Biar Tetap Sehat, Lakukan Ini Saat Lebaran

0
87
Healthy Family photo fr flickr
- Advertisement -

Cintajamu.id – Setelah satu bulan penuh umat muslim di seluruh dunia yang menjalankan ibadah puasa, akhirnya hari-hari yang dinanti yaitu lebaran tinggal menghitung hari. Namun lebaran kali ini mungkin akan terasa berbeda bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Walaupun merayakan hari kemenangan tidak seperti biasanya, tapi tetap selalu jaga kesehatan ya, karena menjaga kesehatan itu penting lho.

Berikut tips agar tetap sehat saat lebaran versi cintajamu :

 

    • Jaga Jarak

 

Poin pertama yaitu jaga jarak. Kenapa harus jaga jarak? Pemerintah sudah memberlakukan sistem Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus covid-19 semakin meluas. Mulai dari tradisi pulang kampung ataupun berjabat tangan alias salam-salaman sebisa mungkin tidak dilakukan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, di era sekarang ini sudah banyak aplikasi gratis yang menyediakan layanan video call. 

 

    • Perhatikan Makanan

Biasanya saat lebaran beragam hidangan disajikan. Namun, kebanyakan sajian lebaran mengandung santan sehingga kurang baik bagi kesehatan. Jika terlalu banyak menyantap hidangan lebaran hingga kekenyangan, tubuh akan mulai protes dan akhirnya tubuh menjadi tidak sehat. 

 

    • Hindari Soda

 

Memiliki sensasi rasa yang menyegarkan, minuman kaleng soda biasanya paling dicari kaum milenial saat lebaran. Tapi tahukah kamu bahaya keseringan minum soda? Terlalu banyak minum soda akan berpengaruh terhadap berat badan. Mengonsumsi minuman soda sama saja dengan menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap berat badan.

Bahaya lain dari soda yaitu akan memicu diabetes dan obesitas karena kandungan gula sangat tinggi pada minuman ini.

    • Tetap Aktif Bergerak

 

Walaupun sedang dalam masa PSBB, bukan berarti membuat kamu bermalas-malasan dan berdiam diri di rumah ya. Lakukan kegiatan yang membuat tubuh kamu tetap aktif bergerak. Jika terlalu lama berdiam diri, tubuh akan kesemutan. Hal ini akan membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

    • Hindari Merokok

Kamu tentu tahu, bahwa merokok tidak bagus untuk kesehatan. Hentikan kebiasaan merokok, selain merugikan diri sendiri, merokok juga akan merugikan orang lain, terlebih keluarga.

    • Istirahat Yang Cukup

Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Jangan terlalu memforsir diri untuk melakukan aktivitas. Tubuh juga perlu istirahat agar badan tetap fit. Kurangnya istirahat akan mengganggu kesehatan. Kekurangan energi karena mengantuk nantinya kamu kurang menikmati waktu kumpul bersama keluarga. Cukupi kebutuhan aktivitas fisik dan nutrisi yang sehat selama berlibur agar kualitas istirahat malam yang optimal.

Selamat hari kemenangan buat sobat cintajamu yang merayakan

J

Baca Juga:
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here