Jamu Siap Jadi Teman Di Era New Normal

0
228
Photo by Pexels/HelenaLopes
- Advertisement -

Cintajamu.id – Di era New Normal ini banyak masyarakat sudah mulai merubah kebiasaannya dalam mengonsumsi minuman. Mulai dari yang biasanya tidak absen minum kopi, kini beralih ke minuman yang lebih sehat, yaitu jamu.

Minuman sehat ini dipercaya memiliki khasiat yang dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh yang bisa membantu menangkal penularan virus, terlebih saat ini banyaknya penularan virus corona. Sudah sejak berabad-abad lalu ramuan jamu ini ada dan menjadi tradisi bagi beberapa orang untuk minum jamu setiap hari.

Mengonsumsi jamu tidak akan menimbulkan efek samping. Sehingga aman dikonsumsi setiap hari demi melancarkan peredaran darah. Positifnya tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa kedepannya jamu is the new espresso.

Jamu adalah salah satu golongan obat tradisional berupa tumbuhan, hewan, mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan kecantikan serta dapat membantu pemulihan kesehatan dan pencegahan penyakit.

Masing-masing jamu memiliki manfaatnya dan khasiat yang berbeda. Berikut adalah jamu dengan manfaatnya:

1) Temulawak

 

photo by : freepik-alohapatty

Kandungan utamanya yaitu karbohidrat, protein, dan minyak atsiri yang terdiri atas kurkumin, turmerol, kamfer dan glukosida.  Kurkumin berfungsi sebagai anti inflamasi, anti peradangan, dan anti hepatotoksik (anti keracunan empedu).

Baca Juga: Benarkah Temulawak dapat menangkal Covid-19?

2) Jahe

Image by Couleur from Pixabay

Sejak jaman dahulu jahe banyak digunakan sebagai pengobatan herbal untuk berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, mual, demam, flu, hingga pencegahan penyakit kanker. Selain digunakan untuk pengobatan herbal, jahe juga umum digunakan dalam masakan Asia untuk menguatkan rasa pada kari, saus hingga sup.

Baca Juga: JAHE, Manfaat dan Efek Sampingnya

3) Brotowali

Tanaman Brotowali adalah tanaman obat yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang memiliki banyak manfaat dalam kesehatan terutama dalam menyembuhkan berbagai penyakit di dalam tubuh maupun luar tubuh. Manfaat dari tanaman Brotowali ini banyak terdapat pada bagian batang tanaman. Selain sebagai obat, brotowali juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga: Brotowali, Si Jamu Pahit yang Punya Banyak Khasiat Bagi Kesehatan

4) Sirih Kunci

Dauh Sirih (photo: pexels)

Jamu sirih kunci memiliki manfaat menurunkan berat badan. Selain menurunkan berat badan, daun sirih juga berfungsi mengatasi gatal-gatal, bau badan, dan detokasi. Selain itu jamu kunci bermanfaat menurunkan berat badan dengan cepat. Tidak hanya itu saja, temu kunci juga memiliki beberapa khasiat sebagai obat diare, obat keputihan, dan pelangsing tubuh.

Baca Juga: Cara Membuat Jamu Sirih Kunci Untuk Menurunkan Berat Badan, Easy!

Sumber:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here