Ini Yang Terjadi Ketika Tubuh Kekurangan Air Putih

0
251
Photo by Pexels/Andrea
- Advertisement -

Cintajamu.id – Berapa banyak air yang sudah kamu konsumsi dalam sehari? Setiap hari tubuh membutuhkan asupan air putih. Hal ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Ada sekitar 60% hingga 70% kandungan air dalam tubuh manusia. Air berperan penting bagi organ dalam tubuh, agar tubuh dapat bekerja dengan baik. Jika tubuh kekurangan air atau mineral maka akan mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi.

Berapa Banyak Air Yang Dibutuhkan?

Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda, dilihat dari kondisi tubuh, aktivitas yang dilakukan, dan kondisi cuaca. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air putih setiap hari.

Akibat Kurang Minum Air Putih

Image by pexels/meir

Dehidrasi dapat menyebabkan penumpukan limbah dan asam di dalam tubuh serta menyumbat ginjal. Akibat ginjal yang tersumbat, kemungkinan yang terjadi yaitu pembentukan batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Berikut beberapa penyakit yang timbul akibat kurang minum air putih:

1) Diabetes

Kurang minum air atau jarang minum air membuat seseorang ingin mengonsumsi makanan manis. Hal ini terjadi dikarenakan liver mengalami masalah dalam memecah glikogen menjadi glukosa untuk aliran darah.

Artikel Terkait:

2) Bau mulut

Saliva atau air liur yang ada di dalam mulut memiliki sifat antibakteri. Jika mulut kering akibat kekurangan cairan, bakteri akan mudah masuk ke dalam mulut dan membuat mulut menjadi bau. Jadi perbanyaklah minum air putih.

3) Sakit kepala

Rasa nyeri yang timbul dikepala bisa disebabkan oleh kurang minum air putih. Sakit kepala akibat dehidrasi biasanya dirasakan di seluruh kepala, termasuk bagian depan atau belakang. Terjadinya sakit kepala dikarenakan otak mengalami penyusutan sementara akibat kurang cairan.

Artikel Terkait: Jenis Sakit Kepala Yang Sering Terjadi

4) Kelelahan dan mudah mengantuk

Tubuh yang kekurangan cairan secara langsung mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Dehidrasi membuat darah akan menjadi lebih tebal, sehingga jantung bekerja lebih keras untuk menjaga oksigen dan nutrisi tetap bergerak ke seluruh sistem peredaran darah.

Akibat darah yang terhidrasi menyebabkan berkurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi mudah mengantuk dan kelelahan.

5) Memori terganggu dan sulit berkonsentrasi

Karena aliran darah yang lambat akibat kurang minum air, mengakibatkan terjadinya dehidrasi kronis yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan fungsi ginjal, hipertensi, hingga demensia.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012, wanita muda yang mengalami dehidrasi ringan berjuang untuk berkonsentrasi pada tugas sederhana. Meskipun tidak menunjukkan penurunan kemampuan mental, namun mereka cenderung menganggap latihan menjadi lebih sulit, dan sulit untuk tetap fokus. 

6) Sembelit

Kurang konsumsi air bisa membuat sistem pencernaan bekerja tidak optimal. Karena kurangnya asupan air di dalam usus menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terganggu.

7) Kulit kering dan keriput

Semakin kurang konsumsi air, maka semakin sedikit juga produksi keringat di tubuh. Hal ini akan membuat tubuh mengalami fungsi dalam membersihkan kelebihan kotoran dan minyak yang menempel pada tubuh. Dan kemudian akan membuat kulit menjadi kering.

Selain membuat kulit kering, kurang minum air juga membuat kulit menjadi keriput, muncul garis-garis halus, kulit menjadi kendur, dan tanda-tanda penuan lainnya. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan air, sehingga membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Aliran darah yang terhambat, ditambah kurang konsumsi air jangka panjang juga bisa membuat nutrisi dalam sel-sel kulit hilang.

Artikel Terkait:

Seseorang dengan tingkat dehidrasi parah akan menimbulkan gejala berupa tubuh lemas, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, sampai penurunan kesadaran. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu minum air putih.


Sumber:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here