Cara Cepat Hilangkan Flu Tanpa Obat Dokter

0
567
Image by pixabay
- Advertisement -

Cintajamu.id – Pilek merupakan salah satu penyakit paling umum yang sering terjadi akibat serangan beberapa virus. Walau dianggap sepele, tetapi penyakit ini dapat menular, lho. Penularan pilek disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan, terutama pada hidung, tenggorokan, dan sinus. Pilek terjadi akibat adanya cairan berlebih yang dihasilkan oleh lapisan kelenjar.

Ada beberapa macam penyebab pilek, seperti flu, alergi, common cold (infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus coronavirus dan rhinovirus) atau faktor lainnya yang menyerang sistem kekebalan tubuh akibat konsumsi gula berlebih, kurangnya minum air putih, penurunan berat badan, dan stress.

Cara penularannya pun beragam, mulai dari menghirup atau menelan droplet pada udara yang mengandung virus akibat batuk atau bersin, atau karena adanya kontak langsung dengan penderita pilek. Droplet adalah partikel air kecil yang dikeluarkan dari mulut.

Pada awal gejala, biasanya tubuh akan terasa sakit atau nyeri otot, kedinginan, nyeri pada tenggorokan, sering bersin-bersin, sakit kepala berat, dan rasa tidak nyaman secara umum. Ditambah gejala lain seperti hidung meler dan batuk yang terjadi setelah dua hari atau lebih. Walaupun bersifat umum dan tidak berbahaya, namun penderita pilek atau flu akan mengalami komplikasi influenza seperti pneumonia jika pilek tidak segera ditangani.

Pengobatan pilek tidak selalu dengan obat dokter ya guys, tapi kamu juga bisa coba beberapa cara ini untuk menghilangkan pilek, diantaranya:

    • Istirahat yang cukup

Ternyata istirahat yang cukup akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Jika tubuh terasa lelah maka akan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh dan tubuh menjadi mudah terserang penyakit flu. 

Manfaat lain dari istirahat yang cukup selain menjaga sistem kekebalan tubuh, ternyata juga bermanfaat dalam mempertajam memori atau ingatan, meningkatkan suasana hati, terhindar dari cidera, tubuh menjadi lebih sehat, menambah pertumbuhan badan, dan menjaga berat badan tetap normal.

Jadi sempatkan diri untuk istirahat sejenak dan hentikan pekerjaan untuk sementara waktu.

    • Perbanyak minum air putih

Selain mencegah dehidrasi, minum air putih merupakan obat pilek alami yang dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan melegakan tenggorokan yang disebabkan oleh influenza dan common cold. Manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Asupan air yang tercukupi membuat tubuh berkerja dengan baik. Ketika tubuh kekurangan air, kamu bisa saja mengalami migrain, hipertensi, radang usus, wasir, batu ginjal, dan obesitas.

Tidak selalu dengan minum air putih, kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan dari minuman-minuman lainnya, seperti teh hangat, jus dari buah asli, dan air jahe. Perlu diingat ya, hindari minuman kemasan yang mengandung kadar tinggi gula. Selain itu, kamu juga hindari minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein saat sedang sakit.

Artikel Terkait: Manakah yang Lebih Sehat, Air Hangat atau Air Dingin ?
    • Konsumsi sup hangat

Cobalah untuk memperbanyak cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi sup daging ayam atau daging sapi hangat. Protein yang ada pada sup sangat baik bagi tubuh, karena dapat meregenerasi sel-sel di dalam tubuh. Ditambah campuran sayuran yang tinggi akan antioksidan, vitamin dan mineral dapat mempercepat pemulihan.

    • Menghirup udara basah/uap panas
      Image by chris/pexels

      Memanjakan diri dengan mandi uap beberapa kali sehari/atau sekedar duduk di kamar mandi selama beberapa menit untuk menghirup uapnya adalah strategi yang baik, bila perlu ditambah dengan pemasangan diffuser (alat penyemprot cairan aromaterapi). Minyak atsiri diffuser diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit seperti flu, pilek dan batuk.

Menghirup uap panas juga bisa kamu dapatkan dari seduhan teh hangat. Uap panas teh bermanfaat untuk merangsang folikel rambut di hidung mengeluarkan kuman. Selain itu jika kamu memiliki diffuser, cukup gunakan alat tersebut Dengan menghirup udara basah akan membantu meringankan hidung yang tersumbat dan sakit tenggorokan.

    • Minumlah cairan panas

Cairan panas akan meringankan hidung tersumbat, memecah dehidrasi dan menenangkan selaput yang meradang dan rasa tidak nyaman yang melapisi hidung dan tenggorokan.

Cobalah untuk minum air garam hangat. Bilasan dari air garam akan membantu memecah cairan hidung yang tersumbat dan menghilangkan partikel virus serta bakteri dari hidung. Cukup dengan mencampurkan ¼ sendok teh garam dan ¼ sendok baking soda dalam 8 ons air hangat, kemudian masukan campuran tersebut ke alat suntik bulb untuk menyemprotkan ke dalam hidung. 

Baca Juga:
Kenali 6 Jenis Batuk, Salah Satunya Menular
Mirip Dengan Flu, Kenali Gejala Hepatitis A

Sumber:

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here