6 Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

0
23
Photo by dwiputrirats/canva
- Advertisement -

Cintajamu.id – Sari kurma merupakan buah kurma yang sudah dihaluskan dan diambil sarinya untuk dijadikan minuman. Sari kurma memiliki rasa yang manis jadi cocok untuk dikonsumsi semua usia. Dengan mengonsumsi sari kurma, banyak manfaat yang bisa kita peroleh karena kandungan nutrisi penting di dalamnya menjadikan sari kurma baik dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin, karbohidrat, mineral, dan antioksidan yang tinggi dalam sari kurma diketahui memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dan juga membantu mencegah berbagai penyakit.

Sudah tahu kalau sari kurma juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin? Sari kurma termasuk kedalam minuman herbal yang tidak memiliki efek samping sehingga baik bagi ibu hamil dan juga kesehatan janinnya.

Ragam Manfaat Sari Kurma Bagi Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat sari kurma yang bisa didapat bagi ibu hamil dan janin:

1) Memacu pembentukan Hb dan mencegah anemia

Hemoglobin (Hb) adalah protein yang kaya akan zat besi dalam sel darah merah yang memiliki peranan penting di dalam tubuh. Hb akan membawa oksigen dalam tubuh ke sel-sel darah.

Hb yang terproduksi dengan baik bisa membantu mencegah anemia bagi ibu hamil serta baik untuk kondisi janin, sehingga janin mendapatkan nutrisi dengan maksimal. Manfaat lain sari kurma untuk ibu hamil yaitu menstabilkan Hb dalam tubuh dan mendukung perkembangan janin secara positif sesuai fasenya.

2) Memberikan tenaga ekstra

Gula alami dalam sari kurma sangat baik untuk memberikan tenaga tambahan bagi ibu hamil. Gula sederhananya diproses dalam tubuh dengan cepat. Dalam waktu kurang dari 60 menit tenaga itu sudah bisa dirasakan oleh ibu hamil.

Oleh karena itu, sari kurma baik bagi ibu hamil yang memiliki banyak kegiatan dalam kesehariannya. Perlu diketahui, mengonsumsi sari kurma menjelang persalinan   juga baik bagi ibu hamil.

3) Membantu proses persalinan

Seperti yang disebutkan pada poin (2) sari kurma baik bagi ibu hamil karena mampu merangsang hormon oksitosin ibu hamil. Hormon oksitosin berfungsi untuk memicu dan memperkuat kontraksi otot rahim pada saat persalinan.

4) Membantu mengatasi sembelit

Selama masa kehamilan, seringkali para ibu hamil dihadapkan dengan gangguan pencernaan. Sari kurma memiliki kandungan serat yang bisa membantu melancarkan BAB, cukup dengan konsumsi 2 sendok makan sari kurma saja.

5) Cara meningkatkan berat badan saat hamil

Sari kurma diketahui memiliki kandungan gula yang sangat alami. Tidak hanya itu saja, sari kurma juga kaya akan protein dan memiliki banyak vitamin esensial.

Satu kilogram buah kurma mengandung hampir 3.000 kalori yang sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia. Kandungan gula yang tinggi juga dapat menjadi salah satu senjata tubuh untuk menambah berat badan saat hamil.

6) Menguatkan tulang ibu hamil dan janin

Kandungan mineral sari kurma cukup besar sehingga membuat buah ini sebagai super food yang bisa memperkuat tulang dan melawan osteoporosis. Buah kurma mengandung mangan, selenium, magnesium dan tembaga, yang merupakan bagian integral dari perkembangan tulang yang sehat dan kuat. Konsumsi sari kurma setiap hari agar ibu hamil tidak lemah.

Dapatkan manfaat dari sari kurma secara maksimal, dengan membuatnya sendiri di rumah. Caranya sangat mudah lho.. Pertama, pisahkan daging kurma dari bijinya, kemudian masukkan ke dalam panci. Tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Saring kurma untuk mendapatkan sarinya.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here