5 Tips Berpuasa di Tengah Covid-19

0
150
Foto oleh Naim Benjelloun dari Pexels
- Advertisement -

Ramadhan tahun 2020 akan terasa sangat berbeda dibandingkan dengan ramadhan tahun lalu. Pasalnya pada puasa tahun ini semua masyarakat masih harus tetap melakukan Physical Distancing untuk menghentikan penyebaran virus corona yang merupakan penyebab dari Covid-19. 

Selama satu bulan kedepan seluruh umat muslim di dunia diwajibkan untuk berpuasa atau tidak makan dan minum mulai sebelum terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun ada beberapa yang menjadi pertimbangan selama berpuasa di tengah pandemi. Untuk memerangi infeksi virus, kita membutuhkan banyak energi menurut Dr Jenna Macciochi seorang ahli Imunologi University of Sussex. Sebab ketika tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman dalam waktu yang lama bisa melemahkan daya tahan tubuh. 

Baca juga :

Agar ibadah puasa kita bisa khusyu dan tetap lancar meski di tengah pandemi corona, kamu bisa mengikuti beberapa tips dari yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) : 

Penuhi Kebutuhan Nutrisi, Gizi dan Cairan

Daya tahan tubuh yang kuat sangat dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa. Untuk mempertahankan stamina tubuh ketika berpuasa agar bisa beraktifitas, kebutuhan nutrisi dan gizi juga sangat dibutuhkan untuk meminimalisir risiko terinfeksi Covid-19. 

Maka dari itu kamu perlu memastikan asupan nutrisi, gizi dan air yang masuk kedalam tubuh ketika berbuka dan sahur. Cara sederhananya, kamu hanya perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang ketika berbuka dan  sahur, dan banyak minum air putih minimal delapan gelas per harinya atau mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air.

Rutin Berolahraga

Berpuasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Meski sedang berpuasa, tubuh harus tetap aktif bergerak dan melakukan aktifitas fisik meski sedang berpuasa. Meskipun adanya pembatasan secara intensitas dan pemilihan gerakan agar tidak mudah lemas. Hal ini dilakukan agar kebugaran tubuh tetap terjaga. 

Selama pemberlakuan Physical Distancing kamu tetap bisa berolahraga meski di dalam rumah, seperti senam atau aerobic, yoga dan mengikuti kelas online lainnya. Selain membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga bisa menghilangkan stress selama masa-masa sulit seperti saat ini.  

Menjalankan Ibadah di Rumah 

Bulan ramadhan menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Momen seperti ini digunakan untuk memperbanyak ibadah, salah satunya  ibadah di masjid. Namun, demi memutus rantai penularan virus corona, di ramadhan kali ini kamu tetap harus mengikuti anjuran pemerintah tentang Physical Distancing ,  jadi, alangkah baiknya beribadahnya dirumah saja. 

Meskipun dirumah, kamu tetap masih bisa melakukan ibadah shalat wajib dan sholat lainnya seperti shalat tarawih yang bisa dilakukan bersama keluarga dirumah. 

Jangan Memaksakan Berpuasa Jika Sedang Sakit

orang yang sedang sakit tidak diwajibkan untuk berpuasa termasuk pasien Covid-19. Selain itu juga orang yang menderita diabetes yang sudah komplikasi juga tidak diwajibkan puasa. Jangan memaksakan diri untuk tetap  berpuasa. Karena hal ini bisa saja akan memperburuk keadaan sebab tubuh tidak memiliki tenaga untuk melawan penyakit. 

Tetap Melakukan Physical Distancing dan Selalu Menjaga Kebersihan Diri 

Selama bulan Ramadhan rasanya tidak lengkap jika tidak berbagi dan beramal pada orang-orang yang membutuhkan. Jika kamu tetap berbagi dan beramal, pastikan kamu tetap mengikuti anjuran tentang pembatasan fisik seperti tidak membuat kerumunan, mengantri dengan jarak yang sudah ditentukan dan tetap menjaga kebersihan diri seperti memakai masker dan alat pelindung diri lainnya, tidak menyentuh wajah, selalu mencuci tangan dengan air dan sabun. 

Baca juga :

Itu lah 5 tips menjalankan ibadah puasa ditengah virus corona (Covid-19). Pastikan kamu tetap mengikuti anjuran yang sudah ada, tetap menjaga kesehatan, dan menjaga kebersihan diri dan tetap dirumah saja agar  yang hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. 


Sumber : 

Sambut Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19 dengan Tips Sehat dan Produktif Ini : https://www.alodokter.com/sambut-ramadan-di-tengah-pandemi-covid-19-dengan-tips-sehat-dan-produktif-ini

Safe Ramadan practices in the context of the COVID-19 : https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/331767/WHO-2019-nCoV-Ramadan-2020.1-eng.pdf 

Ramadan: Fasting safely during coronavirus crisis https://www.bbc.com/news/health-52382293

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here