Hilangkan Stres Dengan Minum Teh

0
552
Photo by Burst/pexels
- Advertisement -

Cintajamu.id – Stres merupakan masalah kesehatan yang paling banyak dialami oleh seseorang. Tidak hanya terjadi terhadap orang dewasa saja, tapi stres juga banyak dialami oleh anak-anak atau remaja.  Besarnya tuntutan dan ekspektasi terhadap lingkungan serta sikap kompetitif menjadi penyebab kaum milenial mengalami gangguan kesehatan ini.

Untuk mengatasi gangguan kesehatan, cobalah merubah gaya hidup dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Sebagai pelengkap teman makanan yang bergizi, teh menjadi pilihan tepat yang dapat kamu konsumsi selanjutnya. Kebiasaan minum teh ini pun menyebar luas ke berbagai penjuru di dunia, seperti di Indonesia, teh menjadi minuman yang difavoritkan ketika berbuka puasa.

Mengapa Harus Teh?

Teh diketahui sebagai resep tradisional yang disukai karena mampu memberikan refleksi terhadap pikiran dan menurunkan stres. Teh sudah dikonsumsi selama ratusan tahun dan kandungan dalam teh juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Di China sudah puluhan tahun teh digunakan sebagai minuman terapi untuk menyembuhkan penyakit.

Yang menjadi alasan utama teh bermanfaat bagi kesehatan yaitu karena adanya L-Theanine (asam amino yang membentuk protein) yang bisa membantu menyeimbangakan suasana hati, sehingga tubuh tidak mudah stres serta terhindar dari penyakit.

Jenis Teh Yang Bisa Dipilih

Beberapa macam teh yang memiliki manfaat bagi tubuh, antara lain:

    • Teh Hijau

Coba mulailah dengan konsumsi teh hijau. Bagi wanita, teh hijau dipercaya bisa mencegah penuaan, menjaga berat badan, dan membantu meredakan sakit kepala. Teh hijau memiliki manfaat bagi tubuh karena mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Tak hanya itu saja, teh hijau juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung. 

    • Chamomile

Teh ini sangat populer dikalangan pecinta teh, karena teh Chamomile merupakan teh herbal yang dibuat dari bunga Chamomile dan bebas kafein sehingga tidak akan meningkatkan gangguan kecemasan. Mengonsumsi teh Chamomile dapat membantu meredakan ketegangan nyeri otot dan sakit kepala yang disebabkan oleh stres. Ditambah teh ini juga bermanfaat membantu menyembuhkan sakit perut.

    • Peppermint

Kamu sudah pernah coba teh peppermint? Teh yang menyegarkan dan lezat ini bisa dinikmati saat panas atau dingin lho.  Teh peppermint baik bagi sistem pencernaan dengan melancarkan proses pengolahan makanan di dalam perut. Karena teh peppermint mampu membantu merilekskan otot, jadi teh peppermint juga dapat meredakan sakit kepala akibat stress dan gangguan kecemasan.

Teh peppermint menjadi pilihan tepat untuk mengatasi stres, karena memberikan energi alami sehingga tubuh terasa lebih tenang dan seimbang.

    • Teh Lemon

Teh yang satu ini tidak kalah terkenalnya dengan teh Chamomile. Yup apalagi kalau bukan Teh lemon. Lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Ternyata teh ini bisa dijadikan pilihan lainnya yang bagus untuk membantu kamu dalam menghilangkan stres dan kecemasan. Aroma lemon yang menenangkan dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Selain itu bisa meningkatkan daya ingat dan juga otak.

Baca Juga:
– Manfaat Lemon
– 7 Manfaat Teh Tawar Untuk Kesehatan
    • Teh Lavender

Sama-sama memiliki aroma yang menenangkan menjadikan teh lavender sebagai teh yang mampu membantu meredakan stres. Selain itu teh lavender juga bisa membantu mengurangi sakit kepala dan nyeri otot. Manfaat lainnya dari teh lavender yaitu mampu bertindak sebagai anti-inflamasi pada sistem pencernaan serta membantu menangkal efek negatif yang ditimbulkan akibat stres.

Hilangkan stres yang mengganggu aktivitas dengan minum teh versi cintajamu ya guys, semoga bermanfaat 🙂 


Sumber: 
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here