjo itu boleh di konsumsi yang jadi masalah adalah Ketika di olah jadi emping dengan berbagai prosesnya kadar purinnya meningnkat menjadi 150mg – 800mg per 100gr sob, nah itulah yang menjadikan emping harus dihindari oleh orang yang beresiko atau mengidap asam urat.

Mungkin segitu dulu sob, semoga tulisan ini bermanfaat untuk sobat semua, jangan lupa, share artikel ini ya sob, agar yang lain dapat mengetahui informasi ini.

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here