Flu Menyerang, Bisa Anda Hadapi Sendiri ?

0
309
- Advertisement -

Indonesia adalah negara tropis, oleh karena nya hanya mempunyai dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Bila musim hujan datang, itu tanda-nya Anda harus lebih siaga, jika suatu saat banjir tiba. Banyak penyakit yang akan melanda kita, dari demam berdarah, disentri sampai yang paling sering terjadi, yaitu flu.

Mengenal Flu

Penyakit flu atau Influenza adalah infeksi virus yang timbul menyerang alat pernafasan kita, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Meskipun gejala-nya hampir sama, flu dengan batuk pilek, sebenarnya diakibatkan oleh virus yang tidak sama. Batuk dan pilek biasa-nya lebih ringan dan terjadi secara lambat. Sementara virus flu lebih berat dan muncul mengganggu secara tiba-tiba.

Pemicu Flu

Penyakit Flu sangat gampang menular ke orang lain. Dalam hitungan dua tiga hari, bila Anda sudah kena flu, maka orang di dekat Anda bisa terjangkit juga. Jika orang di sekitar kita bersin atau batuk, maka kita dengan mudah dapat tertular virus flu. Berbagi makanan atau minuman, berbagi alat makan, bersentuhan langsung dengan penderita flu, juga dapat membuat alat penyebaran virus flu.

Indikasi Flu

Walaupun dikategorikan penyakit tidak serius, kita semua tetap harus waspada. Flu tidak mengenal tua dan muda, bisa terkena kapan saja serta dimana saja. Indikasi-nya bila terkena flu, biasa-nya gejala yang muncul antara lain adalah badan meriang atau demam, sakit di kepala menyebabkan mata berair, hidung tersumbat, batuk, pilek, nyeri di persendian, dan sakit di tenggorokan.

Penyakit Lanjutan 

Penyakit flu, jika tidak ditangani dengan serius, bisa mengakibatkan penyakit lanjutan, seperti paru-paru basah, dan meningitis ( radang selaput otak ). Namun tidak perlu risau sahabat Cinta Jamu, karena jika Anda terkena flu, sebenarnya dapat sembuh dengan otomatis bila kekuatan tubuh kita membaik. Jadi, bila Anda atau anggota keluarga terkena flu, tidak perlu terburu-buru berangkat ke klinik atau ke dokter, ada cara alami yang dapat membantu Anda menyembuhkan flu.

 Beberapa Cara Mengatasi Flu

  1. Istirahat yang Cukup, Sudah pasti, jika Anda terkena flu, sangat dianjurkan untuk segera istirahat dan berhenti beraktivitas untuk sementara. Karena kondisi daya tahan tubuh sedang menurun. Istirahat yang cukup akan membuat sistem daya tahan tubuh kembali menjadi normal saat Anda sehat.

2. Perbanyak Minum Air

Banyak mengkonsumsi air putih karena banyak manfaat-nya. Apalagi pada saat terkena flu, karena air putih dapat melindungi saluran tenggorokan kita agar tetap bersih dari virus yang mengakibatkan flu. Usahakan minimal 8 gelas sehari untuk menghindari kekurangan cairan. Selain minum air putih, kita juga perlu meminum minuman hangat, seperti air putih hangat, air teh hangat, air jahe hangat, air susu hangat, dan air jeruk hangat. Kenapa wajib minum air hangat ? Sebab, air hangat bisa menolong memperlancar pernafasan hidung kita yang tersumbat, mengurangkan tenggorokan yang bermasalah, dan menghindari kekurangan cairan.

Anda juga disarankan juga untuk sesekali berkumur-kumur. Kenapa ? Karena dengan berkumur itu, mulut menjadi bersih sehingga tenggorokan kita terhindar dari bakteri jahat yang mengakibatkan flu.Hindari meminum air es atau air dingin, karena akan memperburuk kondisi tubuh. Termasuk juga, apabila Anda ingin mandi,  sebaiknya mandi dengan air hangat. Inti-nya, bila Anda terkena flu, Anda wajib minum dan menggunakan air hangat.

  1. Makan yang Buah dan Sayuran 

Daya tahan tubuh bila terkena flu pasti menurun, dengan sendiri-nya kondisi tubuh kita juga melemah. Makan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan gizi akan menjadikan sistem kekebalan tubuh kembali menguat. Jadi, makan sayuran dan buah sangat penting ya sahabat.

 

  1. Minum Madu 

Madu kaya manfaat. Madu menjadi sumber energi yang luar biasa. Ilustrasi-nya adalah 1 kg madu murni setara dengan 50 butir telur ayam, 5,7 liter susu sapi, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4 kg kentang, dan 1,68 kg daging.  Apalagi, bila Madu tersebut kita campur dengan rempah-rempah herbal alami, seperti ekstrak Sambiloto, ekstrak Brotowali, ekstrak Mengkudu, ekstrak Kapulaga, ekstrak Pasak Bumi, dan ditambah propolis. Hasil-nya, daya tahan tubuh membaik, stamina Anda akan kembali pulih dengan cepat.

Salam sehat,

Admin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi, apabila Anda atau anggota keluarga, Sahabat Cinta Jamu, terkena flu, tidak perlu tergesa-gesa memberikan obat-obatan. Lakukan dengan beberapa cara alami, seperti istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, makan sayuran dan buah-buahan, serta minum madu yang dicampur dengan herbal alami.

Pastikan untuk menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jika penyakit flu tak juga kunjung sembuh dan juga dibarengi dengan penyakit lain yang muncul, maka pergi ke dokter adalah alternatif terakhir.

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here