Konsumsi Kunyit Dapat Menurunkan Kolesterol

0
472
Photo from pixabay/cgdsro
- Advertisement -

Apa itu kolesterol?

Kolesterol seringkali dianggap sebagai penyakit yang membuat penderitanya pilih-pilih dalam menu makanannya. Merasa tidak bebas memakan semua menu yang dihidangkan, dan banyaknya pertimbangan jika ingin makan-makanan yang tinggi akan kandungan kolesterolnya.

Sebenarnya apa sih kolesterol itu? Pada dasarnya, kolesterol adalah zat yang dihasilkan dari organ tubuh manusia sendiri. Organ yang mempunyai nama Lever atau biasa dikenal dengan nama hati. Organ inilah yang menghasilkan kolesterol secara alami didalam tubuh.

Meski begitu kolesterol juga dapat ditemukan dari luar tubuh lho, misalnya yang bersumber dari hewani, seperti kuning telur, keju, susu, dan daging. Tidak selalu dianggap buruk, ternyata kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membentuk hormon dan vitamin D. Tetapi jika kadar kolesterol didalam tubuh terlalu banyak maka dapat mengakibatkan gangguan dan ancaman bagi kesehatan, guys.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak perlu khawatir bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Saat ini sudah banyak obat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Namun perlu diingat, penggunaan obat berbahan kimia bila digunakan secara terus-menerus bukanlah sesuatu hal yang baik.

Lalu bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol bila bukan dengan penggunaan obat berbahan kimia? Tidak perlu pusing, kamu bisa menggunakan salah satu ramuan turun-temurun khas Indonesia lho, apalagi kalau bukan dengan kunyit asam. Yup, tidak hanya dijadikan sebagai penambah rasa atau warna pada makanan, ternyata kunyit juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional, salah satunya menurunkan kolesterol.

Baca Juga:

Benarkah Jamu Kunyit Asam Dipercaya Dapat Menurunkan Kolesterol?

Image by Canva/Stevepb

Kunyit asam adalah salah satu minuman tradisional atau bisa dikenal sebagai  jamu yang diracik dari dua jenis rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam jawa. Kunyit asam menjadi resep jamu legendaris yang menjadi andalan dari masa ke masa dengan khasiatnya yaitu menjaga kecantikan dan merawat organ tubuh.

Jamu kunyit asam ini sangat menyegarkan bagi tubuh. Banyak orang mengatakan bahwa jamu kunyit asam bermanfaat mencegah tubuh dari panas dalam ataupun sariawan, dan juga akan membuat perut terasa dingin.

Beberapa khasiat lain jamu ini adalah melancarkan metabolisme, mengendalikan nafsu makan, dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Minum jamu ini sekali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal atau sesuai sudah dengan hasil yang kamu inginkan.

Kunyit sendiri memiliki kurkumin (senyawa aktif) yang berfungsi merespon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel otot, lemak dan pankreas. Dengan begitu, berat badan cenderung lebih stabil.  Kurkumin yang dapat bekerja sebagai antioksidan alami dapat menurunkan kadar kolesterol, ini dikarenakan kurkumin dapat meningkatkan enzim methylglutaryl coenzyme A reductase (HMG-CoA reduktase) sehingga sintesis lemak berjalan dengan baik.


Sumber:

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here