Kaum Milenial Rentan Depresi Hingga Kecanduan Alkohol

0
166
Photo by Levi Guzman on Unsplash
- Advertisement -

Generasi milenial atau disebut juga generasi Y merupakan istilah yang menggambarkan orang-orang yang lahir sekitar tahun 1980 sampai 2000. Mereka sering kali dituntut selalu kreatif, produktif dan melek teknologi saat ini. Generasi milenial juga sangat suka dengan tantangan dan hal-hal baru. 

Namun dari itu semua ada penyakit  yang rentan dialami kaum milenial. Menurut lembaga  Blue Cross Blue Shield Association (BCBSA) mengungkapkan hasil riset mereka tentang kesehatan generasi milenial yang akan menurun dengan seiring bertambahnya usia mereka. Padahal kalau dilihat-lihat, mereka lebih peduli dengan gaya hidup sehat dibanding dengan generasi-generasi sebelumnya. Blue Cross Blue Shield Association (BCBSA) merupakan organisasi dan perusahaan yang menyediakan layanan asuransi bagi 100 juta orang yang berpusat di AS. Menurut hasil riset dari BCBSA ada 10 masalah kesehatan yang umum diderita oleh generasi milenial. 

Masalah kesehatan yang Rentan Dialami Kaum Milenial

Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang aktif, produktif, kreatif dan sangat peduli dengan gaya hidup sehat. Namun pada kenyataannya ternyata generasi milenial lebih rentan menderita penyakit. Jika kamu termasuk generasi milenial, ada baiknya kamu perlu tahu tentang masalah kesehatan atau penyakit yang perlu diwaspadai dan dicegah sebelum terjadi. Berikut ini masalah kesehatan yang perlu diwaspadai oleh generasi milenial diantaranya : 

    • Depresi  

Masalah kesehatan pertama yang sering dialami oleh generasi Y bukan berkaitan dengan masalah fisik, justru mereka lebih rentan dengan gangguan psikisnya. Depresi merupakan ancaman bagi generasi milenial. Hal ini terbukti karena banyaknya pengakuan diri kaum milenial tentang kejiwaannya. Selain itu juga karena terlalu besarnya tuntutan dan ekspektasi terhadap lingkungan dan diri sendiri. Sikap kompetitif juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya depresi pada generasi milenial. 

    • Gangguan Lambung 

Seperti yang kita ketahui, generasi milenial itu generasi yang produktif dan giat dalam bekerja dan menghasilkan sesuatu. Mereka yang produktif dan giat bekerja rentan menderita sakit kepala dan stress. Untuk mengatasi stress dan sakit kepala, banyak dari mereka yang minum obat yang mengandung ibuprofen

Ibuprofen memang bisa mengurangi sakit kepala dan stress, namun jika terlalu sering mengkonsumsinya juga bisa menimbulkan efek bagi lambung. Selain itu juga kebiasaan buruk generasi milenial yaitu sering menunda makan alhasil bisa berefek pada lambung. 

    • Kecanduan Alkohol 

      Photo by Kelsey Chance on Unsplash

Banyak dari kaum milenial bahkan yang masih usia sekolah sudah mencoba minuman beralkohol. Biasanya mereka minum alkohol untuk menghilangkan penat dan stress. Terlalu sering minum alkohol bisa menimbulkan kecanduan atau addict. 

    • Hipertensi (Tekanan darah tinggi)

Jangan beranggapan bahwa darah tinggi (hipertensi) hanya diderita oleh orang yang tua saja. Nyatanya banyak dari mereka yang umurnya masih muda juga memiliki hipertensi (darah tinggi). Gaya hidup yang tidak tepat lah yang menyebabkan kaum milenial menderita hipertensi. Mereka cenderung lebih menyukai gaya hidup instan salah satunya seringnya makan makanan cepat saji dan mengandung MSG. Selain itu juga merokok dan minuman beralkohol juga menjadi penyebabnya. 

Baca juga :

Masalah kesehatan yang bisa saja dialami oleh generasi milenial adalah gangguan psikotik. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi dan delusi. Halusinasi merupakan keadaan dimana penderitanya mengalami hal-hal yang tidak nyata. Sedangkan delusi adalah keadaan dimana penderita mengalami hal yang tidak benar-benar terjadi. Gangguan psikotik rentan terjadi pada generasi milenial, karena tingkat stress yang tinggi. 

    • Narkoba 

Sama halnya dengan alkohol, pengguna narkoba juga banyak dari kalangan milenial bahkan tak hanya sebagai pengguna tapi juga pengedar. Rasa keingintahuan yang tinggi dan efek dari lingkungan yang membuat mereka terdorong untuk mencoba. Efek dari narkoba bisa membuat kecanduan hingga kematian. 

    • Kecanduan Nikotin

      Photo by Rainier Ridao on Unsplash

Rokok sudah menjadi teman sejati di kalangan milenial. Pengguna rokok tak hanya dari kaum laki-laki saja, perempuan pun sudah banyak yang merokok. Terlebih sejak munculnya vape atau rokok elektrik. Mau jenis apapun rokoknya sama-sama bisa menimbulkan penyakit ringan hingga kematian.  

    • Hiperaktif

Generasi milenial dikenal aktif dan kreatif. Karena terlalu aktif, membuat mereka tidak memiliki waktu banyak untuk beristirahat. 

Penyebab menurunnya tingkat kesehatan di kalangan milenial disebabkan karena beberapa faktor antara lain : 

    • Perkembangan teknologi 
    • Pemberitaan di media yang berlebihan 
    • Jiwa kompetitif 
    • Jam kerja yang tidak menentu 
    • Keadaan rumah yang sudah tidak sehat

Itu beberapa masalah kesehatan yang perlu diwaspadai oleh generasi milenial. Untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut apa yang harus dilakukan ? yang paling utama kamu harus merubah pola hidup. Selain itu jika sedang banyak pikiran cobalah untuk menceritakan kepada teman dekatmu agar terhindar dari stress. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. 


Sumber : 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here