Berjuta Manfaat Bawang Putih Hingga Mampu Memelihara Kesehatan Jantung

0
64
photo by : Freepik-lana_m
- Advertisement -

Tanaman yang tumbuh di Asia Tengah dan sudah digunakan sejak 7.000 tahun lalu ini memang telah lama dimanfaatkan sebagai bumbu campuran masakan dan belakangan menjadi alternatif untuk pengobatan secara tradisional. Allium sativum adalah nama latin umbi tersebut yang memiliki kandungan senyawa-senyawa sulfur. Pada bawang mentah terdapat zat kimia Allin yang merupakan turunan dari Asam Amino, kandungan ini pun yang membuat rasanya getir. 

Berdasarkan beberapa penelitian yang dipaparkan dalam Jurnal ODONTO Dental Journal. Volume 4. Nomor 2. Desember 2017 bahwa bawang putih adalah sebagai antibakteri, antioksidan, anti inflamasi, antivirus, anti jamur, dan imunomodulator. Antioksidan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Indonesia memiliki beberapa jenis varietas bawang putih yaitu varietas lokal, varietas lokal tunggal dan impor. Dalam penelitian yang dijelaskan dalam Jurnal ODONTO bahwa ketiga varietas yang diujikan memiliki kadar antioksidan yang tinggi, namun bawang putih lokal tunggal lah yang memiliki antioksidan yang paling baik. Jawa bawang lanang nama lain bawang putih tunggal dalam istilah jawa, sedangkan dalam bahasa Inggris atau orang barat menyebutnya single clove garlic atau solo garlic. Simak pembahasan secara lengkap kupas tuntas khasiat bawang putih dan bawang putih tunggal.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih & Bawang Putih Tunggal

Memelihara Kesehatan Jantung

Photo by : Freepik-HeartAttack
Photo by : Freepik-HeartAttack

Dalam minyak bawang putih terdapat kandungan diallyl trisulfide yang membantu memelihara jantung pasca operasi maupun pasca terkena serangan jantung.

Dalam berbagai penelitian ilmiah baik studi eksperimental dan klinis tentang makan bawang putih mentah bahwa bawang putih mempunyai  efek kardioprotektif (pelindung jantung dari radikal bebas). Selain itu konsumsi rutin bawang putih dapat juga mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah atau aterosklerosis yang membuat aliran darah ke jantung menjadi tersumbat.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan Allin yang terdapat didalam bawang putih mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal virus yang masuk kedalam tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol

Dalam berita yang dimuat oleh International  Journal of Preventive Medicine menyebutkan dalam sebuah penelitian di Iran menjelaskan bahwa konsumsi bawang putih  dapat menurunkan kadar lemak jahat (LDL) sekitar 15-20% , dalam penelitian lain menyebutkan bahwa konsumsi bawang putih dalam jumlah banyak secara rutin dapat  meningkatkan jumlah kadar lemak baik (HDL) hingga 15%.

Mencegah Kanker

Photo by : Freepik-kjpargeter

Kandungan organosulfur pada bawang putih yang berperan penting membantu kinerja hati untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, salah satunya adalah racun penyebab kanker.

Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Sayuran dan buah memang dikenal memiliki khasiat untuk mengontrol kadar gula dalam darah karena memiliki kandungan senyawa phytochemical. Johannes Heinrich von Borstel, penulis buku Heart: The Inside Story of Our Body’s Most at Important Organ memaparkan . Kandungan senyawa phytochemical yang terdapat didalam bawang putih lebih tinggi dibanding sayur dan buah sehingga pasokan ke dalam organ-organ vital melalui aliran darah tidak terganggu. ‘Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi tiga sendok teh bawang putih bubuk di pagi hari.”.

Meredakan Nyeri Karena Sakit Gigi

Sudah sejak lama bawang putih dipercaya berkhasiat mengurangi rasa nyeri karena sakit gigi karena bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan analgesic. Hanya dengan menaruh bawang putih yang sudah dihaluskan pada gigi yang sakit. Akan tetapi harus hati-hati dengan cara ini karena memiliki efek samping yaitu terjadinya iritasi pada gusi.

Meringankan Influenza

Selain senyawa Allin, bawang putih memiliki kandungan Vitamin C, selenium dan sulfur. Ketiga senyawa ini sangat berkhasiat untuk meringankan gejala flu.

Konsumsi secara langsung untuk membantu menyembuhkan flu. Caranya cukup haluskan dan campur dengan air hangat kemudian diminum bisa juga ditambahkan dengan madu agar rasa menjadi sedikit lebih enak.

Mencegah Demensia

Kaya akan antioksidan tinggi membuat bawang putih tunggal dapat melindungi sel otak dari kerusakan dan proses penuaan dini. Sehingga dapat mencegah dari penyakit kerusakan otak seperti Demensia dan Alzheimer.

Bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan kulit dan kecantikan

Mengecilkan Pori-Pori Di Wajah

Pori-pori wajah yang besar menyebabkan mudahnya timbul komedo jerawat pada wajah. putih Gunakan perawatan dengan bawang putih untuk membantu mengecilkan pori-pori di wajah, caranya mudah cukup haluskan bawang putih dan campur dengan tomat kemudian oleskan pada wajah. Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah masker ini secara rutin.

Meredakan Ruam Pada Kulit

Efek anti bakteri dan anti inflamasi yang dimiliki oleh bawang putih membuat nya mampu meredam beberapa masalah kulit seperti ruam, gatal, kemerahan yang disebabkan gigitan binatang maupun bakteri mampu diredam.

Gunakan bawang putih yang sudah dihaluskan kemudian balurkan ke permukaan kulit yang terkena ruam maupun  gatal.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Menggunakan bawang putih yang sudah dihaluskan sebagai masker untuk rambut dipercaya mampu memperkuat akar rambut sehingga rambut rontok berkurang, membersihkan kulit kepala dari ketombe, membuat rambut lebih tebal dan berkilau.

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here