8 Cara Agar Tetap Sehat saat Cuaca Panas

0
112
Photo by Azka Rayhansyah on Unsplash
- Advertisement -

Beberapa hari belakangan ini suhu udara saat siang hari cukup panas dan terik. Hampir seluruh wilayah di Indonesia dilanda cuaca panas dan cukup terik. Menurut catatan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) suhu udara di beberapa wilayah berada pada kisaran 24-36 derajat celcius. Cuaca panas ini diduga terjadi karena pada lapisan bawah atmosfer relatif kering. 

Cuaca panas dan terik memang sangat mengganggu aktivitas. Terlebih bagi kita yang memiliki rutinitas atau kegiatan diluar. Cuaca panas dan terik juga perlu diwaspadai karena  rentan memicu gangguan kesehatan seperti dehidrasi, iritasi kulit, gangguan penglihatan, sakit kepala, hingga hilangnya kesadaran (pingsan). Agar tetap aman dalam menjalankan aktivitas diluar meski cuaca panas dan terik, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kesehatan. 

Tips agar Tubuh Tetap Sehat saat Cuaca Panas 

Saat suhu udara masih terbilang normal, beraktivitas diluar ruangan masih aman dan nyaman. Namun, jika cuaca sudah sangat panas dan terik, jangan panik dan enggan untuk beraktivitas. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tetap saat cuaca panas, sehingga kamu bisa tetap beraktivitas dengan normal. Berikut tips nya : 

  1. Banyak Minum Air Putih 

Cuaca panas dan terik memberikan dampak bagi tubuh yaitu hilangnya cairan tubuh dalam jumlah yang banyak, jika dibiarkan bisa berujung pada dehidrasi. Maka dari itu, saat cuaca sedang panas-panasnya, perbanyaklah minum air putih, kalau bisa lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu, cairan tubuh tetap terjaga keseimbangannya. Hindari minum-minuman berkafein, karena bersifat diuretik, sehingga membuat kamu lebih sering buang air kecil. 

2. Banyak Makan Buah-buahan 

Selain perbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah-buahan juga sangat penting saat cuaca panas. Khususnya buah-buahan yang mengandung banyak air seperti, jeruk, semangka, melon stroberi dsb. Manfaat dari mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air sama dengan minum banyak air, yaitu membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu vitamin yang terkandung dalam buah juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

3. Istirahat yang Cukup 

Tidur yang cukup dan berkualitas itu minimal 7-8 jam setiap malamnya. Hal ini sangat disarankan agar tubuh tetap sehat selama musim panas. Terlebih jika kamu memiliki kegiatan yang padat saat siang hari. Dengan waktu tidur yang cukup dan berkualitas setiap malamnya, kamu memberikan tubuh waktu untuk beristirahat. Disaat seperti inilah, stamina tubuh kembali terisi setelah seharian beraktivitas. 

4. Batasi Aktivitas di Luar Ruangan 

Meski cuaca sedang panas, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan di dalam rumah. Kamu bisa tetap beraktivitas diluar, meski harus membatasi ketika cuaca sedang panas dan terik. Saat pagi dan sore menjelang malam, merupakan waktu yang bisa kamu jadikan pilihan untuk beraktivitas di luar ruangan. Sebisa mungkin untuk membatasi aktivitas diluar ruangan saat cuaca sedang panas-panasnya. 

5. Gunakan Krim Pelembab 

Jika kamu ingin beraktivitas diluar, jangan lupa untuk memakai krim pelembab. Krim pelembab berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Karena, saat cuaca panas, kulit rentan kering dan iritasi. 

6. Gunakan Pakaian yang Berbahan Katun 

Saat cuaca sedang panas, gunakanlah pakaian yang berbahan katun dan  tipis yang bisa menyerap keringat dan tidak menyerap panas. Dengan begitu tubuh tidak terasa lengket karena keringat dan kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. Jika ingin beraktivitas diluar, sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang berwarna gelap, karena bisa menyerap panas matahari. 

7. Jangan Terlalu Sering Mandi 

Saat cuaca diluar sedang panas-panasnya, tentu rasanya ingin bolak-balik mandi atau bahkan berendam. Sebenarnya, terlalu sering mandi itu sangat tidak baik. Karena bisa membuat kulit menjadi kering. Jadi mandi sewajarnya saja. 

8. Hindari Minuman Beralkohol 

Minum-minuman beralkohol bisa memperparah dehidrasi. Terlebih jika tidak diimbangi dengan banyak minum air putih dan makanan sehat. Maka dari itu, sebaiknya hindari minuman beralkohol saat cuaca sedang panas-panasnya, dan perbanyak minum air putih. 

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan saat cuaca sedang panas dan terik. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan. Kunci utamanya adalah cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu, Kalaupun terpaksa harus beraktivitas diluar saat siang hari, pastikan kamu memakai pelindung kepala seperti topi, agar kepala tidak langsung terkena sinar matahari. 

Baca juga :


Sumber : 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here