5 Manfaat dari Rutin Minum Madu saat Sahur

0
77
Image by ExplorerBob from Pixabay
- Advertisement -

Apa minuman favorit kamu saat sahur ? Air putih, teh, susu atau kopi merupakan beberapa jenis minuman yang menjadi pendamping saat makan sahur. Namun, ada beberapa orang saat sahur itu minum madu, entah itu diminum langsung atau dicampur dengan air putih hangat atau teh hangat. 

Kedua cara tersebut boleh saja untuk dilakukan, dan tentunya memberikan manfaat untuk tubuh selama berpuasa. Apa saja manfaat yang dari minum madu untuk tubuh ? simak lebih lengkapnya disini. 

Manfaat Minum Madu saat Sahur 

    • Menambah Energi 

Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh diharuskan untuk menahan lapar dan haus selama 13 jam. Ditambah dengan aktivitas padat yang kamu jalani, membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menyalurkan energi untuk mendukung semua kegiatanmu. 

Untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh selain dari mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, kamu juga bisa mendapatkannya dengan minum madu ketika sahur. Minum madu kurang lebih satu sendok makan setara dengan mengkonsumsi 17 gram karbohidrat. Itu sebabnya madu bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah energi. 

    • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyaknya kegiatan yang kamu jalani serta kurangnya istirahat bisa menurunkan daya tahan tubuh kamu. Yang dimana kondisi seperti ini memicu munculnya berbagai penyakit salah satunya flu dan batuk. Jangan khawatir jika kamu terserang penyakit ini ketika puasa. Cukup dengan mengkonsumsi 1-2 sendok makan madu saat sahur, maka tubuh akan lebih kuat dan bertenaga. 

    • Sebagai Pengganti Gula 

Ketika puasa, kamu akan lebih sering mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman manis. Pada waktu sahur dan berbuka,makanan dan minuman manis memang sering dihidangkan untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Gula yang dicampurkan dalam makanan dan minuman memang bisa menambah kalori dalam tubuh, hanya saja gula tidak memberikan nutrisi bagi tubuh. Sekali-kali kamu bisa mencoba pemanis lain selain gula. 

Madu tak hanya memberikan rasa manis dan lezat, tapi madu juga bisa mengurangi efek buruk dari mengkonsumsi gula berlebih. Meski begitu, kamu juga harus tetap memperhatikan batasan dalam mengkonsumsi madu. 

    • Mencegah Asam Lambung Naik 

Bagi kamu yang memiliki asam lambung, saat bulan puasa seperti sekarang ini bisa menjadi satu tantangan untuk kamu. Sebab kamu perlu hati-hati dalam mengatur pola makan, guna mencegah naiknya asam lambung saat berpuasa.

Selain dengan mengatur pola makan dan memilih makanan, menambahkan madu ke dalam list minuman yang kamu minum saat sahur juga sangat penting. Madu terbukti mampu menurunkan asam lambung. Minuman 1 sendok makan madu saat sahur, maka perut kamu akan baik-baik saja selama puasa. 

    • Menurunkan Kadar Trigliserida 

Setelah seharian berpuasa, banyak orang yang kalap saat berbuka. Itu sebabnya, tak jarang dari mereka yang lebih memilih memakan semua jenis makanan tanpa peduli akan dampaknya terhadap kesehatan. Jika kebiasaan ini dibiarkan, maka akan memicu meningkatnya kadar trigliserida dalam tubuh. Terutama bagi kamu yang sangat suka makanan berlemak. 

Jangan anggap remeh dengan meningkatnya kadar trigliserida, sebab bisa berujung pada penyakit berbahaya mulai dari diabetes hingga penyakit jantung. Agar terhindar dari gangguan ini, ada baiknya konsumsi madu setiap sahur. Karena madu mampu menurunkan kadar trigliserida dan membuat tubuh kamu menjadi sehat. Dengan begitu, puasa kamu akan lancar. 

Nah, itu lah 5 manfaat yang kamu dapat dari rutin mengkonsumsi madu saat sahur selama bulan puasa. Tak hanya selama puasa saja kamu rutin mengkonsumsi madu, namun setelah berpuasa pun kamu tetap rutin minum madu setiap harinya agar tubuh tetap sehat  Sudah waktunya bagi  kamu untuk menyimpan madu sebagai persediaan. 

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa. 

Baca juga :


Sumber : 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here