Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi?

0
75
Coffee cup and beans (by freepik/master1305)
- Advertisement -

Cintajamu.id – Saat ini kopi bukan lagi minuman yang dianggap ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk, tapi kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Terbukti dari banyaknya café yang menyediakan berbagai varian kopi. 

Dibalik rasanya yang pahit, secangkir kopi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah diabetes tipe II, mencegah kanker, mencegah penyakit metabolik, mengurangi sakit kepala hingga menjaga memori dan mencegah kepikunan.

Walaupun memiliki banyak manfaat, mengonsumsi kopi tetaplah sesuai aturannya. Ada waktu tertentu dan larangan yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi kopi. Jika aturan tersebut diabaikan, tubuh bukan lagi menerima manfaat tapi kopi akan merugikan kesehatan.

Penyebab Jantung Berdebar

Salah satu kejadian yang paling banyak dialami seseorang setelah mengonsumsi kopi ialah perubahan ritme detak jantung, yang menyebabkan jantung berdebar dan berdetak lebih cepat dari biasanya. Kondisi seperti ini disebut sebagai palpitasi.

Kafein pada kopi akan merangsang sistem saraf pusat jantung berdebar, yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Setiap orang bereaksi terhadap kafein dengan cara berbeda. Ada beberapa orang yang tidak mengalami gejala apapun dan ada yang mengalami efek samping setelah mengonsumsi kafein.

Kondisi ini tergantung seberapa sering dan seberapa banyak mengonsumsi kafein. Jika tidak terbiasa mengonsumsi kafein, kemungkinan tubuh akan mengalami palpitasi jantung. Kemungkinan lainnya ialah jika tubuh memang sensitif terhadap kafein sehingga memicu reaksi jantung berdebar setelah minum kopi.

Berapa Banyak Kopi Yang Baik Dikonsumsi?

Seperti yang dilansir oleh healthline.com, meminum 4 sampai 5 cangkir kopi per hari menunjukkan bukti terkait kesehatan tubuh. Dosis tersebut merupakan dosis yang aman bagi kebanyakan orang dewasa untuk menghindari rasa kecemasan yang berlebihan ketika mengonsumsi kopi di pagi hari.

Ketahuilah jika tubuh menunjukkan rasa tidak nyaman setelah mengonsumsi kopi, segera hentikan konsumsi kopi untuk sementara waktu atau hindari minum kopi sama sekali.

Artikel Terkait:

Beberapa Tips Sehat Minum Kopi

Image by pexels/engin

Kopi merupakan minuman populer yang dikenal karena efek stimulannya. Kopi dinilai memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Namun, jika mengonsumsinya dengan cara yang tidak baik, kopi akan memberikan dampak negatif pada tubuh.

Berikut ini adalah beberapa cara agar kopi tetap bermanfaat bagi tubuh:

    1. Minum kopi tanpa kafein setelah jam 2 siang
    2. Hindari penggunaan gula pada kopi
    3. Pilihlah kopi yang organik
    4. Jangan minum kopi terlalu banyak
    5. Tambahkan beberapa kayu manis ke dalam kopi
    6. Hindari creamers rendah lemak dan buatan
    7. Tambahkan beberapa kakao ke dalam kopi
    8. Seduhlah kopi menggunakan filter kertas
    9. Usahakan minum kopi satu cangkir sehari

Tidak lupa untuk mempertimbangkan konsumsi kopi di sore dan malam hari, karena dapat mengganggu kualitas tidur. Dengan melakukan beberapa tips tersebut bisa membuat cangkir kopi menjadi lebih sehat. 


Sumber:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here