Kapulaga, Inilah Manfaat & Efek Sampingnya

0
612
- Advertisement -

Rempah-rempah memang sangat banyak jenisnya. Umumnya berbagai jenis rempah bisa dijadikan bumbu makanan hingga obat herbal. Salah satu jenis rempah yang sudah tidak asing di pasaran adalah kapulaga.

Menurut sejarahnya, kapulaga lebih dikenal sebagai penyedap masakan karena aromanya yang khas. Namun selain untuk rempah masakan, kapulaga juga bisa digunakan untuk membuat jamu dalam dunia pengobatan. Oleh karena itu, kapulaga termasuk salah satu rempah termahal di dunia dengan posisi ketiga setelah saffron dan vanili.

Kapulaga juga termasuk dalam keluarga jahe-jahean. Di Indonesia, kapulaga yang terkenal adalah kapulaga jawa dan kapulaga india. Yang memiliki bentuk seperti kacang arab, namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar, kulitnya tipis, warnanya merah sampai coklat tua, dan bentuknya bulat.

Manfaat kapulaga bagi kesehatan

  • Mengurangi stress

Kapulaga ampuh sebagai obat herbal yang memiliki antidepresan. Mengkonsumsi dan juga menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan. Konsumsi kapulaga secara rutin dapat membuat mood membaik dan bisa mengurangi stress.

  • Melancarkan pencernaan

Kapulaga sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan, karena kapulaga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, terdapat 2gr serat untuk setiap satu sendok kapulaga. Maka dari itu, kapulaga sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.

  • Mencegah infeksi

Kapulaga memiliki sifat antimikroba, sehingga kapulaga mampu untuk melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang bisa menyebabkan infeksi dan gangguan dalam tubuh. Jadi bisa dikatakan bahwa kapulaga adalah salah satu jenis obat herbal yang umpuh untuk meningkatkan sistem ketebalan tubuh. 

  • Obat nyeri

Kapulaga memiliki sifat analgesic yang mampu untuk meredakan rasa nyeri. Selain itu, kapulaga juga ternyata memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menyembuhkan berbagai macam peradangan yang mungkin menjadi penyebab nyeri yang dirasakan. dan inilah beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh kapulaga akibat nyeri antara lain sakit gigi, gusi bengkak, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi.

  • Baik untuk tulang

Kapulaga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tulang. Beberapa diantaranya adalah vitamin C dan juga mangan. Zat-zat ini memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga akan menghindarkan dari penyakit osteoporosis.

  • Mengobati batuk dan pilek

Kapulaga bisa memberikan efek menenangkan dan juga membantu mengencerkan dahak, pernapasan pun menjadi lrbih lancar. Rasa dari kapulaga juga mampu untuk memberikan efek hangat sehingga bisa juga untuk terhindar dari kedinginan.

  • Kesehatan mulut dan tenggorokan

Kapulaga dengan sifat antiinflamasinya bisa meredakan gejala seperti sariawan hingga radang tenggorokan. Kapulaga juga dipercaya ampuh untuk meredakan napas tidak sedap dan membuat napas menjadi lebih segar.

  • Menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing

kapulaga juga ampuh untuk mengatasi masalah buang air kecil. Kapulaga memiliki sifat diuretic yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kapulaga juga ampuh untuk mencegah penyakit infeksi saluran kemih dan juga peradangan pada ginjal.  Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.

Meski banyak manfaat kapulaga yang ditawarkan, penggunaan kapulaga tetap saja menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Efek samping kapulaga

  • Kolik batu empedu
  • Dermatitis kontak

Tapi tidak semua orang mengalami efek samping diatas mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum diatas, jika anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silahkan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter. 

Keamanan apa yang harus diketahui sebelum mengkonsumsi kapulaga?

Simpan suplemen kapulaga jauh dari sinar matahari dan kelembapan, gunakan tepat sebelum makan.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan resikonya, konsultasikan dengan ahli herbal dan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah kapulaga?

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa kapulaga tidak aman untuk digunakan. Namun, memang efek samping lanjutan belum diketahui, karena harus dilakukan penelitian lebih dalam lagi.

Tak ada bukti juga apakah rempah-rempah ini aman atau tidak untuk ibu hamil dan menyusui. Akan tetapi, jika anda sedang hamil atau menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya.

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here