Ikan Gabus Makanan Sehat Bagi Binaraga

0
474
Young caucasian bodybuilder sportsman lifting a barbell in fitness center, doing biceps training, close up
- Advertisement -

Agar mendapatkan postur tubuh yang berotot, maka Anda perlu melakukan latihan yang teratur. Untuk urusan latihan ini, Anda bisa melakukan beberapa jenis latihan pembentuk dan pembesar otot secara teratur. Latihan yang tepat dapat membantu mempertahankan sekaligus meningkatkan masa otot. Hal ini berlaku untuk berbagai usia.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Pertumbuhan Dan Pembentukan Otot

Jadi jika Anda ingin meningkatkan masa otot Anda, maka mulailah dengan latihan yang tepat dan lakukan secara teratur. Selain itu, tentukan target yang masuk akal. Mungkin Anda ingin secepatnya mendapatkan hasil dari apa yang Anda lakukan. Tetapi Anda tidak perlu tergesa-gesa karena untuk memperbesar masa otot memang diperlukan waktu yang tidak sedikit.

Selain itu, Anda juga membutuhkan nutrisi yang tepat. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan-makanan bergizi.

Salah satu makanan yang dapat Anda konsumsi setiap hari adalah ikan gabus. Manfaat ikan gabus untuk pertumbuhan dan pembentukan otot ini tidak perlu diragukan lagi karena ikan gabus sendiri memiiki sejumlah kandungan yang dapat membantu Anda meningkatkan masa otot.

Salah satu alasan kenapa manfaat ikan gabus untuk pertumbuhan dan pembentukan otot ini sangat diperlukan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan postur tubuh yang berotot adalah karena ikan gabus merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh Anda.

Protein sendiri sebenarnya bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan. Tetapi pada ikan gabus, kandungan proteinnya terbilang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding ikan mas yang memiliki kandungan protein sebesar 16,0% dan ikan kakap dengan kandungan protein sebesar 20,0%.

Ikan gabus mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas atau nila. Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein. Coba Anda bandingkan dengan kadar protein untuk per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

Makanan yang mengandung protein ini dapat dikonsumsi setelah melakukan latihan. Dengan begitu, tubuh akan memproduksi hormon anabolik yang dapat membantu peningkatan masa otot sekaligus mensuplai asam amino untuk sintesa protein dan menurunkan pemecahan protein.

Selain manfaat ikan gabus untuk pertumbuhan dan pembentukan otot, ikan predator ini juga memiliki manfaat lain, yaitu :

  • Menambah Pasokan Energi

Salah satu manfaat ikan gabus adalah mampu menambah pasokan energi. Dengan begitu tubuh pun tidak akan mudah lemas. Di dalam ikan gabus sendiri terkandung kalori yang cukup tinggi.

Jika Anda makan ikan ini sebanyak satu kilogram, maka  jumlah kalori yang akan Anda dapatkan adalah 690 KkaL atau setara dengan 2 piring nasi.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan dengan memperhatikan pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu asupan yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini adalah vitamin B1. Nah, vitamin B1 tersebut juga terkandung di dalam ikan gabus.

  • Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Ikan gabus memiliki kandungan albumin yang sangat tinggi. Nah, salah satu fungsi dari zat albumin ini adalah menjaga kestabilan regulasi cairan yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh pun tidak akan kekurangan cairan.

Demikianlah artikel ini yang mengulas Manfaat Ikan Gabus Untuk Pertumbuhan Dan Pembentukan Otot. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kehidupan kita. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar informasi jamu dan kesehatan di www.cintajamu.id

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here