Bisa Menangkal Virus, Intip Manfaat Jeruk Yang Lain

0
523
photo by : freepick.com/pixabay-clementineorange
- Advertisement -

Cintajamu.id – Sering makan buah jeruk tapi belum tahu manfaat apa saja di dalamnya?  Buah jeruk termasuk salah satu buah yang sangat populer. Tak hanya popular, buah ini banyak dijumpai di berbagai belahan dunia. Selain untuk dikonsumsi, daun buah jeruk dapat disuling dan menghasilkan minyak dengan aroma yang harum, sementara bijinya dapat dibuat sebagai bahan pembuatan sabun.

Jeruk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan memiliki rasa yang menyegarkan.  Selain kaya akan vitamin, jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1) Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beberapa jenis jeruk dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini dikarenakan kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk mampu meningkatkan jumlah sel darah putih yang merupakan pasukan anti virus, sehingga tubuh tidak mudah sakit. Jenis jeruk tersebut yaitu jeruk lemon, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk siam, dan Clementine (persilangan antara jeruk manis dan jeruk mandarin).

Artikel Terkait: 5 Rekomendasi Vitamin Peningkat Daya Tahan Tubuh

2) Menangkal Virus

Sebelum buah jeruk diklaim sebagai antivirus, pada tahun 2006 Balitbangtan telah melakukan karakterisasi senyawa flavonoid. Hasil penelitian yang lebih baru menunjukkan, bahwa buah jeruk merupakan bahan herbal yang sangat baik untuk melawan virus karena kaya akan antioksidan bila dibandingkan dengan bahan herbal yang berasal dari rempah-rempah.

Virus yang terlanjur masuk ke dalam tubuh manusia memerlukan suatu enzim yang disebut protease untuk perkembangannya. Dan senyawa flavonoid yang ada pada buah jeruk mampu memblokir enzim protease, sehingga dapat mencegah perkembangan virus di dalam sel yang terinfeksi.

Hasil penelitian terbaru yang dilakukan telah membuktikan bahwa senyawa flavonoid yang diisolasi dari jeruk menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan target dalam virus yang setara atau bahkan lebih buat dibandingkan dengan obat yang saat ini digunakan untuk mengobati penderita virus Covid-19 yaitu lopinavir dan nafamostat.

3) Menurunkan Kolesterol & Menjaga Kesehatan Jantung

Sama seperti buah lainnya, jeruk memiliki kandungan yang rendah kalori. Vitamin C yang terdapat di dalamnya membantu mencegah oksidasi kolesterol yang diakibatkan oleh radikal bebas. Penelitian juga menunjukkan bahwa limonen pada buah jeruk mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh sehingga mencegah penyakit jantung dan stroke. Bahkan kulit jeruk diyakini mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Konsumsi Kunyit Dapat Menurunkan Kolesterol

4) Mencegah Kanker

Masih berhubungan dengan senyawa dalam buah jeruk. Manfaat senyawa flavonoid mampu menghambat pertumbuhan sel tumor pada kolon, sedangkan senyawa limonen memiliki sifat bioaktif yang dapat menyembuhkan penyakit berbahaya seperti kanker payudara dan kanker ovarium.

Artikel Terkait: Membunuh Sel Kanker

Meskipun belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi buah jeruk menimbulkan efek samping yang serius. Tetapi jika mengonsumsinya secara berlebih maka akan mengakibatkan sakit perut serta meningkatkan asam lambung akibat kandungan asam dari buah jeruk. Selain itu, buah jeruk diketahui dapat mengganggu dan mempengaruhi metabolisme jenis obat dalam tubuh.


Sumber:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here