Atasi Demam Dengan 6 Bahan Herbal Ini…

0
156
Photo by : unsplash / @calumlewis
- Advertisement -

Demam adalah meningkatnya suhu tubuh diatas suhu normal, suhu tubuh normal bisa berbeda- beda, namun suhu tubuh normal pada umumnya sekitar 37⁰ C. Jika terjadi demam suhu tubuh akan meningkat sekitar 1 – 5 ⁰ C. Demam merupakan salah satu reaksi bahwa sel antibodi  manusia sedang melawan infeksi atau adanya gangguan yang masuk kedalam tubuh sehingga membuat tubuh tidak nyaman. 

Demam dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak yang memang usia rentan terkena berbagai macam ancaman virus dan bakteri. Ada beberapa faktor yang dapat memicu seseorang terkena demam. Faktor kekebalan tubuh yang lemah salah satunya, selain itu, kontak dengan orang yang sedang sakit, dan juga mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan kuman atau makanan dan lingkungan yang kurang bersih.

Penyebab Demam

Sebagian besar penyebab demam memang karena infeksi, namun perlu diketahui beberapa faktor penyebab demam pada anak-anak dan dewasa, antara lain : 

  • Pemberian vaksin atau imunisasi pada anak-anak
  • Tumbuhnya gigi baru pada anak usia dibawah 12 bulan
  • Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) 
  • Penyakit karena infeksi virus dan bakteri yaitu influenza, tifus, campak, cacar air, dan Hepatitis.
  • Penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk, seperti malaria, chikungunya, dan demam berdarah. 

 

Cara Meredakan Demam

Saat suhu tubuh meningkat,  ada beberapa cara untuk meredakan demam tersebut, antara lain :

  1. Perbanyak istirahat, karena tidur akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh yang lemah
  2. Minum air putih lebih banyak dari biasanya, dan konsumsi makanan yang bergizi
  3. Kompres air hangat dengan menggunakan handuk, dan untuk anak-anak bisa juga gunakan kompres yang berasal dari gel dingin yang sekarang ini sudah banyak tersedia di apotik,maupun supermarket terdekat.
  4. Gunakan obat alami atau herbal

Obat Alami dan Herbal

Perlu kita ketahui, saat terkena demam kita tidak perlu langsung minum obat penurun panas ataupun memeriksakan kondisi kita ke dokter jika demam yang dirasa masih ringan. Ada banyak sekali obat herbal disekitar kita yang dipercaya mampu menurunkan demam. Namun, jika suhu naik hingga mencapai lebih dari 39⁰C perlu penanganan secara medis. Apalagi jika demam terjadi pada anak-anak, karena demam suhu tinggi dapat menyebabkan step (kejang).

Akan tetapi, jika ingin mencoba pengobatan dengan obat herbal, simak beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menurunkan panas karena demam :

  1. Madu

Photo by : unsplash / @danika_anya

Obat herbal pertama yang dipercaya mampu meredakan demam adalah Madu murni yang sejak dulu dikenal punya segudang manfaat. Selain rasanya yang manis dan enak madu memiliki antioksidan yang tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Berdasarkan penelitian di School Od Medicine,  Cardiff University, Inggris madu dapat merangsang sel-sel kekebalan tubuh untuk terus memproduksi sel barunya. Dengan nutrisi yang dikandung madu oleh karena itu, madu dapat memperbaiki metabolisme, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat pemulihan kondisi  seseorang yang terkena demam.

2. Cacing Tanah

photo by : pixabay/anaterate

Seperti yang kita ketahui, jika dibandingkan dengan sistem kekebalan tubuh cacing tanah lebih “canggih” daripada antibiotik yang ditemukan sampai sejauh ini. Berdasarkan sumber para ahli dan pakar cacing tanah mengatakan, banyak sekali manfaat yang dihasilkan cacing tanah. Ini dikarenakan antibakteri dalam ekstrak cacing tanah dapat membantu menghambat gram negatif yang bersifat patogen (menimbulkan bakteri atau virus). Tidak heran jika cacing tanah menyimpan banyak khasiat. Terutama bagi kesehatan tubuh manusia.

Untuk mengolah cacing tanah sebagai obat lakukan step by step nya, simak berikut ini :

    • Siapkan cacing tanah jenis Lumbricus Rubellus
    • Bersihkan dari kotoran dan tanah
    • Rebus hingga mendidih dengan takaran kira-kira 3 gelas, dapat diminum 3x sehari
    • Kemudian air disaring
    • Diamkan beberapa saat hingga hangat-hangat kuku, air rebusan cacing tanah sia diminum. 

Untuk lebih terjamin khasiat, kehigienisan cacing tanah yang kita gunakan, saat ini sudah tersedia yang mudah kita temukan obat penurun demam dan meningkatkan daya tahan tubuh yang berasal dari ekstrak cacing tanah Lumbricus Rubellus.  Tentunya sudah melalui prosedur CPOTB yang sudah distandarisasikan untuk membuat produk obat terutama obat tradisional. Untuk hasil yang lebih berkualitas dan terpercaya. 

3. Kunyit

Kunyit sudah sangat kita kenal sebagai bumbu masakan, namun selain bumbu masakan kunyit  juga berkhasiat untuk meredakan demam. Kunyit memiliki kandungan kaya akan antioksidan, minyak atsiri, antibakteri dan antiinflamasi.

Untuk menggunakan kunyit sebagai obat pereda panas, cukup siapkan 1 jari kelingking kunyit kemudian blender dengan air, diamkan hingga mengendap dan ambil sarinya saja, kemudian anda bisa menambahkan madu secukupnya agar rasa lebih enak, minum 1-2x sehari. Ramuan ini pun boleh diberikan untuk bayi usia 6 bulan.

4. Putih telur

Photo by : unsplash / @stri_khedonia

Obat herbal selanjutnya yang bisa digunakan untuk menurunkan demam, yaitu putih telur.  Cukup gunakan putih telurnya saja untuk mengobati demam, caranya aduk dan kocok sampai rata sempurna, lalu campurkan madu dan aduk hingga tercampur. Sebaiknya gunakan telur ayam kampung atau telur organic.

5. Bawang Merah

Pastinya sudah banyak yang mengetahui khasiat bumbu dapur yang satu ini untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, tentunya salah satunya untuk menurunkan panas.  Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, dipercaya mampu membuat peredaran darah menjadi lancar.

Untuk menggunakan bawang merah sebagai obat alami penurun demam caranya cukup mudah. Bawang merah yang sudah dikupas dan dibersihkan kemudian dihaluskan dengan ditumbuk ataupun diparut, kemudian balurkan bawang merah ke bagian punggung dan dada, bisa juga dicampurkan dengan minyak telon, essential oil, atau vco.

6. Air Kelapa Muda

Air kelapa memang salah satu minuman yang sangat menyegarkan, selain menyegarkan tahukah anda jika air kelapa punya banyak manfaat untuk tubuh kita. air kelapa sangat bermanfaat membantu menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang karena dehidrasi, ketika seseorang terkena demam tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Dengan mengkonsumsi air kelapa cairan dan elektrolit yang hilang akan dikembalikan. Air kelapa juga dapat meningkatkan sistem imun agar kondisi cepat pulih ketika terkena demam dilansir dari webmd.com.

Baca juga artikel terkait :

  1. Fakta Menarik Cacing Lumbricus Rubellus
  2. Demam berbahaya atau tidak 
  3. Jenis Sakit Kepala Yang Sering Terjadi
Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here