Mencegah Virus Corona Dengan 10 Bahan Makanan Pendongkrak Imun

0
564
Photo by : freepick.com/user6694312
- Advertisement -

Mewabahnya virus Corona di Kota Wuhan, China membuat seluruh dunia panik dan cemas termasuk Indonesia. Bagaimana tidak, Virus baru tersebut telah menginfeksi ribuan orang dan hampir ratusan orang meninggal dunia karena virus ini.  Coronavirus adalah virus yang berasal dari familia Coronaviridae yang bisa menyebabkan penyakit terhadap burung dan mamalia. Virus ini disebutkan mirip dengan virus yang terdapat pada penyakit Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) pada tahun 2002. 

Dilansir dari @jktinfo penyebaran virus corona terus bertambah ke 14 Negara, penyebaran virus corona tipe baru atau novel coronavirus (2019-nCov) terus bertambah k3 14 negara dengan jumlah melonjak hampir dua kali lipat dibanding hari sebelumnya sebanyak 2.978 menjadi 4.593 kasus positif, sebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Orang yang terserang Coronavirus hampir tidak memiliki gejala signifikan. Gejala yang ditimbulkan hampir mirip dengan gejala flu, yaitu gangguan pernapasan, demam , dan sakit kepala. Akan tetapi dapat menimbulkan penyakit Pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.

Banyak cara untuk mencegah tertular dari Coronavirus ini, World Health Organization (WHO) menyarankan untuk melindungi diri dan juga orang-orang disekitarnya agar tidak menderita penyakit ini. Pencegahan penyebaran infeksi ini bisa dilakukan dengan cara:

    • Mencuci tangan
    • Melindungi mulut dan hidung pada saat batuk ataupun bersin
    • Masaklah daging dan juga telur hingga matang
    • Hindari bertemu orang-orang yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk atau bersin

Adapun hal yang paling penting adalah dengan tetap menjaga daya tahan tubuh selalu tetap fit agar antibodi dapat melawan berbagai virus yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan sehat yang mengandung antioksidan tinggi untuk  memenuhi kebutuhan nutrisi harian guna memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Terlebih dengan mewabahnya virus corona secara cepat tentunya dibutuhkan daya tahan tubuh yang kuat untuk mencegah tertularnya virus tersebut. 

Berikut 10 daftar makanan peningkat sistem imun yang mudah kita temukan, yaitu :

  1. Bawang putih
photo by : freepik.com/free-photo/heap-garlic
photo by : freepik.com/free-photo/heap-garlic

Tumbuhan yang tumbuh di Asia Tengah ini sudah dikenal ribuan tahun lalu, sejak dulu menjadi bahan makanan. Umbi dari tanaman bawang putih ini yang sering digunakan untuk bumbu campuran masakan di Indonesia dan juga sudah digunakan untuk pengobatan. Bawang putih memiliki khasiat sebagai ‘antibiotik alami’ karena bawang putih dapat melawan infeksi. Selain itu, bawang putih juga dapat mengendalikan tekanan darah serta dapat menyehatkan jantung.

Artikel terkait : Coronavirus (2019-nCov) – Gejala dan Pencegahan

2.  Jahe

Bahan berikutnya pasti sudah sering kita manfaatkan yaitu jahe. Jahe kerap kali dibuat minuman sehat untuk menghangatkan badan, selain itu dipakai juga untuk bahan campuran masakan. Tentunya, jahe mengandung berbagai gizi dan nutrisi yang sangat berkhasiat. Ragam khasiat jahe adalah dapat mengurangi peradangan, memperlancar sistem pencernaan sehingga membantu menstabilkan metabolisme tubuh yang berpengaruh pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh, kemudian jahe juga mampu membantu mengendalikan tekanan darah dan kolesterol.

3.  Bayam
Photo by : freepick.com/Racool_studio
Photo by : freepick.com/Racool_studio

Sayuran yang satu ini memiliki kandungan beta karoten dan antioksidan yang tinggi, yang dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus.

4.  Wortel

Selain bayam, wortel juga kaya akan beta carotene, vitamin A, dan kandungan mineral lainnya. Wortel baik dikonsumsi dalam keadaan matang. Dalam sebuah penelitian ketika wortel di masak maka  antioksidan meningkat sebanyak 14 persen dibanding dikonsumsi dalam keadaan mentah.

5.  Buah jeruk
photo by : freepick.com/pixabay-clementineorange

Ada beberapa jenis jeruk yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk siam, dan Clementine (persilangan antara jeruk mandarin dan jeruk manis). Jeruk kaya akan vitamin C, kandungan inilah yang ditelaah mampu meningkatkan jumlah sel darah putih yang merupakan pasukan anti virus.

6. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang berwarna cerah dan terang yang kaya akan antioksidan. Pepaya memiliki kandungan Papain semacam enzim yang membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu, pepaya mengandung banyak Vitamin A, Karotenoid dan mineral lainnya.

7. Putih Telur
Photo by : freepick/rostovtsevayu

Telur merupakan makanan yang kerap kali dijadikan sebagai menu harian yang selalu tersedia di meja. Namun, konsumsi telur utuh dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Sedangkan bagian putih telur rendah kalori tetapi memiliki protein yang tinggi. Putih telur kaya akan nutrisi seperti Riboflavin, kolin, kalium dan mengandung vitamin esensial seperti Vitamin A,B-12 dan D.

8.  Ikan gabus
photo by : steemit.com/fotografi/@sudong/fish-cork-29a3d5d29121f

Belakangan ini ikan gabus menjadi salah satu makanan yang ramai diperbincangkan berbagai kalangan. Ternyata ikan gabus kaya akan kadar albumin yang tinggi dan dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Albumin sendiri merupakan antioksidan dalam darah sehingga dapat mengikat logam dan radikal bebas yang dapat menyebabkan rusaknya sel.

9. Cabai
photo by : freepick.com/tatianakim

Capsicum annuum L ini merupakan bahan bumbu yang sudah sangat populer di Asia Tenggara bahkan di Indonesia sendiri cabai salah satu bahan bumbu yang wajib ada di setiap masakan. Selain rasa yang pedas tahukah anda jika cabai sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Ternyata cabai memiliki kadar antioksidan dan vitamin C yang tinggi, antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas yang sangat berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Cabai juga memiliki kandungan Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker.

10.  Daun Kelor

Menurut salah seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dr Galuh Widiarti, bahwa daun kelor sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Karena daun kelor memiliki kandungan immunomodulator. Zat ini berperan penting meningkatkan imun tubuh atau immunostimulan.

Sumber :

Jillian Kubala, MS, RD on October 21, 2019, Healthline.com

Baca Juga : Atasi Demam Dengan 6 Bahan Herbal Ini..

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here