Cobalah 3 Teknik Pernapasan ini Agar Tidur Lebih Nyenyak

0
316
People vector created by pch.vector/freepik.com
- Advertisement -

Berbagai cara dilakukan agar bisa tidur dengan cepat dan nyenyak setelah seharian disibukan dengan aktivitas yang padat. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa langsung terlelap begitu saja setelah merebahkan diri di atas kasur. Bagi kamu yang kesulitan untuk tidur atau memiliki insomnia, cobalah untuk melakukan beberapa teknik pernapasan untuk tidur lebih nyenyak. 

Teknik Pernapasan untuk Tidur Lebih Nyenyak

Sudah melakukan berbagai cara untuk bisa cepat tidur, namun rasanya mata ini susah untuk diajak tidur ? Jangan khawatir, ada beberapa teknik pernapasan yang bisa kamu lakukan sebelum tidur atau saat terbangun di tengah malam agar bisa tidur kembali. 

1). Teknik Pernapasan Three Part 

Sama seperti namanya, teknik ini hanya membutuhkan tiga tahapan yaitu : 

    • Duduk dalam posisi tegak, setelah itu tarik napas panjang dan dalam melalui hidung.
    • Setelahnya buang napas secara perlahan sambil memfokuskan diri dan pikiran. 
    • Lakukan hal yang sama sebanyak 5-8 kali.

Teknik pernapasan three part ini banyak disukai semua orang karena teknik ini dinilai paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. 

2). Teknik Pernapasan 4-7-8 

Teknik pernapasan ini Dr. Andrew Weil dari Arizona. Ia menjelaskan bahwa teknik ini terinspirasi dari teknik yoga kuno, yang membantumu menjadi rileks. Teknik pernapasan ini bisa dilakukan dimana saja dan tanpa memerlukan banyak waktu. 

Cara melakukannya : 

    • Buka mulut selama melakukan teknik ini.
    • Buang napas dalam, sambil membuat suara napas pelan.  
    • Tarik napas perlahan dari hidung selama 4 detik.
    • Tahan napas selama 7 detik.
    • Buang napas secara perlahan melalui mulut dan hitungan selama 8 detik
    • Ulangi teknik ini sebanyak  4 kali.

3). Teknik Pernapasan Box Breathing 

Dikenal sebagai teknik pernapasan yang tak hanya membuat tidur menjadi nyenyak namun juga bisa menghilang stress. Untuk melakukannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini : 

    • Duduk dalam posisi punggung tegak lurus, tarik napas lalu hembuskan sedalam-dalamnya.
    • Tarik napas lagi  secara perlahan menggunakan hidung dan hitung selama 4  detik.
    • Tahan napas selama 4 detik, lalu buang napas melalui mulut.

Yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Teknik Pernapasan 

Sangat disarankan jika ingin melakukan berbagai teknik pernapasan, usahakan posisi duduk nyaman saat ditempat tidur atau di sofa. Selain itu pastikan untuk selalu menutup mata. Fokuskan pikiranmu pada setiap gerakan, tarikan dan hembusan napas yang kamu lakukan. Nikmati setiap detik tarikan dan hembusan napas.

Setelah selesai melakukan berbagai teknik pernapasan, sangat dianjurkan untuk tidak langsung membuka mata, tunggu sejenak hingga napas kembali normal, setelah dirasa rileks dan nyaman barulah secara perlahan buka mata. 

Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk semua.

Baca juga :


Sumber : 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here