Alasan Kenapa Masih Banyak Orang yang Tidak Menggunakan Masker

0
231
Photo by Arturo Rey on Unsplash
- Advertisement -

Pemerintah dan semua pihak termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), tidak pernah bosan untuk menyerukan kepada seluruh masyarakat dunia untuk selalu menggunakan masker dimana pun berada, terutama saat berada ditempat umum. Karena masker merupakan salah satu benda yang sangat penting selama masa pandemi  Covid-19 ini. 

Sayangnya, masih banyak orang yang belum sadar seberapa pentingnya penggunaan masker untuk meminimalisir penularan virus corona. Mereka yang tidak mau menggunakan beranggapan bahwa memakai masker itu bisa membuat mereka susah untuk bernapas dan masih banyak alasan-alasan lainnya. 

Berikut ini alasan lain kenapa masih banyak orang yang tidak menggunakan masker : 

Aturan Penggunaan Masker yang Tidak Jelas 

Sejak awal munculnya Virus Corona (Covid-19) di kota Wuhan China pada awal tahun, aturan untuk menggunakan masker memang belum jelas. Pada awalnya penggunaan masker di khususkan bagi mereka yang sedang sakit dan petugas medis. Sampai pada akhirnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peraturan baru, yang dimana semua orang diharuskan menggunakan masker ketika berada di tengah keramaian, tidak perlu menggunakan masker medis, tapi masker kain. 

Baca juga : Bisakah Masker Kain Mencegah Penyebaran Virus Corona

Mereka Beranggapan Bahwa Covid-19 tidak Berbahaya untuk Kaum Muda

Kebanyakan pasien Covid-19 yang meninggal adalah mereka yang berusia diatas 30 tahun. Alhasil, mereka yang usianya dibawah 30 tahun, lebih berani untuk keluar rumah tidak menggunakan masker. 

Meski begitu, mereka bisa saja menjadi silent carrier yang justru bisa membahayakan orang-orang terdekat yang berusia tua atau yang tinggal satu rumah. Perlu diingat, bahwa banyak juga pasien Covid-19 yang meninggal diusia muda. 

Alasan Politik 

Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa menggunakan masker bertentangan dengan hak-hak mereka. Seorang Psikolog Eboney Jackson, mengatakan orang-orang memiliki “rasa berhak”, yang dimana membuat mereka beranggapan bahwa mereka memiliki hak untuk melakukan apapun pada diri mereka sendiri. 

Keyakinan atau Agama 

Ada juga orang-orang yang tidak menggunakan masker karena alasan keyakinan atau agama mereka. Mekanisme ini muncul karena mereka ingin dengan sepenuh hati menaruh kepercayaan pada Tuhan atau siapa pun yang memiliki kekuatan lebih yang akan membantu mereka dalam melawan pandemi virus ini. 

Memakai Masker Membuat Seseorang Terlihat Lemah dan Tidak Keren 

Menggunakan masker bisa menjadi masalah besar bagi mereka yang lebih mementingkan penampilan, salah satunya Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. trump mengatakan bahwa ia dan anggota kabinetnya tidak akan menggunakan masker ketika di depan umum, alasannya karena khawatir akan terlihat kelemahan dan kekalahan. 

Ternyata bukan hanya Donald Trump saja. Peneliti menemukan bahwa banyak laki-laki yang tidak menggunakan masker dan beranggapan bahwa hal ini memalukan dan terlihat tidak keren. 

Jika kamu masih menemukan orang yang tidak menggunakan masker, cobalah untuk menegurnya secara baik-baik dan jelaskan seberapa pentingnya menggunakan masker. Kalau perlu, berikan ia masker baru yang bisa langsung ia gunakan. Selain menggunakan masker kamu juga perlu menjaga diri dengan rajin mencuci tangan, dan mengkonsumsi vitamin atau buah-buahan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca juga :  


Sumber : 

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here