4 Langkah Mencuci Tangan Agar Kulit Tidak Kering

0
440
Photo by freepik
- Advertisement -

Cintajamu.id – Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus covid-19, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kebersihan diri mulai dari mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir. Namun dikarenakan terlalu sering mencuci tangan membuat kulit tangan menjadi kering, pecah-pecah, terkelupas, melepuh, bahkan muncul ruam dan luka.

Biasanya hal tersebut terjadi di area punggung tangan dan sela-sela jari, karena kulit area ini lebih tipis bila dibandingkan kulit bagian telapak tangan. Tak hanya itu, keluhan-keluhan tersebut juga lebih sering dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif atau pernah mengalami dermatitis kontak (ruam kulit yang disebabkan oleh kontak zat tertentu).

Solusi Agar Kulit Tidak Kering Akibat Cuci Tangan 

Berhenti mencuci tangan atau tidak menggunakan hand sanitizer bukanlah langkah yang tepat. Pada kondisi new normal menjaga kebersihan diri sangatlah penting sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Photo by freepik

Agar tangan tidak kering akibat terlalu sering mencuci tangan lakukan langkah-langkah berikut ini:

1) Gunakan air dengan suhu yang nyaman

Mencuci tangan dengan menggunakan air hangat mungkin membuat orang terasa lebih nyaman. Sebenarnya, mencuci tangan menggunakan air hangat atau suhu yang biasa tidaklah masalah. Namun, janganlah mencuci tangan menggunakan air panas, karena itu akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Kulit akan meleleh dan kelembaban kulit juga akan menghilang.

2) Tidak salah memilih sabun

Walaupun mencuci tangan menggunakan sabun, tapi tidak semua sabun baik buat kulit. Cermatilah ketika memilih sabun cuci tangan, pilih sabun yang memberikan kelembaban pada kulit. Misalnya, produk yang mengandung gliserin atau gliserol. Selain itu, sebaiknya gunakan sabun cair daripada sabun batang, karena sabun batang biasanya memiliki pH yang lebih tinggi yang bisa membuat kulit kering.

3) Keringkan tangan dengan benar

Setelah mencuci tangan, keringkan tangan dengan benar. Pastikan untuk mengeringkan tangan secara menyeluruh setelah membersihkannya. Gunakan handuk, kain lap, atau tisu bersih untuk mengeringkan tangan. Cukup tepuk-tepukkan dengan lembut ke tangan.

Penggunaan mesin pengering tangan tidak dianjurkan. Karena hembusan dari alat pengering mengeluarkan udara panas yang dapat membuat tangan menjadi terlalu kering, kasar, dan iritasi.

4) Oleskan pelembab

Untuk menjaga kulit agar tidak kering akibat sering mencuci tangan, gunakanlah krim pelembab setelah mencuci tangan, sebelum tidur atau ketika tangan terasa kering. Pelembab yang bisa kamu gunakan berupa krim atau salep dan pilih pelembab yang mengandung:

    • Oklusif, yaitu bahan yang bisa mencegah hilangnya air dari kulit
    • Humektan, yaitu bahan yang bisa mempertahankan kelembaban kulit
    • Emolien, yaitu bahan yang bisa melembutkan dan menenangkan kulit

Membersihkan tangan menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan. Dengan mencuci tangan yang benar akan menekan penularan bakteri dan virus, termasuk virus corona. Selain terhindar dari penularan virus, mencuci tangan dengan benar membuat kulit menjadi tidak kering, iritasi, dan mengelupas.

Baca Juga:

Sumber:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here