5 Alasan Kenapa Harus Diet

0
357
credit photo by : unsplash-@yunmei
- Advertisement -

Tubuh yang sehat dan ideal menjadi impian setiap orang. Terlebih bagi seorang perempuan. Berat badan ideal tentunya menunjang penampilan Anda. Banyak cara yang dilakukan agar tubuh menjadi ideal dan sehat. Tidak mudah menurunkan berat badan apalagi anda termasuk orang yang sangat suka sekali makan. Menjaga pola makan dan merubah gaya hidup menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dan menjaga agar nutrisi yang baik yang masuk kedalam tubuh. Dengan diet menjadi cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.

Adapun 5 alasan kesehatan yang mengharuskan anda untuk diet, seperti dibawah ini :

  1. Menjaga tubuh dari kelebihan berat badan dan obesitas

Obesitas sangat lekat dengan kelebihan berat badan atau overweight. Obesitas terjadi karena lemak tubuh berlebih atau kalori yang masuk kedalam tubuh lebih banyak daripada kalori yang terbakar karena aktivitas olahraga atau kegiatan lainnya. Untuk mengatasi obesitas salah satunya dengan cara diet yang merubah pola makan dan gaya hidup sehat. 

2. Menurunkan resiko penyakit jantung

Dengan mengurangi makanan berlemak yang mengandung lemak tak jenuh (LDL)  membuat tubuh anda lebih sehat terutama jantung, karena lemak tak jenuh atau yang lebih kita kenal dengan kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah membuat aliran darah ke jantung menjadi terhambat sehingga mengurangi kinerja jantung. Dengan diet membuat tubuh anda lebih sehat dan tentunya berat badan akan turun seiring dengan terjaganya kecukupan nutrisi dan gizi untuk tubuh.

Baca Juga :

Ini Yang Terjadi Ketika Tubuh Kekurangan Air Putih 

Cobalah 3 Teknik Pernapasan ini Agar Tidur Lebih Nyenyak 

3. Meningkatkan kualitas tidur

Beberapa penelitian menginformasikan bahwa penurunan berat badan mempengaruhi kualitas tidur. Ketika seseorang yang mengalami obesitas diet hingga menurunkan berat badannya sebanyak 5% terbukti mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik sehingga tidur lebih nyenyak. 

4. Meredakan rasa nyeri

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu penyebab terjadinya nyeri sendi. Sendi memiliki peran penting untuk menopang tubuh, semakin berat beban yang dibawa makan akan semakin sulit untuk sendi bekerja secara optimal. oleh karena itu, menurunkan berat badan dengan diet secara sehat terbukti mengurangi rasa nyeri pada persendian. 

5. Mengurangi resiko penyakit karena proses penuaan (Degeneratif)

Menjaga asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh dengan gizi seimbang merupakan salah satu cara untuk tetap hidup sehat dan menjaga agar berat badan tetap stabil. Tubuh yang sehat dapat mengurangi resiko penyakit karena proses penuaan seperti diabetes, stroke, hingga kanker. 

Untuk tetap menjaga berat badan tetap dan tubuh selalu sehat rubah gaya hidup anda dengan cara melakukan olahraga minimal 2 kali dalam sepekan minimal 30 menit, tidur yang cukup, serta konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang. 

____________________________________________________________________

Sumber :

  • Kenapa Kita Harus Menurunkan Berat Badan? 4 Alasan Ini Bisa Membantu! www.kompasiana.com
  • Berbagai Alasan Mengapa Anda Harus Diet: Bukan Hanya Untuk Kurus! kumparan.com

 

Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here