Bisakah Masker Kain Mencegah Penyebaran Virus Corona

0
271
Gambar oleh Manfred Richter dari Pixabay
- Advertisement -

Sejak pemerintah mengumumkan bahwa dua WNI di Indonesia terinfeksi covid-19, sejak saat itu juga permintaan akan masker menjadi meningkat. Bahkan di apotik-apotik, sejumlah toko, dan klinik  di wilayah Jabodetabek kehabisan stok masker. Padahal tidak semua orang diwajibkan menggunakan masker. 

Penggunaan masker dianjurkan bagi orang sakit dan memiliki gejala batuk, pilek, tenaga medis dan relawan covid-19.

Masker yang dianjurkan adalah masker bedah sekali pakai dan masker N95. Karena permintaan masker bedah meningkat dan stok yang ada di toko kosong dan kalaupun ada harganya mahal. Maka alternative lain yaitu menggunakan masker kain. 

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang beralih menggunakan masker kain dengan alasan praktis, mudah dicari dan bisa dipakai berkali-kali. Namun bisakah masker kain mencegah penyebaran virus corona ?. 

Mengutip dari Nytimes.com “Tutupi wajahmu dengan kain” “Tutupi wajahmu dengan teliti dari hidung hingga mulut untuk mencegah tetesan aerosol besar keluar atau pun masuk” kata Shan Soe-Lin, seorang dosen di Institut Urusan Global Yale Jackson. 

Minggu lalu, Asosiasi Medis Jerman menyarankan kepada warga untuk membuat masker kain dan memakai masker kain sederhana itu ketika berada ditempat umum. 

Seruan ini pun berkaitan dengan ajakan untuk tidak menggunakan masker bedah atau masker N95, yang dimana masker berkualitas tinggi ini lebih dibutuhkan oleh tenaga medis dan para relawan covid-19 yang ada di barisan paling depan. 

Masker N95 mampu menyaring partikel–partikel kecil di udara hingga 95%. Jelas masyarakat umum tidak membutuhkan masker sekelas masker N95. 

Maka dari itu, jika kamu bukan tenaga medis atau relawan covid-19, namun memiliki simpanan masker N95 ataupun masker bedah standar, lebih baik disumbangkan untuk mereka yang berada dirumah sakit. Karena itu sangat membantu. 

Tidak Perlu Menggunakan Masker 

Kalau kamu sedang di rumah dan semua anggota keluargamu tidak ada yang terinfeksi virus corona, maka kamu dan keluargamu tak perlu memakai masker setiap waktu. Namun ketika kamu ingin keluar rumah untuk sesuatu yang sangat penting, maka dari itu para ahli menyarankan untuk menggunakan masker kain. Penggunaan masker kain mampu meminimalisir risiko terinfeksi virus corona. 

Risiko tertularnya virus corona akan semakin minim jika kamu menggunakan masker kain dan dikombinasi dengan langkah-langkah pencegahan virus corona seperti selalu mencuci tangan dengan air dan sabun, melakukan anjuran pemerintah tentang social distancing, pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh.  

Baca juga :


Sumber : 

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here