7 MANFAAT TEH TAWAR UNTUK KESEHATAN

0
130
(Credit by : Free-Photos/Pixabay)
- Advertisement -

Teh, minuman paling populer yang dikonsumsi oleh dua pertiga penduduk dunia, yang terbuat dari daun Camellia Sinensis. Minum teh telah dianggap menjadi kebiasaan yang mampu meningkatkan kesehatan sejak zaman dahulu. 

Ada  beragam jenis teh yang bisa kita  nikmat mulai dari teh hijau, teh oolong, hingga teh hitam. Namun karena rasa asli dari teh itu pahit, pada akhirnya kebanyakan orang menambahkan gula ke dalamnya, mau itu gula putih  atau pun gula merah. 

Tak salah kalau kita minum teh manis, namun fakta lain mengungkapkan bahwa lebih baik mengkonsumsi teh tanpa gula alias teh tawar. Hal ini dikarenakan teh tawar memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dari pada teh manis. Alasannya tidak lain karena zat penting yang terdapat pada teh seperti : 

    • L-theanine 
    • Polifenol 
    • Antioksidan

Manfaat Teh Tawar Untuk Kesehatan 

Berikut ini beberapa manfaat yang anda dapat dari mengkonsumsi teh tawar :

1. Rileksasi Tubuh 

Kandungan L-theanine yang terdapat pada teh mampu merilekskan tubuh. mengkonsumsi teh tawar terlebih dalam keadaan hangat akan membuat tubuh anda menjadi rileks. L-theanine tak hanya untuk merilekskan tubuh, namun juga bermanfaat untuk meredakan stress, memperbaiki mood dan mampu meningkatkan fungsi otak. Anda bisa mendapatkan manfaat teh tersebut pada teh hijau dan teh hitam. 

2. Melancarkan Sirkulasi Darah 

Manfaat lain yang anda dapat jika mengkonsumsi teh tawar  secara rutin ialah mampu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan kandungan Polifenol yang mampu mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah. Dengan begitu, pembuluh darah tidak akan mengalami penyempitan pembuluh darah. Teh hitam, teh hijau dan teh oolong merupakan jenis teh yang bisa anda konsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah. 

3. Melegakan Tenggorokan 

Minum teh tawar hangat juga bisa membantu melegakan tenggorokan yang sakit atau gatal akibat infeksi pada tenggorokan. Hal ini dikarenakan kandungan L-theanine nya. Selain mampu merilekskan tubuh L-theanine, teh juga bermanfaat untuk melegakan tenggorokan, meringankan gejala flu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

4. Mencegah Penuaan Dini 

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Obafemi Awolowo University, Nigeria, kandungan Antioksidan pada teh tawar cukup efektif untuk menangkal proses oksidasi dalam tubuh. 

Bagi anda yang rutin minum teh tawar diklaim lebih tahan terhadap gangguan kulit seperti penuaan dini. Penuaan dini merupakan hal yang menakutkan bagi semua orang terutama bagi wanita. Maka dari itu jika ingin terhindar dari penuaan dini usahakan tidak menambahkan gula pada the anda. 

5. Mengontrol Kadar Gula Darah 

Manfaat minum teh tawar lainnya adalah mampu mengontrol kadar gula darah. hal ini dikarenakan kandungan polifenol nya. Polifenol memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga kadar gula dalam darah tetap terkontrol. Hal ini sangat penting karena kadar gula darah yang tak terkendali menyebabkan munculnya penyakit diabetes. 

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat lain yang anda dapat dari mengkonsumsi teh tawar adalah mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Menurut sebuah studi minum teh tawar secara rutin diperkirakan mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sekitar 11%.  Teh tawar jenis teh hitam yang bisa anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat. 

7. Mencegah Kanker 

Teh memang sudah dikenal sebagai salah satu minuman yang mampu mencegah munculnya penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan Polifenol dan Antioksidan yang terkandung pada the diketahui mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat ini  bisa anda dapat jika anda minum teh jenis teh hijau dan teh hitam. 

Itu lah beberapa manfaat minum teh tawar bagi kesehatan tubuh. Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, namun bukan  berarti anda bisa minum teh secara berlebihan. Batas yang dianjurkan dalam mengkonsumsi teh adalah 2-3 gelas sehari. Jangan minum teh melebihi dari jumlah yang telah dianjurkan, terutama bagi anda yang sedang hamil dan memiliki maag. Mengkonsumsi teh  secara berlebihan memiliki efek samping dari kafein yang terkandung didalamnya. 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here