Daftar Nutrisi Penting Yang Harus Selalu Tersedia Selama Pandemi COVID-19

0
848
Credit by : unsplash/@ja_ma
- Advertisement -

Salah satu cara memutus mata rantai penyebaran COVID-19 adalah dengan diberlakukannya social distancing dan juga karantina diri dirumah, kecuali apabila ada keperluan yang sangat penting. Segala macam aktivitas semua harus terhenti dari mulai sekolah, kuliah, jalan-jalan ke mall, pengajian bahkan pergi ke kantor pun semua harus dihentikan. 

Untuk mensiasati agar tidak ada rasa jenuh ketika harus karantina dirumah selama hingga 14 hari alangkah baiknya siapkan makanan atau pun bahan makanan yang selalu tersedia agar tercipta rasa nyaman dan aman ketika berada dirumah. Tentunya makanan atau pun nutrisi yang disiapkan harus lah yang bergizi cukup. Tidak hanya makanan, penting juga untuk kita selalu menyediakan stok vitamin tambahan agar senantiasa menjaga imunitas tubuh agar selalu fit dan tidak mudah terserang penyakit terutama COVID-19.

Berikut Daftar Nutrisi Penting Yang Harus Selalu Tersedia Di Rumah Anda

1. Sayur dan Buah-buahan

Kedua bahan ini sangatlah penting untuk anda sediakan di rumah, pilihlah jenis buah dan sayuran yang sedikit lebih bertahan lama. Berikut daftar sayuran dan buah-buahan yang wajib anda simpan. 

  • Sayuran : brokoli, wortel, ubi manis, kubis, kembang kol, paprika, kentang, kangkung, bayam, kacang polong. Selain itu beberapa pilihan sayuran tersebut memiliki karotenoid yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan akibat serangan radikal bebas yang lebih dikenal dengan antioksidan.
  • Buah : pisang yang setengah matang, apel, pir, anggur. Selain itu anda juga bisa memilih buah dengan kandungan vitamin c tinggi untuk memperkuat sistem imun tubuh seperti, lemon, jeruk, strawberry, kiwi, nanas, mangga, jambu biji. 
2. Karbohidrat

Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia dan salah satu sumber karbohidrat yang wajib tersedia selama masa karantina di rumah. Selain nasi ada beberapa sumber karbohidrat seperti :

  • Tepung : Anda dapat mengolah tepung menjadi berbagai makanan seperti roti, donat, aneka macam kue agar masa karantina tidak terlalu membuat bosan.
  • Pasta : Pasta bisa menjadi salah satu bahan makanan pokok alternatif selain nasi dan roti. Anda dapat mengubahnya lebih bervariatif seperti spaghetti dengan pasta yang berbentuk mie, makaroni, dan sebagainya.
  • Jagung : Dapat menjadi salah satu cemilan favorit untuk anda dan keluarga.
  • Oatmeal : terbuat dari gandum utuh,  selain mengenyangkan tentunya bergizi dan penuh nutrisi.
3. Protein

Asupan protein yang cukup dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga mampu menangkal virus ataupun penyakit yg masuk. Sumber protein selama ini mudah kita dapatkan seperti daging, ayam, ikan, telur yang merupakan sumber protein hewani, sedangkan protein nabati bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kenari, kacang almond. Selain itu, dapat ditemukan dari produk olahan seperti susu dan keju cheddar.

4. Vitamin C

Vitamin c termasuk vitamin antioksidan tinggi yang sangat berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Peranan vitamin sangat banyak didalam tubuh, yaitu dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan, membantu dalam proses penyerapan zat besi. Oleh karena itu vitamin c sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun. Sebaiknya ada mulai menyiapkan buah lemon untuk asupan kebutuhan vitamin c anda. 

baca juga : Seberapa Penting Tubuh Butuh Vitamin C

5. Vitamin E

Dikenal juga dengan nama tokoferol, vitamin ini mudah larut dalam lemak namun tubuh tidak memproduksi sendiri vitamin E sehingga untuk mendapatkannya harus didapat dari makanan dan suplemen. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan melawan radikal bebas. Vitamin E mempunyai peranan yang sangat  penting untuk mencegah dan melindungi sel dari kerusakan dan penuaan dini, menjaga elastisitas kulit serta mencegah timbul nya penyakit degeneratif (penuaan) seperti kanker, jantung, stroke, aterosklerosis, dsb. Kandungan vitamin E yang tinggi dapat ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian yaitu minyak kecambah, minyak bunga matahari, margarin, mayonaise, beras merah, beras putih, roti, kacang, dan asparagus. 

Baca juga : Apakah Manfaat Sesungguhnya Dari Berjemur

6. Mpon-mpon Atau Herbal Tradisional

Merupakan ramuan tradisional indonesia yang sejak dulu dipercaya untuk -menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga tubuh agar selalu tetap hangat. Mpon-mpon terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, kayu manis, dan sereh. Semua dapat digabungkan menjadi satu bahan minuman yang dikenal dengan nama jamu

_______________________________________________________________________

Sumber :

  1. vitamin E sebagai antioksidan, oleh : Astuti Lamid Puslitbang Gizi, Bogor https://media.neliti.com/media/publications/151393-ID-vitamin-e-sebagai-antioksidan.pdf

Baca juga :

10 Gaya Hidup Yang Gak Bikin Sakit

Vermint Membantu Menyehatkan Tubuh

Ceklis Kegiatan Kamu Selama WFH

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here