5 Cara Mengatasi Rasa Malas dengan Gaya Hidup Sehat

0
274
Photo by Curtis MacNewton on Unsplash
- Advertisement -

Mengatasi rasa malas merupakan hal yang sangat susah untuk dilakukan. Rasa malas bisa membuat seseorang menjadi sembarangan dalam menjalankan hidupnya yang jauh dari kata hidup sehat. Padahal, menjalankan gaya hidup sehat sangat penting agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit. 

Gaya hidup sehat merupakan cara seseorang dalam menjalankan hal-hal yang baik untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Sebaliknya, hal-hal yang memberikan efek buruk untuk tubuh harus dihindari. 

Ketika seseorang menerapkan gaya hidup sehat, risiko terkena penyakit pun akan lebih rendah. Menerapkan gaya hidup sehat, bisa menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker hingga jantung koroner. 

Menerapkan Gaya Hidup Sehat 

Gaya hidup sehat sebaiknya dilakukan sejak dini agar bisa dijadikan kebiasaan yang baik. Namun, sangat disayangkan tidak sedikit orang yang masih malas untuk menjalankan gaya hidup sehat. Terlebih jika setelah seharian melakukan aktivitas yang menggunakan fisik. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa malas dengan menerapkan gaya hidup sehat, 5 diantaranya yaitu : 

Memotivasi Diri 

Hal pertama dan yang paling utama untuk mengusir rasa malas adalah dengan memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Saat kamu memotivasi diri untuk menjadi lebih baik, maka akan sangat mudah dalam menjalankan gaya hidup sehat. Hal ini bahkan bisa menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Salah satu cara memotivasi adalah dengan memberikan hadiah untuk diri sendiri setelah berolahraga, misalnya berendam dengan air hangat dan aromaterapi untuk merilekskan tubuh, atau bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang disukai. 

Membuat Rencana 

Salah satu cara agar tidak malas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari adalah dengan membuat rencana. Untuk mencapai sebuah tujuan, menyusun rencana tidak kalah penting dari niat. Hal ini penting dilakukan agar hidup lebih teratur. Untuk mengatasi rasa malas, biasakan untuk mencatat waktu dan jenis aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan dan selalu menjalani jadwal yang sudah dibuat. Selain membuat jadwal kegiatan sehari-hari, kamu juga bisa membuat jadwal makanan apa saja yang harus dimakan setiap harinya. Hal ini bertujuan agar kamu tahu nutrisi yang masuk kedalam tubuh.  

Olahraga 

Tanpa disadari ternyata olahraga bisa menghilangkan rasa malas. Luangkan waktu beberapa menit dalam sehari untuk berolahraga. Hal ini akan berdampak pada peningkatan energy, memperbaiki Suasana hati, mengurangi kecemasan, stress, dan depresi. Jika kamu ingin berolahraga namun rasanya malas untuk keluar rumah, kamu bisa melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan didalam rumah. Seperti berjalan santai mengitari rumah, atau naik turun tangga. 

Makan Makanan yang Mengandung Energi 

Untuk mengatasi rasa malas tentunya kamu membutuhkan makanan yang bergizi dan mampu meningkatkan energy. Misalnya seperti makanan yang mengandung protein tinggi dan bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan hindari makanan yang mengandung banyak gula dan tinggi lemak. Beberapa jenis makanan ini bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan energy dan mengusir rasa malas antara lain, pisang, yogurt, ayam, kacang almond, dan ikan salmon. 

Istirahat yang Cukup  

Menerapkan gaya hidup sehat merupakan hal baik, namun jangan memaksakannya. Kamu perlu tahu kapan kamu harus mengistirahatkan tubuhmu. Agar kesehatan tepat terjaga, pastikan tubuh selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup yaitu selama 7-8 jam sehari. 

Baca juga : 

Sumber : 

 

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here