- Advertisement -

Sariawan merupakan luka yang ada di dalam mulut yang dapat menimbulkan rasa sakit. Pada umumnya sariawan terjadi pada bagian dalam bibir atau pipi, dan juga bisa terjadi di permukaan gusi ataupun lidah akibat adanya peradangan yang terjadi di mukosa mulut.  

Ternyata ada beberapa faktor yang menjadi penyebab seseorang terkena sariawan. Seperti luka akibat tergigit, kekurangan vitamin atau zat besi, mengalami cedera di pipi bagian dalam atau mulut, kondisi mulut yang buruk, memiliki kebiasaan merokok, rasa cemas dan stres.

Banyak dicari, bagaimana cara mengobati sariawan yang setia menempel dan tidak kunjung menghilang di mulut. Walaupun tidak begitu jelas berasal dari mana sumbernya. Sariawan sering kali muncul secara tiba-tiba dan memberikan rasa tidak nyaman ketika makan atau ketika bicara. Meskipun sariawan tidak berbahaya, namun rasa perihnya bisa dibilang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Cara Alami Mengobati Sariawan

Ketika seseorang mengalami sariawan, hal pertama yang dilakukan biasanya mencari cara bagaimana sariawan tersebut dapat hilang. Rasa tidak nyaman serta rasa sakit sariawan menjadi alasan seseorang ingin segera menyembuhkannya. Berikut ini adalah cara-cara alami mengobati sariawan, diantaranya:

1)Berkumur dengan air garam

Yang pertama yaitu berkumur dengan air garam. Cara ini merupakan cara yang paling banyak sekali dicoba ketika seseorang mengalami sariawan. Garam dinilai memiliki sifat anti radang dan juga antibakteri, yang membantu mencegah sariawan berkembang menjadi semakin parah.

Garam dipercaya dapat membantu proses penyembuhan sariawan. Cukup berkumur dengan air garam 1 sampai 2 menit selama 3 kali sehari dan lakukan secara rutin hingga sariawan menghilang. Tidak hanya sebagai obat menghilangkan sariawan, garam juga bermanfaat mencegah infeksi yang terjadi di dalam mulut.

2)Mengompres dengan es batu
Photo: pexels

Biasanya sariawan akan muncul dan menjadi membengkak akibat tergigit. Untuk mengatasi rasa sakitnya, bisa dilakukan dengan mengompres sariawan menggunakan es batu. Rasa dingin es batu akan meringankan rasa sakit yang muncul.

3)Mengompres dengan kantong teh bekas
Photo: pexels

Kantong teh memiliki sifat basa yang dapat menetralisir area mulut yang asam sehingga mencegah rasa sakit tidak semakin parah akibat sariawan. Karena hal itulah, kantong teh bekas dijadikan sebagai obat sariawan. Cukup dengan mengompres ke bagian yang terkena sariawan kurang lebih selama 5 menit.

4)Mengoles menggunakan madu

Selain garam, madu merupakan pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Bagaimana caranya? Cukup mengoleskan madu di bagian yang terkena sariawan tersebut. Sama seperti garam, madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang membantu mengurangi rasa sakit dan juga rasa perih selama proses penyembuhan sariawan.

5)Kelapa dan madu

Ternyata madu juga bisa dicampur dengan minyak kelapa atau air kelapa, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ini dikarenakan manfaat kelapa yakni dapat membantu mencegah peradangan akibat luka yang semakin memburuk karena rasa sakit sariawan.

Kelapa dipercaya mampu mengobati sariawan di dalam mulut. Campurkan madu dengan minyak kelapa atau air kelapa, kemudian oleskan 3 sampai 4 kali sehari pada luka sariawan sampai luka tersebut menghilang.

6)Getah lidah buaya

Getah lidah buaya memiliki manfaat mengobati sariawan di mulut karena fungsinya yaitu sebagai antiradang dan pereda nyeri alami. Oleskan getah atau daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih pada area mulut yang mengalami sariawan. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi kembali 2 sampai 3 kali sehari.

7)Hindari makanan asam

Perlu diketahui, makanan asam ternyata dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan jaringan lunak tubuh. Untuk itu, batasi porsi makanan asam ketika mulut terdapat sariawan. Gantilah makanan asam tersebut dengan sayuran hijau yang memiliki rasa netral ataupun manis. Pilihlah minuman yang tidak bersifat asam seperti susu, air kelapa, dan teh sehingga aman untuk luka sariawan.

8)Berkumur dengan obat kumur

Pastinya cara yang satu ini tidak dilupakan, yaitu berkumur dengan obat kumur. Tapi tidak semua obat kumur bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sariawan. Pilihlah obat kumur yang mengandung zat-zat berikut ini:

      • Zat antiseptik atau antibiotik untuk membunuh bakteri di sekitar luka, seperti Chlorhexidine gluconate, Larutan tetrasiklin
      • Zat kortikosteroid atau anti inflamasi untuk mengurangi peradangan akibat sariawan, seperti Asam Hialuronat, Kortikosteroid, Herbal
      • Zat antijamur untuk mengurangi pertumbuhan jamur di dalam mulut
      • Covering agent, seperti: Orabase dan Plaster sariawan

Gunakan obat kumur dengan kandungan yang sesuai untuk mengatasi sariawan. Perbanyak juga asupan vitamin C yang bisa didapat dari buah-buahan seperti apel, jeruk dan tomat. Konsumsi makanan tersebut selama proses penyembuhan sariawan.

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here